@lokawisata_baturraden/Instagram

Ingin Menjelajahi Hidden Gem di Baturraden? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!

Saat berkunjung ke Purwokerto, Baturraden menjadi salah satu destinasi wisata hidden gem yang wajib kamu kunjungi. Untuk berkunjung ke sana, kamu tentu perlu tahu bagaimana cara ke Baturraden Purwokerto ini. Biar tidak pusing, yuk simak dulu tips cara ke Baturraden Purwokerto berikut ini!

Asal Mula Penamaan Baturraden

Asal Mula Penamaan Baturraden

Sumber: @lokawisata_baturraden via Instagram

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara ke Baturraden Purwokerto, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa dan di mana Baturradden ini. Baturraden sebenarnya merupakan sebuah kecamatan yang ada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Timur.

Penamaannya berasal dari kata Batur yang berarti pembantu atau pelayan dan Raden yang merujuk pada seorang yang mulia atau berdarah ningrat. Kedua nama tersebut berkaitan dengan legenda asal usul Baturraden yang bercerita tentang kisah asmara beda kasta antara seorang pelayan dan putri kerajaan. Meski penulisannya menggunakan dua huruf r, tidak sedikit yang menulis kecamatan tersebut dengan satu r saja atau sekadar Baturaden.

Baca Juga: Kenali Asal-Usul Baturraden, Tempat Berbagai Destinasi Wisata Hidden Gem Jawa Tengah!

Baturraden sendiri sudah sejak tahun 1928 terkenal sebagai daerah wisata. Hal ini merupakan imbas dari wilayah sekitar yang menjadi hunian para pejabat Belanda. Banyaknya hunian atau vila di kawasan Gunung Slamet itu akhirnya mendorong pertumbuhan tempat wisata di kawasan Baturraden.

Berada di lereng Gunung Slamet memberikan keuntungan tersendiri bagi Baturraden, yaitu hawa sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Karena itu, tak heran jika orang-orang berkunjung untuk menikmati wisata alam serta wisata-wisata menarik lainnya. Untuk menikmati wisata hidden gem Baturaden, mulai dari air terjun yang menawan hingga kebun raya yang sejuk, kamu perlu menginap setidaknya hingga dua malam.

Beberapa lokasi wisata Baturraden Purwokerto tersebut di antaranya adalah:

  • Lokawisata Baturaden
  • Kebun Raya Baturaden
  • Desa Wisata Ketenger
  • Telaga Sunyi
  • Small World (Taman Miniatur Dunia)
  • Pancuran Telu dan Pitu (sumber mata air panas di dalam Lokawisata yang memiliki tiga pancuran dan tujuh pancuran)
  • Baturraden Adventure Forest
  • Curug Bayan
  • Curug Sendang Bidadari
  • Taman Wisata Widya Kaloka
  • Taman Miniatur Dunia
  • Curug Jenggala
  • Taman Langit
  • Curug Gede

Kaitannya dengan Purwokero

Saat mencari kunci Baturraden, kamu mungkin akan diarahkan ke Baturraden  Purwokerto. Jika mengacu pada wilayah administratifnya, Baturraden berlokasi di Kabupaten Banyumas. Lalu, mengapa banyak orang menyebutnya Baturraden Purwokerto?

Sebagian wilayah di Baturraden dulunya pernah menjadi bagian dari Purwokerto saat masih berstatus sebagai kota administratif. Purwokerto sendiri memiliki status tersebut mulai dari tahun 1974 hingga 2003. Karena statusnya yang sudah mendarah daging, maka orang-orang pun masih menyebutnya sebagai kota Purwokerto.

Kini, Purwokerto terbagi menjadi empat kecamatan, yaitu Purwokerto Utara, Barat, Selatan dan Timur yang termasuk dalam Kabupaten Banyumas. Namun, jika kamu merujuk pada kata Purwokerto saja, nama tersebut tidak memiliki  status apapun, baik itu kecamatan, kota ataupun kabupaten. Selain itu, Purwokerto juga lebih dikenal sebagai ibukota Kabupaten Banyumas atau pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Baturraden sendiri berjarak sekitar 15 km dari pusat Purwokerto. Dengan jarak yang tidak begitu jauh serta sejarah di baliknya, tak heran jika orang-orang kerap menyebutnya sebagai Baturraden Purwokerto.

