Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu

Jika diabaikan, bisa sampai berbahaya untuk jantung, lho!

Bagaimana caramu biasanya bangun tidur? Apakah langsung bangun mendadak seperti orang kaget? Ataukah langsung terburu-buru bangun dan berdiri? Jika kamu terbiasa bangun tidur seperti itu, kamu perlu berhati-hati karena cara bangun tersebut sangat tak baik untuk kesehatanmu.

Eka Sukma Putra, Founder Eka Sukma Yoga mengatakan bahwa terbiasa bangun tidur seperti orang kaget bisa sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Ia juga mengatakan bahwa jantung belum siap untuk berbagai gerakan mendadak pascatidur.

“Cara bangun tidur yang tidak benar bisa membebani jantung. Kalau Anda tahu ada beberapa kasus orang yang terkena serangan jantung, ini salah satu penyebabnya,” ungkapnya.

Lantas, seperti apa cara bangun tidur yang benar? Simak cara-cara bangun tidur yang benar berikut ini ya untuk kesehatan jantung dan tubuhmu.

Membuka mata perlahan

Hal pertama yang dilakukan ketika baru saja bangun tidur pasti lah membuka mata. Namun, hindari untuk membuka mata lebar-lebar saat baru bangun tidur. Hal ini dikarenakan mata yang tiba-tiba terbuka lebar akan menambah sensasi kejut pada tubuhmu, dan tentu saja tak baik bagi kesehatan jantung.

Sebaiknya, bukalah kedua mata perlahan. Kemudian, jangan biarkan mata langsung menangkap objek tertentu dan memaksanya untuk fokus. Biarkan saja mata sayup-sayup memandang langit-langit kamar dan fokus dengan sendirinya.

Seperti anggota tubuh lainnya, mata juga perlu waktu untuk bisa bekerja secara maksimal setelah bangun tidur. Jika memaksanya untuk segera fokus, bisa-bisa kamu malah akan merasa pusing atau malah sakit kepala.

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu
@alexagorn via Unsplash

Bangun tidur dari sisi kanan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bangun tidur dari sisi sebelah kanan memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan, memelihara kesehatan jantung, hingga menghilangkan stres bisa didapatkan hanya dengan bangun tidur dari sisi kanan.

Eka Sukma mengungkapkan cara terbaik bangun tidur dari sisi kanan. Kamu bisa melakukannya dengan berbaring ke sisi sebelah kanan saat akan bangun dari posisi tidur. Kemudian letakkan tangan kanan di bawah kepala, serta posisikan tangan kiri di depan dada untuk menekan kasur.

Gunakan kedua tangan tersebut sebagai tumpuan untuk membantumu bangun dari posisi tidur. “Ini mirip dengan gerakan yoga. Tapi semuanya harus dilakukan dengan mindfulness sehingga bisa menyehatkan dan memiliki efek yang bagus untuk tubuh,” jelas Eka.

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu
@spanic via Unsplash

Tak berbeda jauh, cara lain untuk bangun dari sisi kanan bisa juga dilakukan dengan cara berikut. Balikkan tubuh menghadap ke kanan setelah kesadaranmu mulai terkumpul. Kemudian, dekatkan lutut ke arah dada, dengan tangan kanan di bawah bantal. Lalu, bantulah tubuh bangkit secara perlahan.

Menggunakan kedua tangan untuk bangun perlahan dari tempat tidur lebih baik ketimbang bangun begitu saja. Langkah ini bisa mencegahmu mengalami tekanan pada leher dan punggung, yang bisa mengakibatkan nyeri.

Tidak langsung berdiri

Jika kamu tipe orang yang selalu tergesa-gesa untuk beranjak dari tempat tidur, sebaiknya kamu ubah kebiasaanmu sekarang. Langsung berdiri setelah bangun tidur bisa berakibat fatal bagi kesehatan jantung, lho.

