Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Sesulit Itu, Ini Dia 7 Cara Awal Memulai Pola Hidup Sehat!

Lakukan mulai dari sekarang, ya!

Bobobox.co.id — Pola hidup sehat adalah upaya seseorang dalam menjaga tubuh tetap sehat. Menjalani pola hidup sehat ini merupakan impian bagi banyak orang karena menjadi cara agar panjang umur.

Namun, hanya sedikit yang mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya. Pasalnya, menerapkan hidup sehat akan sulit dilakukan jika sedari awal, kamu terbiasa dengan gaya hidup tak sehat.

Walaupun begitu, melakukan pola hidup sehat ini tak serumit dan sesulit itu. Kamu memang tak akan bisa mengubah gaya hidup dalam waktu singkat. Akan tetapi, kamu bisa melakukan cara awal memulai pola hidup sehat.

Lantas, bagaimana cara awal memulai pola hidup sehat yang mudah diaplikaskan dalam kegiatan sehari-hari? Berikut ini merupakan tujuh cara awal memulai pola hidup sehat dari Bob yang dilansir dari berbagai sumber.

Bijak dalam Memilih Makanan

Cara awal memulai pola hidup sehat pertama adalah bijak dalam memilih makanan. Pemilihan makanan seimbang adalah elemen penting untuk hidup sehat. Makanan seimbang biasanya mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Untuk itu, janganlah bergantung pada satu jenis makanan pokok saja. Kamu diperbolehkan untuk mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan lain seperti jagung, ubi, ataupun kentang.

Selain cermat dalam memilah makanan, ada baiknya jika kamu pun cermat dalam mengetahui pengolahan makanan. Pastikan bahwa kamu tidak mengolah makanan dengan cara digoreng karena kandungan minyak.

Usahakanlah untuk mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Lakukanlah cara awal memulai pola sehat ini secara perlahan sambil mengurangi kebiasaan makan junk food dan makanan berminyak.

@iamtrangdoan via pexels.com

Usahakan untuk Aktif Bergerak

Cara awal memulai pola hidup sehat berikutnya adalah dengan mengusahakan untuk aktif bergerak. Untuk cara satu ini, kamu tak perlu terpaku untuk berolahraga di gym ataupun olahraga berat dengan alat lainnya.

Kunci dari tips pola hidup sehat ini adalah tubuh yang bergerak setiap hari. Dengan bergerak aktif setiap hari, tubuhmu nantinya akan berusaha untuk membakar kalori yang telah lama mengendap dalam tubuh.

Tak hanya itu, melakukan aktivitas dengan tubuh bergerak ini membantu dalam mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel tubuh. Hal inilah yang dapat menjadikan tubuhmu agar tetap fit dan sehat.

Jika kamu merasa sangat sibuk di suatu hari, kamu bisa melakukan gerakan senam simpleCaranya mudah dan praktis sehingga membuat gerakan-gerakan ini bisa dilakukan di sela-sela kesibukan.

@mary-taylor via pexels.com

Kurangi Konsumsi Gula

Gula adalah salah satu bahan makanan yang harus dihindari dalam upaya untuk menanamkan hidup sehat. Namun, sekarang ini, banyak sekali adangan yang membuat menghindari gula sangatlah sulit.

Minuman kekinian yang biasa dipesan memiliki kandungan gula tinggi. Saat bekerja, tentu sangatlah menyenangkan jika satu cup minuman kekinian seperti thai tea atau kopi menemani kesibukanmu.

Namun, kamu harus berusaha untuk teguh pada pendirian dan tetap melanjutkan cara awal memulai pola hidup sehat ini. Tak perlu muluk-muluk untuk mengurangi konsumsi gula dalam jangka waktu singkat.

Mulailah secara perlahan. Misalkan saja, kebiasaan meminum kopi dengan dua sendok gula dikurangi dengan hanya satu sendok saja. Setelah itu, mulailah untuk mengurangi hingga terbiasa tidak mengonsumsi gula.

@suzyhazelwood via pexels.com

Banyak Meminum Air Putih

Memperbanyak meminum air putih merupakan salah satu saran yang kerapkali kamu dengar untuk menjaga kesehatan. Nah, hal tersebut pun termasuk juga cara awal memulai pola hidup sehat yang bisa dilakukan.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, 60 persen komposisi tubuh terdiri dari air. Cairan dalam tubuh akan berkurang setiap harinya melalui kegiatan yang dilakukan oleh tubuh sepertti bernapas, berkeringat, dan lainnya.

Oleh karenanya, asupan air sangatlah penting untuk menghindari dehidrasi. Cara paling mudah dilakukan adalah dengan membawa botol minummu sendiri ke mana pun kamu pergi. Kamu bisa menyimpan botol ini di tas.

Manfaat meminum air putih tak hanya untuk gaya hidup sehat saja. Manfaat lain yang didapat dari mengonsumsi air putih adalah melembapkan kulit, memberi energi, hingga menjaga fungsi usus agar tetap optimal.

cara awal memulai hidup sehat
@daria via pexels.com

Tidur yang Cukup

Rajin bergerak aktif, makan makanan sehat dan bernutrisi seimbang, dan cukup asupan air putih akan terbuang sia-sian jika kamu sering begadang. Padahal, tidur adalah kebutuhan paling mendasar dari pola hidup sehat.

Kurang tidur akibat begadang memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh. Mulai dari sulit berkonsentrasi, meningkatkan risiko berbagai penyakit, hingga menurunkan daya tahan tubuh.

Untuk sebab itu, jagalah selalu kualitas tidurmu. Orang dewasa sendiri membutuhkan durasi tidur sekitar tujuh sampai sembilan jam per malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang mumpuni.

Pastikanlah untuk bisa menjaga kualitas serta durasi tidur yang cukup. Dengan begitu, kamu pun sudah melakukan salah satu cara memulai pola hidup sehat yang bisa menjadi sebuah kebiasaan nantinya.

@olly via pexels.com

Kelola Tingkat Stres

Di tengah situasi tak menentu seperti masa pandemi ini, berpikir positif adalah cara dalam mengelola tingkat stres. Pentingnya berpikir positif ini selaras dengan terjaganya kondisi tubuh agar tetap sehat.

Merasa terlalu stres justru dapat menggangu kesehatan tubuh. Gula darah naik dan insomnia adalah beberapa contoh konkret yang ditimbulkan dari merasa stres berkepanjang akibat pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.

Untuk itu, lakukanlah hal-hal penghilang stres. Kamu bisa melakukan olahraga, menulis jurnal, ataupun bercengkrama dengan teman-teman terdekatmu baik melalui tatap muka ataupun online meeting.

Dengan terlepas stres yang menimpamu, cara awal memulai pola sehat pun akhirnya bisa terlaksana. Dengan dilakukan secara perlahan dan terus menerus, nantinya, kamu bisa mengetahui cara tepat kelola tingkat stres.

@olly via pexels.com

Teguhkan Komitmen Diri

Setelah melakukan enam cara awal memulai pola hidup sehat, tak ada artinya jika kamu tak memiliki komitmen diri. Komitmen pada diri sendiri ini berperan penting untuk mengokohkan niat hidup sehat.

Kamu bisa berjanji baik tulis atau lisan pada diri sendiri. Upayakan untuk mengingat hal apa saja yang berhasil kamu lalui untuk bisa mempraktikkan pola hidup sehat selama ini dengan lika-liku yang terlewati.

Mintalah dukungan dan saran dari orang terdekat. Kamu bisa meminta orang terdekatmu untuk mengingatkanmu jika perilakumu sudah mulai menjauhi gaya hidup sehat yang berusaha kamu tanamkan.

Di samping itu, ada forum-forum di internet yang bisa jadi sumber rujukan. Forum tersebut setidaknya bisa membuatmu untuk semakin termotivasi dalam menjalankan hidup yang baik untuk kesehatan tubuh.

@tirachard-kumtanom-112571 via pexels.com

Menginap yang Aman? Ya di Bobobox

Tidak hanya uang saja yang harus kamu jaga agar tetap aman, barang-barang bawaanmu pun perlu pengawasan yang tepat agar tidak ada yang mencuri barang-barang berhargamu.

Saat menginap, tentu kamu was-was jika ada hal yang terjadi pada barang bawaanmu. Namun, hal tersebut akan sirna jika kamu menginap di Bobobox. Di Bobobox, kamu akan diberi QR Code untuk pod yang kamu sewa.

Jadi, tidak perlu khawatir kalau ada orang lain masuk ke pod tanpa sepengetahuanmu. Nah, kalau kamu mau memesan pod di Bobobox, unduh dulu aplikasi Bobobox melalui link ini.

Selamat menginap aman dan nyaman di Bobobox ya!

bobobox luas

You might also like