Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Token Listrik Gratis dari PLN? Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN Tersebut!

Cek terlebih dahulu syaratnya ya!

Bobobox.co.id — Penyebaran virus corona benar-benar menghantam sektor ekonomi masyarakat Indonesia. Pemerintah pun melakukan berbagai stimulus untuk meringankan beban masyarakat.

Salah satunya adalah pemberian subsidi tagihan listrik. Keringan ini mulanya hanya berlaku mulai dari bulan Mei hingga September 2020. Namun, keringan tersebut akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020.

Nah, kamu tentu ingin mengetahui bagaimana cara dapat token listrik gratis PLN ini. Bob akan menjelaskan beberapa informasi terkait cara dapat token listrik gratis PLN dan apa saja syarat untuk mendapatkannya.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak berita mengenai cara dapat token listrik PLN beserta informasi terkait token listrik gratis tersebut.

Syarat untuk Mendapatkan Toket Listrik Gratis

Informasi pertama berkaitan dengan syarat dari stimulus listrik ini. Keringanan listrik ini ditujukan bagi masyarakat yang rumahnya menggunakan listrik di rumah berdaya 450 VA dan 900 VA saja.

Keduanya memiliki perbedaan soal subsidi yang diberikan. Untuk pelanggan dengan daya 450 VA, biaya listrik digratiskan secara penuh. Berbeda halnya dengan pelanggan dengan daya 900 VA.

Pelanggan dengan 900 VA tidak digratiskan sepenuhnya namun mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari total tagihan. Informasi ini sendiri berdasarkan postingan akun Instagram resmi PLN di @pln_id.

Berikut ini merupakan golongan baik dari pelanggan 450 VA dan 900 VA yang mendapatkan stimulus listrik akibat virus corona ini.

Golongan dari Pelanggan 450 VA yang Digratiskan Secara Penuh:
  • B1/450 VA
  • I1/450 VA
  • R1/450 VA
  • S-2/450 VA
Golongan dari Pelanggan 900 VA yang Mendapatkan Potongan 50 Persen:
  • R1/900 VA

Namun, untuk pelanggan dengan daya 900 VA, pelanggan tersebut harus sudah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Oleh karenanya, cek datamu terlebih dahulu ya!

@pln_id via instagram.com

Bagaimana Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN?

Informasi selanjutnya adalah informasi utama dari berita ini yakni cara dapat token listrik gratis PLN. Kamu sendiri bisa memilih dua cara yang disediakan oleh PLN yakni dengan melalui situs resmi PLN dan WhatsApp.

Nah, bagi kamu yang termasuk ke dalam golongan penerima stimulus listrik ini baik itu pengguna layanan listrik prabayar ataupun token, simak cara dapat token listrik gratis PLN di bawah ini ya!

Melalui Situs Resmi PLN

Cara dapat token listrik gratis PLN pertama adalah dengan melalui situs resmi PLN. Cara satu ini akan lebih optimal jika dilakukan melalui laptop atau komputermu karena memiliki tampilan yang lebih besar.

Cara untuk mendapatkan stimulusnya adalah sebagai berikut:

  • Buka laman resmi dari PLN di portal pln.co.id di sini.
  • Pilih menu ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’ yang terlihat di layar.
  • Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
  • Kemudian, masukkan kode Captcha sesuai dengan yang diminta.
  • Lalu, cari ‘Token Gratis atau Diskon’ akan muncul pada layar.
  • Terakhir, masukkan kode yang muncul ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
@pln_id via instagram.com
Melalui Aplikasi WhatsApp

Cara dapat token listrik gratis PLN kedua adalah dengan melalui WhatsApp. Cara ini mungkin akan relatif mudah bagi kebanyakan orang yang merasa mengunjungi situs resmi PLN terlalu ribet.

Cara untuk mendapatkan stimulusnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphonemu.
  • Kemudian chat ke nomor 08122-123-123 dan ikuti petunjuknya.
  • Setelah itu, muncul balasan otomatis dari PLN agar mengikuti petunjuknya.
  • Masukkan ID Pelanggan Token Gratis/Diskon pun akan muncul.
  • Masukkan kode yang muncul pada meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
@pln_id via instagram.com

Agar stimulus ini menjangkau semua pelanggan tak terkecuali di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah daerah setingkat kecamatan/desa/kelurahan.

Hal tersebut guna memastikan bahwa stimulus yang ditujukan selama penyebaran virus corona dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Itulah cara dapat token listrik gratis PLN yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like