Jantung akan bekerja lebih keras ketika kamu merasa kaget saat bangun tidur. Hal ini tentu saja akan memiliki efek buruk, karena kinerja jantung akan meningkat secara drastis. Jika dibiarkan dan menjadi kebiasaan, salah-salah serangan jantung akan mengancam. Ngeri, ‘kan?

Alangkah baiknya jika kamu duduk terlebih dahulu setelah bangun dari tempat tidur. Luangkan waktu untuk menyiapkan badan dan pikiranmu sejenak. Meskipun badanmu sudah siap untuk bangun, namun besar kemungkinan bahwa kesadaranmu belum pulih sepenuhnya.

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu
@thevoncomplex via Unsplash

Lakukan peregangan ringan

Saat tidur, badan tak banyak bergerak sepanjang malam. Akibatnya, badan seringkali terasa kaku saat bangun di pagi hari. Oleh karenanya, kamu bisa melakukan peregangan ringan untuk merilekskan kembali badan setelah bangun tidur. Peregangan ringan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Ada beberapa peregangan ringan yang bisa kamu lakukan, antara lain overhead stretch dan child’s pose. Overhead stretch merupakan peregangan yang paling ringan dan bisa dilakukan sambil berbaring. Kamu hanya perlu mengulurkan kedua tangan hingga melewati atas kepala, kemudian regangkan tubuhmu dari ujung jari tangan sampai ujung jari kaki.

Sedangkan, child’s pose bisa dilakukan sambil berlutut di atas kasur. Kemudian, condongkan tubuh dan regangkan tangan ke depan. Turunkan tubuh perlahan dengan wajah menghadap ke kasur. Pastikan kening menyentuh permukaan kasur, dan lemaskan otot pada tangan. Tahan selama beberapa menit.

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu
@brucemars via Unsplash

Minum air putih setelah bangun tidur

Setelah mengikuti cara-cara bangun tidur yang benar di atas, tak ada salahnya jika meneruskan kebiasaan baik lainnya untuk kesehatan jantung dan tubuhmu. Salah satunya adalah mengonsumsi air putih setelah bangun tidur. Mengonsumsi air putih, terutama air hangat, memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Saat tidur, tubuh akan kekurangan cairan, sehingga penting untuk menghidrasinya kembali dengan meminum air putih. Tak hanya menghidrasi, sistem pencernaan juga akan berjalan baik ketika rutin mengonsumsi air putih karena tubuh akan lebih optimal menyerap nutrisi penting dari makanan.

Mengonsumsi air putih setelah bangun tidur juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini terjadi karena akumulasi deposit pada sistem saraf dan timbunan lemak di tubuh dapat dikurangi saat meminum air putih di pagi hari. Jadi, kesehatan jantung juga akan terjaga karena sirkulasi darah lancer.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa didapat ketika minum air putih setelah bangun tidur. Beberapa di antaranya adalah dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, mengurangi gejala gangguan pernapasan, serta mengatasi dan mencegah konstipasi.

Sudahkah Kamu Bangun Tidur dengan Benar? Ikuti Cara-Cara Bangun Tidur Berikut Untuk Kesehatan Jantung dan Tubuhmu
@itsdavo via Unsplash

Itulah 5 cara-cara bangun tidur yang benar, yang bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung dan tubuhmu. Mulai sekarang, coba terapkan cara-cara di atas ya untuk membantu tubuhmu tetap sehat dan semangat di pagi hari.

Tidur berkualitas dan nyaman? Di Bobobox saja!

Cara-cara bangun tidur di atas memang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun, memilih tempat yang nyaman juga penting untuk menjaga kualitas tidurmu. Yuk, menginap nyaman dan aman di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul berdesain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Enggak ada alasan untuk takut menginap di Bobobox, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan menyemprotkan disinfektan demi keamanan dan kenyamananmu. Interior Bobobox juga instagrammable banget, lho, sehingga banyak yang staycation ke Bobobox untuk mengabadikan momen dengan pod dan fasilitas yang unik.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar lewat aplikasi sekarang, yuk!

suasana kamar bobobox

You might also like