Baca Juga: Bersantap Nikmat Setelah Bertualang Menelusuri Hidden Gem Baturraden Di 5 Tempat Kuliner Legendaris Berikut Ini!

Cara ke Baturraden Purwokerto

Cara ke Baturraden Purwokerto

Sumber: suarabanyumas.com

Wisatawan yang masih bingung dengan cara ke Baturraden Purwokerto sebenarnya bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, baik jalur udara maupun darat.

1. Jalur Udara

Salah stau cara ke Baturraden Purwokerto adalah dengan melakukan penerbangan ke Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (PWL) di Purbalingga, Jawa Tengah. Kamu bisa mengambil penerbangan dari Bandara Pondok Cabe (PCB) di Tangerang Selatan dengan tarif satu jutaan.

Sayangnya, penerbangan menuju PWL masih belum optimal sebab bandara ini masih terbilang baru dan hanya melayani dua rute, Jakarta dan Surbaya, dengan jadwal penerbangan satu minggu dua kali. Selain itu, rute PCB-PWL juga baru perdana dibuka pada 5 Agustus lalu setelah PWL vakum selama setahun akibat pandemi.

Dari bandara, kamu bisa menggunakan taksi atau BRT (bus rapid trans) Trans Jateng Koridor I Purwokerto-Purbalingga. Perjalanan dimulai dari Terminal Bukateja di Purbalingga menuju Terminal Bulupitu di Purwokerto Selatan dengan tarif Rp 4.000,00 untuk umum.

Baca Juga: Liburan Ke Baturraden? Kunjungi Berbagai Destinasi Wisata Baturraden Berikut Ini!

2. Jalur Darat

Cara ke Baturraden Purwokerto berikutnya adalah dengan jalur darat. Salah satunya adalah dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Untuk kawasan Bandung dan sekitarnya, kamu bisa menaiki Serayu dari Kiaracondong atau Cimahi ke Stasiun Purwokerto dengan tarif Rp 63.000,00. Selain itu, ada juga KA Baturraden Ekspres untuk jurusan Bandung Purwokerto dengan tarif Rp 130.000,00-160.000,00. Hanya saja, jadwalnya tidak setiap hari alias saat diperlukan saja.

Sementara itu, kereta dari Jakarta lebih bervariasi dengan harga yang juga beragam dari Rp 67.000,00-750.000,00. Kereta tersebut meliputi Serayu, KutoJaya Utara, Sawunggalih, Fajar Utama Solo, Fajar Utama YK, Gaya Baru Malam Selatan, Bangunkarta, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Tamabahan, dan Argo Dwipangga Tambahan Priority.

Selain kereta, kamu juga bisa menggunakan bus dengan tarif Rp 60.000,00-170.000,00 jika berangkat dari Jakarta. Tarif dari Cicaheum, Bandung juga tidak jauh beda, yaitu sekitar Rp 60.000,00-120.000,00 tergantung penyedia jasa bus yang kamu gunakan. Terminal tujuan untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) adalah Terminal Bulupitu.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Travel Blog yang Keren dan Menginspirasi

3. Angkutan Umum

Angkutan Umum

Sumber: blog.traveldonk.com

Dari Stasiun Purwokerto, kamu bisa memilih beberapa cara ke Baturraden Purwokerto yaitu dengan menggunakan taksi, angkot, ojek motor serta angkutan online (titik pertemuan sekitar 100 meter dari stasiun). Tarif taksi di sekitar stasisun tergantung dengan kesepakatan supir, bisa di angka Rp 70.000,00-100.000,00. Di saat seperti ini, kamu bisa menggunakan kemampuan tawar menawar kamu.

