Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Agar ibu hamil bisa tidur nyenyak lakukan beberapa cara berikut ini!

Tidur merupakan kebutuhan manusia agar kesehatan dapat terjaga. Kualitas istirahat yang baik tentu akan berdampak baik pada kesehatan dn sebaliknya memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika kualitasnya memburuk. Ibu hamil rentan mengalami insomnia terutama saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Insomnia ini terjadi karena dipicu karena terlalu banyak aktivitas fisik yang membuat tubuh sulit untuk beristirahat dengan baik.

Selain itu emosional ibu hamil yang tidak stabil saat memasuki usia kehamilan menjelang melahirkan pun membuat ibu hamil cenderung mengalami insomnia. Faktor perilaku pun memberikan kontribusi terhadap insomnia seperti menonton TV atau memanikan gadget. Agar ibu hamil daat berisitarahat dengan cukup ada baiknya ibu hamil dapat menerapkan beberapa tips ampuh mengatasi susah tidur seperti berikut ini!

1. Gunakan Aplikasi Snooze Tracking

Di zaman teknologi seperti saat ini banyak aplikasi bermanfaat yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba unduh adalah aplikasi snooze tracking. Aplikasi ini berfungsi untuk mencatat berapa banyak dan kapan saja kamu tidur. Selain frekuensi istirahat, aplikasi ini pun akan mencatat tingkat kelelahan sepanjang hari.

Dengan adanya catatan dari aplikasi snooze tracking ini ibu hamil dapat terbantu untuk memahami pola tidurnya. Aplikasi ini akan membantu ibu hamil mengidentifikasi aktivitas yang membantu atau merusak peluang istirahat malam yang baik. Catatan histori kesehatan ibu hamil terkait pola tidurnya menjadi alat yang berguna untuk dokter atau terapis.

2. Lakukan Terapi

Setelah mendapatkan data pola tidur dari aplikasi snooze tracking selanjutnya ibu hamil dapat melakukan terapi. Salah satu terapi umum yang biaasa dilakukan untuk mengatasi kesulitan untuk beristirahat adalah terapi perilaku kognitif. Terapi ini   melibatkan pemantauan diri dan strategi mental.

Ibu hamil akan diarahkan untuk mengembangkan pikiran positif tentang istirahat dan menciptakan lingkungan yang mendorong ibu hamil untuk bisa tidur dengan nyaman. Terapi perilaku kognitif ini terbukti mampu meningkatkan kualitas beristirahat ibu hamil. Ibu hamil dapat mempelajari strategi terapi ini dengan bantuan seorang terapis atau dengan panduan atau buku online.

3. Buat Pola Tidur Teratur Secara rutin

Buatlah jadwal tidur dengan baik dan terapkan secara teratur. Pola tidur yang tetap akan membuat ibu hamil menjadi terbiasa untuk beristirahat di jadwal yang telah diatur. Hal ini memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan kualitas beristirahat yang cukup sehingga kesehatan pun terjaga dengan baik. Pola tidur yang teratur ini pun harus konsisten diterapkan bahkan saat akhir pekan atau hari libur.

tidur

4. Pilih Kasur yang Tepat

Tempat tidur yang tidak nyaman menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya mendapatkan kualitas tidur yang baik. Saat ibu hamil beristirahat di kasur yang tidak nyaman maka bisa idpatikan kualitas beristirahat pun menjadi buruk. Oleh karena itu kasur yang nyaman menjadi peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik. Selain kasur, selimut, bantal, dan guling pun menjadi hal penting lainnya yang harus diperhatikan.

Pilihlah selimut, bantal, dan guling yang nyaman sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Terdapat berbagai jenis bantal dan guling yang dijual di pasaran salah satunya bantal dan guling yang di desain khusus untuk ibu hamil. Beberapa bantal dan guling hamil ini di rancang untuk dapat menopang perut dan punggung ibu hamil. Pilihlah jenis bantal dan guling dengan ketinggian dan kepadatan yang cocok dengan preferensi ibu hamil agar dapat istirahat dengan nyenyak.

5. Lakukan Tidur Siang Singkat

Selain beristirahat di malam hari, ibu hamil disarankan untuk dapat melakukan istirahat di siang hari selama 10 hingga 20 menit. Tidur siang dengan waktu yang singkat ini nyatanya dapat membantu ibu hamil untuk mengembangkan kreativitas dan memori disamping untuk membuat tubuh lebih bugar. Hindari untuk tidur di sore hari sekitar pukul 3 atau 4 sore. Pasalnya saat tidur di jam tersebut tubuh akan cederung lebih sulit untuk beristirahat di malam hari.

6. Bicaralah dengan Dokter Kandungan

Jika ibu hamil sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi kesulitan beristirahat di malam hari dan tidak ada yang berhasil, sebaiknya segera untuk berkonsultasi dengan profesional. Ibu hamil bisa menemui dokter kandungan untuk mengecek kandungannya sekaligus berkonsultasi mengenai gejala sulit tidur yang selama ini dialaminya. Dengan berkonsultasi langsung dengan dokter, dokter dapat secara spesifik menyingkirkan gangguan tidur tersebut.

Cara mengatasi gangguan tidur ini tentu akan diberikan setelah mengidentifikasi faktor gaya hidup atau obat-obatan yang mungkin menjadi penghambat istirahat malam yang baik. Melalui proses konsultasi dengan dokter ibu hamil akan mendapatkan saran mengatasi gangguan istirahat yang aman untuk kesehatan ibu hamil. Penting diingat untuk tidak smbarangan mengkonsumsi obat tidur saat hamil tanpa konsultasi dengan dokter ya.

7. Luangkan Waktu Tenang di Siang Hari

Disarankan bagi ibu hamil untuk meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk menenagkan diri. Waktu tenang ini dilakukan untuk membantu mengatasi masalah dan kegelisahan yang ibu hamil alami. Ibu hamil dapat melakukan meditasi yang memabntu untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang mungkin menyelinap menjelang istirahat.

Selain itu ibu hamil dapat duduk tenang di tempat yang sepi dan nyaman dan menuliskan kegelisahannya lewat buku atau blog. Hal yang penting adalah bagaimana caranya agar ibu hamil dapat selalu merasa nyaman dan bahagia. Saat hati merasa tenang maka stres akan hilang dan ibu hamil akan lebih mudah untuk beristirahat dengan cukup.

tidur

8. Matikan Layar

Cahaya biru pada smartphone atau blue screen disebut sebut menjadi salah satu penyebab utama timbulya insomnia di era modern ini. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar dapat membuat tubuh sulit untuk berisitirahat. Cahaya ini selanjutnya  merangsang hormon yang muncul di siang hari sehingga tubuh menjadi terjaga semalaman. Hal ini tentu menganggu tubuh  bersiap untuk tidur.

Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk mengurangi paparan sinar biru dari layar smartphone, mematikan TV, laptop, dan komputer sebelum tidur. Pastikan juga untuk membuat ruang beristirahat di sekeliling ibu hamil tidak terlalu terang sehingga membantu ibu hamil untuk mudah beristirahat.

Gunakan smartphone dengan bijak sehingga tidak menggangu jam istirahat ibu hamil ya. Ibu hamil dapat memanfaatkan smartphone dengan mengunduh aplikasi snooze tracking yang Bob baru saja sampaikan dan juga menguduh aplikasi Bobobox. Aplikasi Bobobox adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemesanan hotel kapsul Bobobox yang hadir di beberapa kota di Indonesia.

Dengan menginap di Bobobox, kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan karena beberapa fiturnya yang terintegrasi dengan teknologi. Hal ini tentu dapat menjadi solusi bagi ibu hamil untuk meghilangkan penat dan beristirahat dengan cukup di Bobobox. Ayo unduh aplikasinya dan dapatkan promo menariknya!

kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.