Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara-cara Merawat Bahan Kulit yang Wajib Kamu Ketahui!

Sekarang kamu tak perlu lagi bingung cara merawat bahan kulit dengan tepat!

Merawat bahan kulit memang susah-susah gampang. Faktanya tidak semua jenis bahan kulit dapat diperlakukan sama karena memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu tentu ingin memiliki berbagai pakaian atau bahkan aksesoris yang terbuat dari bahan kulit yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, bukan? Oleh karena itu merawat bahan kulit dengan tepat dapat memperpanjang umur pemakaian aksesoris, sepatu, pakaian, dompet, tas, atau hal lainnya yang berbahan kulit.

Apakah mungkin memiliki barang-barang berbahan kulit tanpa jamur hingga lebih dari setahun? Seperti yang kamu ketahui produk yang berbahan kulit memang dibanderol dengan harga yang tidak murah. Tidak heran jika kamu akan cenderung merasa kesal apabila warna barang berbahan kulit kamu kemudian pudar atau bahkan mengelupas. Lalu kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan untuk merawat bahan kulit? Berikut adalah beberapa tips merawat bahan kulit berdasarkan salah satu pengusaha kerajinan kulit asal Garut, Ahmad Fauzi. Yuk, simak!

@gnx.leather

Sebelum Merawat Bahan Kulit, Kenali Jenis Kulit Terlebih Dahulu!

Seperti yang dijelaskan di atas, terdapat perbedaan dalam hal merawat bahan kulit tergantung dari jenis kulitnya. Beberapa jenis kulit yang beredar dipasaran adalah bahan kulit crazy horse dan pull up. Merawat bahan kulit crazy horse berbeda dengan pull up karena jenis pull up dapat kamu rawat dengan menggunakan mink oil sedangkan untuk kulit crazy horse sebaiknya menghindari penggunaan mink oil. Pasalnya penggunaan mink oil untuk merawat bahan kulit ini akan membuat tampilan kulit menjadi buruk.

Selain itu tiap kulit hewan memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa contoh jenis kulit diantaranya adalah kulit domba, sapi, kerbau, reptil, dan masih banyak lagi. Dengan mempertanyakan bahan kulit yang akan kamu beli kepada penjualnya maka kamu dapat mengetahui secara spesifik cara merawat bahan kulit tersebut. Hal ini pun untuk menghindari agar kamu tidak tertipu membeli bahan kulit sintesis yang dijual oleh beberapa oknum.

Merawat Bahan Kulit yang Memudar

Proses pemudaran warna pada bahan kulit adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan bahan kulit mengandung bahan kimia yang didominasi oleh minyak. Seiring waktu, minyak pada bahan kulit kemudian akan menguap dan membuat warna kulit berubah. Tak sedikit orang justru menyukai perubahan warna pada bahan kulit mereka. Namun jika kamu ingin tampilan kulit seperti sebelumnya kamu bisa mengatasinya dengan cara ini.

Kamu bisa mengembalikan warna asli bahan kulit kamu dengan menggunakan minyak khusus kulit yang dijual di pasaran. Jika minyak ini sering digunakan maka bahan kulit akan menampilkan kesan matte sedangkan jika dibiarkan saja akan menampilkan tampilkan yang mengkilap. Aplikasi minyak pada bahan kulit berwarna tan contohnya akan membuat warna kulit berubah menjadi warna coklat tua yang mengkilap.

@gnx.leather

Cara Merawat Bahan Kulit yang Paling Mudah

Jika kamu kesulitan melakukan berbagai tahapan merawat bahan kulit, kamu dapat mensiasatinya dengan memilih kulit berbahan nabati/vegtan. Kulit nabati direkomendasikan karena proses pembuatannya yang alami tanpa penggunaan bahan kimia melainkan menggunakan bahan-bahan alami seperti daun alkhasiah. Penggunaan bahan alami pun dikenal ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah. Proses pengolahan kulit jenis ini membutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan.

Kulit nabati memang dikenal mudah dalam hal merawat bahan kulit. Semakin lama kamu menggunakan bahan kulit jenis ini maka bahan kulit akan terlihat semakin baik. Jenis kulit ini dapat kamu cuci menggunakan detergen dan dijemur di bawah sinar matahari tanpa perlu khawatir akan merusak bahan kulit. Proses pembuatan kulit nabati menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan bahan kulit lainnya dan hasilnya pun lebih memuaskan. Tak heran jika kulit ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Cara Merawat Bahan Kulit Pada Strap Jam Tangan

Apakah kamu memiliki jam tangan dengan strap yang terbuat dari bahan kulit? Jam tangan dengan strap berbahan kulit sering digunakan oleh beberapa brand ternama seperti Rolex, Patek, Hublot, dan masih banyak lagi. Penggunaan bahan kulit pada strap jam tangan memang menambah kesan mewah dan eksklusif. Pada dasarnya cara merawatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memastikan strap kulit kamu terhindar dari air dan juga kelembaban. Pastikan untuk tidak menyimpan jam tangan pada kotak jam tangan dalam waktu lama agar tidak berjamur.

@gnx.leather

Cara Merawat Bahan Kulit yang Rusak

Jika kamu memiliki barang berbahan kulit yang rusak pastikan untuk tidak langsung membuang barang tersebut. Faktanya kamu masih bisa memperbaiki bahan kulit kamu dengan berbagai macam cara. Pastikan juga untuk mengenali jenis kulitnya terlebih dahulu untuk mengetahui langkah tepat merawat bahan kulit yang rusak. Salah satu cara diantaranya adalah dengan menggunakan cat dan wax.

Pada umumnya kulit yang rusak terjadi salah satunya karena lapisan permukaan kulit yang memudar kemudian mengelupas. Hal ini dapat disiasati dengan menambah lapisan kulit baru di atas lapisan yang rusak. Pastikan juga kulit tidak dilap menggunakan kain yang basah. Gunakanlah kain yang kering dan bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari kult mengelupas dan berjamur karena kelembaban yang berlebihan.

Sering melihat petugas di beberapa toko tas kulit terkenal kerap kali menggunakan sarung tangan saat menyentuh barang berbahan kulit? Hal ini dilakukan untuk melindungi perubahan tampilan kulit karena beberapa zat termasuk kelembaban pada tangan manusia yang juga dapat merubah tampilan kulit. Pastikan juga setiap barang berbahan kulit disimpan dengan jarak yang cukup dan tidak diletakkan berdempetan dengan barang lainnya agar kulit tidak rusak.

Cara Merawat Bahan Kulit Pada Sepatu

Ingin memiliki sepatu berbahan kulit tapi tidak tahu cara untuk merawatnya? Hal yang penting kamu perhatikan sebelum membeli sepatu berbahan kulit adalah mempertimbangkan kapan kamu akan menggunakan sepatu tersebut. Jika kamu memerlukan sepatu untuk kamu gunakan ke beberapa tempat yang dipenuhi air dan lumpur saat sedang bepergian pastikan kulit tersebut berbahan kuat.

Kekuatan bahan kulit ini selain membuat tampilan sepatu terlihat baik juga dapat melindungi kaki kamu dari kemungkinan cidera seperti halnya sepatu yang biasanya digunakan oleh tentara. Namun jika kamu membutuhkan sepatu untuk kemudian kamu gunakan pergi bekerja atau pergi ke acara formal kamu bisa memilih sepatu model pentofel. Merawat bahan kulit pada sepatu pentofel cukup dengan menyemir sepatu jika diperlukan. Jangan lakukan proses semir terlalu sering karena justru akan merusak bahan kulit tersebut.

Merawat bahan kulit memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Prosesnya memang sedikit melelahkan namun hasilnya memuaskan. Jika kamu merasa lelah dan membutuhkan tempat untuk beristirahat kamu bisa istirahat sekaligus melakukan aktivitas kamu dengan suasana baru yang nyaman di Bobobox! Bobobox pun menyediakan jaringan internet terbaik untuk menunjang kebutuhan kamu untuk tetap terhubung internet. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk informasinya!

You might also like