Selain itu, di sekitar stasiun juga terdapat becak jika kamu ingin melihat-lihat sekitar tanpa jalan kaki dengan tarif sekitar Rp 10.000,00 untuk jarak dekat. Museum Bank Rakyat Indonesia, Soto Ayam Jalan Bank dan Alun-Alun Purwokerto adalah beberapa tempat yang cukup populer di sana. Dari alun-alun, cara ke Baturraden Purwokerto bisa menggunakan taksi.

Dari stasiun, kamu juga bisa menaiki angkot menuju Terminal Bulupitu dengan kode A1 atau G2 yang menuju ke arah Unsoed lalu turun di KFC Sumampir, Pabuaran. Alternatif lainnya, kamu bisa naik angot jurusan Kebondalem lalu berhenti di perempatan Kebondalem. Tarifnya sekitar Rp 3.500,00. Setelah itu, gunakan angkot berwarna hijau jurusan Terminal-Baturraden dengan tarif Rp 5.000,00.

Sementara itu, bagi kamu yang naik bus ke Terminal Bulupitu, kamu bisa langsung naik angkot hijau dari terminal tersebut. Selain melayani bus AKAP dari Jakarta dan Bandung, Bulupitu juga melayani:

  • Bus AKAP lain seperti Yogyakarta
  • Bus antar kota dalam provinsi (AKDP) untuk jurusan Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen
  • Angkutan kota
  • BRT

4. Trans Banyumas

Selain pilihan di atas, cara ke Baturraden Purwokerto lainnya adalah dengan menggunakan Trans Banyumas. Beropersi sejak 2021, Trans Banyumas lewat program Buy the Service (BTS) menghubungkan wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Bus ini melayani tiga koridor. Koridor satu dan dua melayani jurusan Pasar Pon-Terminal Ajibarang dan Terminal Notog Patikarja-Terminal Baturraden Bawah. Sementara itu koridor tiga adalah untuk Terminal Bulupitu-Kebondalem via Tanjung dan Bulupitu-Kebondalem langsung via Jl. S. Parman/Biosop Rajawali.

Untuk bisa menggunakan layanan bus ini, kamu perlu mengunduh Teman Bus di Play Store. Aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi seputar jadwal, trayek dan posisi bus real time. Tarifnya berkisar antara Rp 2.500,00-10.000,00.

Perlu diingat, tarif-tarif yang Bob sebut di atas bisa saja mengalami perubahan. Sebaiknya sediakan uang lebih untuk berjaga-jaga.

5. Bus Wisata Gratis

Pemkab Banyumas juga menyediakan bus wisata gratis yang beroperasi melelaui empat koridor. Salah satunya adalah rute Banyumas-Baturraden. Mulanya, penumpang harus mengunduh aplikasi Dolan Banyumas untuk memesan tiket. Namun, kini penumpang bisa membeli langsung di tempat perhentian bus.

Fasilitas Wisata Baturaden

Setelah mengetahui keindahan wisata alam yang memikat di Baturaden, kawasan ini juga menawarkan fasilitas pendukung yang lengkap bagi para wisatawan, yang disediakan dengan baik oleh pengelola tempat wisata.

Tersedia beragam fasilitas yang memadai, seperti area parkir yang luas, warung makan atau restoran yang menggugah selera, tempat ibadah yang nyaman, MCK (Mandi Cuci Kakus) yang bersih, serta hotel atau penginapan bagi mereka yang ingin menginap di Baturaden.

Fasilitas tersebut dapat dinikmati dengan harga terjangkau, termasuk tempat menginap dan tempat makan yang menyajikan hidangan khas daerah Baturaden.

Lepas Penatmu di Bobocabin Baturraden!

Bobocabin Baturraden

Setelah seharian berwisata hidden gem di Baturraden dan sekitarnya, Bobocabin Baturraden menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi  Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam perbukitan Baturraden dalam balutan teknologi canggih.

Kabin-kabin yang tersedia pun telah dilengkapi dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu! Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles