Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Atasi Masuk Angin Alami. Terbukti Ampuh untuk Hilangkan Masuk Angin

Minim efek samping!

Bobobox.co.id — Walaupun tidak masuk dalam dunia kedokteran barat, masuk angin adalah gangguan kesehatan yang dikeluhkan. Jika kamu sedang mengalami penyakit ini, simak cara atasi masuk angin alami dari Bob ini.

Cara alami sendiri biasa dipilih karena minim efek samping. Hal tersebut berbeda dengan mengonsumsi obat yang biasanya memiliki beberapa larangan tertentu bagi orang-orang dengan kondisi tertentu.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan Bob mengenai tujuh cara atasi masuk angin alami berikut ini. Terbukti ampuh untuk hilangkan masuk angin yang sedang kamu rasakan saat ini!

Berikut adalah Cara Atasi Masuk Angin Alami

1.Perbanyak Minum Air Putih

Cara atasi masuk angin alami pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Seperti yang sempat Bob singgung, mencukupi cairan harian setiap harinya memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Salah satu manfaat yang dimaksud adalah mampu mengatasi masuk angin. Hal tersebut terjadi karena air akan membantu mengontrol suhu tubuh. Tak hanya itu, air pun mampu meringankan demam pada tubuh.

Untuk itu, ada baiknya untuk mencukupi asupan air minimal delapan gelas sehari. Selagi mencukupi kebutuhan cairan tubuh, hindarilah minuman berkafein karena minuman tersebut memiliki efek diuretik.

Efek diuretik ini justru dapat menyebabkan dehidrasi karena memicu pengeluaran urin yang terlalu sering. Cara atasi masuk angin alami ini pun bisa diakali dengan meminum jus buah atau makanan yang mengandung air.

Perbanyak minum air putih cara atasi masuk angin alami
Perbanyak minum air putih via pexels.com/@daria

2. Istirahat yang Cukup

Saat kamu sedang sakit, salah satu yang biasa disarankan adalah untuk beristirahat dengan cukup. Hal tersebut memang terbukti benar di mana tubuh biasanya akan kehilangan tenaga ketika kamu kurang beristirahat.

Tak mengherankan jika mengistirahatkan tubuh adalah cara atasi masuk angin alami lainnya. Dengan melakukan tips satu ini, energi dan stamina yang hilang akibat dari masuk angin tersebut akan kembali saat terbangun.

Pastikanlah bahwa kamu mendapatkan tidur setidaknya delapan jam. Jangan lupa juga untuk menjaga suhu ruangan kamar tidur sedikit hangat dan lembab sebagai salah satu cara atasi masuk angin alami berikutnya.

Pasalnya, orang yang masuk angin biasanya tidak merasa nyaman dengan kondisi ruangan yang terlalu dingin. Setelah bangun, ada baiknya jika tak memaksakan diri saat tubuh memang belum pulih 100 persen.

Istirahat yang cukup cara atasi masuk angin alami
Istirahat yang cukup via unsplash.com/@tsujigimi

Baca Juga: Simak 7 Makanan Pencegah Sesak Napas. Alami Dan Mudah Didapat!


3. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mempercepat proses pemulihan, mengonsumsi makanan bergizi adalah cara atasi masuk angin alami lainnya. Hal tersebut tak mengherankan karena makanan bergizi yang memiliki peranan penting bagi kesehatan.

Memakan makanan bergizi dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, buah dan sayuran merupakan makanan yang tak boleh terlewatkan khususnya saat sedang sakit.

Nah, sebagai cara atasi masuk angin alami, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengatasi masuk angin yang disertai flu, demam, dan hidung tersumbat dengan menyantap makanan berkuah.

Makanan berkuah yang direkomendasikan adalah sup ayam. Sup ayam sendiri diketahui dari sebuah studi mengandung carnosine yang dapat membantu daya tahan tubuh melawan gejala masuk angin.

Konsumsi makanan bergizi cara atasi masuk angin alami
Konsumsi makanan bergizi via pexels.com/@ella-olsson-572949

4. Memakai Pakaian Hangat

Bagi kamu yang terlalu sering mengendarai sepeda motor di malam hari, kamu tentu tak asing dengan udara malam. Walaupun tak bisa menyalahkan kondisi, udara malam memang tidak pernah baik untuk kesehatan.

Terlalu sering terpapar udara malam bisa memicu berbagai penyakit seperti paru-paru basah dan berbagai penyakit seperti masuk angin. Oleh karena itu, pastikan kamu mengenakan jaket dengan kondisi tertutup.

