Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Bangkit Dari Keterpurukan: Jangan Lakukan Hal Ini Kalau Mau Punya Mental Kuat!

Siap untuk memulai kembali?

Musibah bisa membuat kamu terjatuh dan tak memiliki semangat untuk memulai kembali. Hal itu juga yang pernah dialami oleh Amy Morin, seorang psychotherapist dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do. Namun, Amy mengetahui bagaimana cara bangkit dari keterpurukan.

Di usianya yang ke 23, ibu Amy meninggal dunia akibat aneurisma otak. Tiga tahun kemudian, suaminya meninggal akibat penyakit jantung. Setelah mengalami hal tersebut, Amy mengingat bagaimana cara bangkit dari keterpurukan dengan menghindari 13 kebiasaan yang tidak dilakukan orang bermental kuat.

Tidak membuang-buang waktu dengan mengasihi diri sendiri

cara bangkit dari keterpurukan
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Menurut Amy, cara bangkit dari keterpurukan yang pertama adalah dengan tidak mengasihani diri sendiri. Kesedihan adalah perasaan yang wajar dialami setiap orang saat terpuruk.

Namun, orang bermental kuat tidak berlama-lama tenggelam dalam kesedihan. Alih-alih, kamu harus mengambil tindakan dan mencari solusi atas masalah yang kamu alami.

Tidak membiarkan orang lain mengontrol keadaannya

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan sebagai cara untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada diri kamu.

Jangan salahkan orang lain atas apa yang menimpamu. Buang jauh-jauh pikiran orang lain yang menyebabkan kemalanganmu. Kendalikan emosi dan perbaiki cara kamu merespons sebuah situasi.

BACA JUGA: Yuk Coba 7 Hal Positif Untuk Kesehatan Mental Yang Baik Berikut!

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak menghindari perubahan

Menurut Amy, orang yang kuat secara mental tidak mencoba menghindari perubahan. Sebaliknya, mereka menyambut perubahan dan bersikap fleksibel sebagai cara bangkit dari keterpurukan. Musibah bisa membuat keadaan berbalik 180 derajat. Oleh karena itu, kamu harus percaya diri dan segera mengambil langkah untuk beradaptasi.

Tidak fokus pada apa yang tidak bisa dikendalikan

Kamu pasti tidak asing dengan kalimat “Manusia hanya bisa berencana”. Nah, menurut Amy, orang bermental kuat tidak akan fokus pada hasil dan mengeluh jika tidak sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya, cara bangkit dari keterpurukan adalah dengan berfokus pada apa yang bisa dikendalikan seperti proses dan sikap terhadap sebuah kejadian.

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak berusaha menyenangkan semua orang

Tidak semua orang akan senang dengan apa yang kamu perbuat. Untuk itu, kamu tidak perlu membuang waktu untuk selalu melakukan apa yang diinginkan orang lain. Menurut Amy, orang bermental kuat tidak takut untuk mengatakan tidak atau berbicara jika diperlukan. Mereka baik dan adil dalam bersikap namun tegas jika ada yang membuatnya tidak nyaman.

Tidak takut untuk mengambil risiko

Supaya kamu bisa kembali berdiri, kamu perlu mengambil risiko. Misalnya, jika kamu gagal dalam berbisnis, kamu pasti dihantui rasa takut untuk mengambil risiko baru. Namun, itu bukan cara bangkit dari keterpurukan.

Menurut Amy, orang dengan mental kuat berani mengambil risiko namun tidak sembrono dalam mengambil keputusan. Intinya, kamu harus meluangkan waktu untuk menimbang risiko dan manfaat sebelum membuat keputusan besar. Selain itu, kamu juga harus mengetahui sepenuhnya tentang potensi kerugian sebelum mengambil tindakan.

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak terjebak di masa lalu

cara bangkit dari keterpurukan
Photo by Noah Silliman on Unsplash

Masa lalu memang bisa memberatkan. Terkadang, lebih nyaman rasanya memikirkan masa lalu da menyalahkan situasi yang dulu pernah terjadi. Namun, cara bangkit dari keterpurukan selanjutnya adalah dengan tidak membuang waktu untuk memikirkan masa lalu dan berharap semuanya bisa sesuai dengan keinginanmu.

Orang yang paham cara bangkir dari keterpurukan mampu berdamai dengan masa lalu dan lebih penting, mengambil pelajaran. Menurut Amy, untuk bisa memulai kembali, kamu harus hidup untuk saat ini dan merencanakan masa depan.

Tidak melakukan kesalahan yang sama berulang kali

Cara bangkit dari keterpurukan berikutnya adalah dengan mempelajari kesalahan sebelumnya dan memperbaiki cara kamu menghadapi masalah tersebut di kemudian hari.

Cobala untuk melihat diri kamu sebagai orang ketiga sebagai cara bangkit dari keterpurukan dan cari tahu faktor apa yang menjadi sumber kesalahan apakah itu pikiran, perilaku, atau faktor eksternal. Kemudian, tuliskan tindakan alternatif yang bisa kamu lakukan jika faktor-faktor itu muncul kembali.

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak membenci kesuksesan orang lain

Kamu bisa merespons kesuksesan orang lain dengan dua hal: membenci atau turut berbahagia. Namun, orang yang bermental kuat akan memilih yang kedua. Kamu harus bisa menghargai dan merayakan keberhasilan orang lain.

Jangan cemburu atau merasa iri ketika orang lain mampu melampaui kamu. Sadari bahwa kesuksesan datang dengan kerja keras dan gunakan waktumu untuk bekerja keras alih-alih iri terhadap kesuksesan orang lain.

Tidak menyerah setelah kegagalan pertama

Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Jangan lihat kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Sebaliknya, gunakan kegagalan sebagai cara bangkit dari keterpurukan dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Terus berlatih dan coba cara bangkit dari keterpurukan sampai kamu menemukan hasil yang baik dan berhasil.

BACA JUGA: 

Tertarik Detoks Media Sosial Untuk Mental Lebih Sehat?

Coba 7 Tips Detoks Media Sosial Ini Untuk Memulainya Yuk!

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak takut sendirian

Terkadang, kesendirian membuat kamu takut untuk bergerak. Namun, cara bangkit dari keterpurukan selanjutnya adalah dengan berpikir bahwa sendirian itu bukan hal yang buruk. Orang yang kuat secara mental dapat mentolerir kesendirian.

Nikmati kebersamaan dengan diri kamu sendiri dan gunakan waktu senggang untuk menjadi lebih produktif. Jangan bergantung pada orang lain sebagai sumber kebahagiaan. Sebaliknya, berusalah untuk berbahagia dengan dirimu sendiri.

Tidak merasa menjadi orang yang paling berhak

Merasa menjadi orang yang berhak mendapatkan segalanya karena melakukan hal baik atau bekerja keras hanya akan mendatangkan frustasi. Dalam bukunya, Amy Morin mengatakan “Tidak peduli apakah kamu orang terpintar di planet ini atau telah bertahan melalui keadaan hidup yang paling sulit, kamu tidak menjadi lebih layak mendapatkan keberuntungan daripada orang lain.”

Alihkan fokusmu untuk membantu orang yang memiliki kesulitan yang sama atau lebih sulit darimu sebagai cara bangkit dari keterpurukan. Dengan berbuat baik terhadap orang lain, kamu akan berhenti merasa dunia tidak adil.

Cara bangkit dari keterpurukan: tidak mengharapkan hasil yang instan

cara bangkit dari keterpurukan
Photo by Paul Gilmore on Unsplash

Setiap usaha membutuhkan proses, begitu juga cara bangkit dari keterpurukan. Menurut Amy, orang bermental kuat akan fokus terhadap proses dan mengembangkan kemampuan. Mereka lebih sabar dan yakin bahwa hasil tidak akan datang tiba-tiba.

Lagi ingin liburan singkat? Staycation aja di Bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like