Cara atasi masuk angin alami pun tak hanya sebagai pencegahan saja. Saat sedang merasa masuk angin, memakai pakaian hangat adalah cara yang tepat guna menghindari udara dingin yang bisa memperparah.

Dengan mengenakan pakaian hangat, daya tahan tubuh tak terus turun. Pasalnya, kondisi kedinginan pada  tubuh justru dapat menurunkan daya tahan tubuh dan malah membuat penyakit lain lebih mudah menyerang.

Memakai pakaian hangat cara atasi masuk angin alami
Memakai pakaian hangat via pexels.com/@kristingroth2

Baca Juga: Mata Panda Semakin Menghitam, Inilah 10 Cara Menghilangkan Mata Panda


5. Kerokan

Dari cara atasi masuk angin alami, bisa jadi cara satu ini yang paling sering direkomendasikan oleh orang tua. Jika kamu mengalami gejala-gejala masuk angin, kerokan adalah cara pengobatan alami yang disarankan.

Walaupun termasuk cara atasi masuk angin alami populer, banyak yang menyangsikan manfaat dari kerokan. Padahal, kerokan merupakan pengobatan alami yang terbukti dapat mengatasi masuk angin yang diderita.

Meskipun terbukti ampuh, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Namun, kamu tentu boleh mencoba kerokan karena aliran darah pada bagian yang dikerok akan lancar hingga tubuh pun jadi rileks.

Di samping itu, kerokan pun disebut minum efek samping yang menjadikan cara alami ini cocok untuk atasi masuk angin. Untuk itu, kamu pun bisa memilih kerokan baik dengan balsam, minyak angin, atau minyak kelapa.

Kerokan cara atasi masuk angin alami
Kerokan via Pixelpic/Shutterstock

6. Tetap Berpikiran Positif

Guna tak memperparah kondisi tubuh, berpikiran positif adalah hal yang harus ditanamkan dalam diri. Hal tersebut berlaku sebagai salah satu cara atasi masuk angin alami yang Bob rekomendasikan untuk kamu lakukan.

Saat sedang merasa sakit seperti masuk angin, berpikir positif mampu menunjang proses penyembuhan. Beberapa penelitian pun mendukung klaim di mana berpikir positif selaras dengan kesembuhan seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang berpikir positif lebih cepat sembuh dibanding yang menyerah dengan keadaan. Penyebabnya adalah pasien yang berpikir positif akan rutin dalam jalani pengobatan.

Oleh karena itu, hindarilah berpikiran negatif yang justru mendatangkan stres. Saat stres dibarkan, hal tersebut akan menyebabkan perubahan fisiologis yang dapat melemahkan daya tahan tubuh seseorang.

Tetap berpikiran positif cara atasi masuk angin alami
Tetap berpikiran positif via pexels.com/@olly

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Dengan Daki Membandel, Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Daki Alami


7. Manfaatkan Ramuan Herbal

Cara atasi masuk angin alami adalah memanfaatkan ramuan herbal. Minuman ramuan herbal seperti jahe, pala, atau kayu manis dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan bagi kamu yang sedang masuk angin.

Kamu bisa meminta orang rumah untuk membuatkan ramuan herbal tersebut untukmu. Namun, jika memungkinkan, kamu pun bisa membuatnya sendiri ramuan yang masuk sebagai cara atasi masuk angin alami tersebut.

Untuk dapatkan khasiat yang lebih maksimal, ada tips yang mungkin bermanfaat. Tips tersebut adalah memberikan campuran bahan alami seperti madu dan perasan lemon pada ramuan herbal tersebut.

Sifat madu yang secara alami dapat mengurangi iritasi sehingga dapat menenangkan peradangan. Kombinasi bahan-bahan tersebut dapat menurangi batuk dan juga merangsang produksi air liur pada tenggorokan.

Manfaatkan ramuan herbal cara atasi masuk angin alami
Manfaatkan ramuan herbal via shutterstock

Menginap dengan Aman di Bobobox

Saat menginap di sebuah penginapan, kamu mungkin kerap khawatir dengan barang bawaanmu. Namun, kekhawatiranmu soal barang hilang tak akan terjadi selama menginap di Bobobox.

Penggunaan QR Code untuk akses masuk pod jadi alasannya. Hanya pemilik QR Code saja yang bisa keluar masuk pod yang menjadikan barang berharga yang kamu bawa tetap aman selama menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

You might also like