Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Minder Karena Gigi Kuning? Yuk Coba Cara Alami Memutihkan Gigi dengan 7 Bahan Berikut!

Cara alami memutihkan gigi dengan 7 bahan yang ternyata mudah didapatkan!

Foto bareng dengan teman-teman memang seru! Namun, pernah nggak kamu merasa agak minder saat foto bareng teman? Apalagi saat disuruh senyum lebar atau bilang “cheese”? Bukannya kamu nggak mau senyum. Hanya saja, warna gigi yang kuning atau kusam bikin kamu jadi nggak pede. Ya, kondisi seperti ini memang dialami banyak orang, dan sangat wajar kalau kamu merasa nggak nyaman.

Gigi kuning disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor utamanya adalah pola makan. Beberapa jenis makanan bisa membuat gigi menjadi cepat kuning. Penuaan juga menjadi faktor pemicu gigi kuning. Namun, dilansir dari Hellosehat, gigi kuning terkadang disertai beberapa kondisi seperti bau mulut, karies, atau gigi berlubang. Gigi kuning ditambah sakit gigi dan bau mulut? Duh! Makin males ‘kan jadinya?

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://consumer.healthday.com/encyclopedia/dental-health-11/misc-dental-problem-news-174/toothache-645687.html

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Kebiasaan Yang Merusak Gigi Ini Agar Mulutmu Jadi Lebih Sehat


Prosedur teeth whitening jadi solusi untuk mengatasi gigi kuning. Namun, perawatan pemutihan gigi di klinik terkadang ditawarkan dengan biaya yang tidak murah. Sebagai alternatif, sebetulnya ada banyak cara alami memutihkan gigi yang kamu bisa coba sendiri di rumah. Nah, di artikel ini Bob akan menghadirkan cara alami memutihkan gigi menggunakan 7 bahan yang mudah ditemukan. Apa saja sih bahan-bahannya? Check these out!

1. Lemon

Buah yang satu ini tentunya sudah nggak asing lagi. Selain enak dijadikan lemonade atau mojito, lemon juga sering kali terkandung dalam beberapa pasta gigi. Dilansir dari Green Dental Smiles, lemon mengandung kadar asam yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pemutih. Kamu bisa menggosokkan kulit lemon ke gigimu, atau berkumur menggunakan campuran sari lemon dan air.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/yellow-lemon-fruit-on-green-table-8540918/

Namun, kamu harus berhati-hati saat mengikuti cara alami memutihkan gigi yang satu ini. Pasalnya, dilansir dari Very Well Health, asam sitrat pada lemon bisa membahayakan gigi. Zat ini bisa menghilangkan kalsium pada gigi. Setelah hilang, kalsium tersebut tidak bisa digantikan. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak mengikuti metode ini terlalu sering, ya!


Baca Juga: 10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


2. Jahe

Cara alami memutihkan gigi yang berikutnya adalah menggunakan jahe. Siapa sangka bumbu yang satu ini ternyata bisa memutihkan gigi juga? Dilansir dari Holland & Barrett, jahe membantu mengangkat plak dari gigi. Jahe juga bisa mengurangi noda yang merusak penampilan gigi kamu. Selain itu, jahe juga mengandung bahan antiperadangan yang bermanfaat untuk kesehatan mulutmu secara keseluruhan.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/brown-and-white-mushroom-in-close-up-photography-7543128/

Dilansir dari Brightside, untuk menggunakannya, kamu bisa memarut jahe dan mencampurkan garam ke jahe yang sudah dihaluskan. Setelah itu, tambahkan juga sedikit sari lemon. Aduk semua bahan hingga tercampur, kemudian gosokkan pada gigi menggunakan sikat gigi. Oh, ya! Sekali lagi, jangan lakukan perawatan ini terlalu sering, ya!.

3. Minyak Kelapa

Untuk cara alami memutihkan gigi yang berikutnya, kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa. Duh! Kelapa ini memang tanaman yang seluruh bagiannya bermanfaat, ya! Minyak kelapa, selain bagus untuk rambut, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari Healthline, minyak kelapa digunakan dalam pengobatan Ayuverdik untuk membersihkan dan memutihkan gigi.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.honestdocs.id/minyak-kelapa-untuk-mengobati-wasir

Nggak hanya itu, minyak kelapa bisa mengurangi plak dan menangani penyakit gusi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa membasmi bau mulut, lho! Untuk menggunakan minyak kelapa, kamu bisa mengikuti teknik oil pulling. Dilansir dari Dobson Ranch Dental Care, kamu perlu berkumur dengan minyak kelapa selama 5-20 menit. Pastikan minyak mengenai seluruh bagian mulut, kemudian buang minyak.


Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!


4. Stroberi

Selain enak dijadikan jus, buah yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk cara alami memutihkan gigi. Dilansir dari Health.com, stroberi mengandung asam malat yang berfungsi sebagai astringen untuk memudarkan noda. Jika dicampurkan dengan soda kue, stroberi bisa menghilangkan noda bekas wine dan kopi. Untuk menggunakannya, kamu perlu menghaluskan stroberi terlebih dahulu dan mengoleskannya ke gigi.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/selective-focus-photography-of-strawberries-1435301/

Namun, ada hal yang kamu perlu perhatikan. Dilansir dari Kör Whitening, ternyata stroberi bukan memutihkan gigi, tetapi mencerahkan warna gigi sehingga memberikan efek lebih “putih”. Selain itu, karena kandungan asamnya, cara alami memutihkan gigi ini tidak boleh terlalu sering diikuti. Stroberi juga bisa mengikis permukaan gigi karena kandungan asamnya.

5. Soda Kue

Bahan yang satu ini juga cukup sering digunakan dalam berbagai cara alami memutihkan gigi. Bahkan, soda kue juga biasanya terkandung dalam pasta gigi. Dilansir dari Arm and Hammer, soda kue merupakan bahan abrasif ringan yang membantun menghilangkan noda dari permukaan gigi. Soda kue juga merupakan alkalin yang bisa memutihkan noda makanan bersifat asam.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622018/baik-buruk-soda-kue-bagi-kesehatan-tubuh

Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Dilansir dari Pearl Dentistry, kamu bisa mencampurkan soda kue dengan pasta gigi sebanyak solusi termudah. Kamu juga bisa membuat sendiri “pasta gigi” dengan mencampurkan soda kue dan sedikit air. Gunakan jari atau sikat gigi untuk mengoleskan pasta pada gigi, dan diamkan selama 2-3 menit. Praktis, ‘kan?


Baca Juga: Kenali Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya


6. Pepaya

Buah yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah. Di supermarket, restoran hotel, hingga tukang buah keliling, pepaya bukanlah buah yang asing di telinga. Ternyata, salah satu cara alami memutihkan gigi juga bisa dengan buah yang satu ini. Dilansir dari Medical News Today, pepaya mengandung papain, enzim yang membantu memutihkan atau mencerahkan warna gigimu.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-sliced-papaya-4113830/

Pendapat ini didukung oleh sebuah artikel ilmiah tulisan PK Chakravarthy dan S Acharya. Ekstrak papain ternyata bisa menghilangkan noda pada gigi secara lebih signifikan. Meskipun demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut mengenai efektivitas pepaya dan enzim papain dalam memutihkan gigi. Namun, nggak ada salahnya ‘kan kamu mencoba di rumah?

7. Kunyit

Bahan yang satu ini biasanya digunakan sebagai bumbu dan pewarna makanan. Kunyit juga dapat diolah menjadi jamu. Meskipun terdengar “mencurigakan” karena warnanya yang kuning, banyak orang menggunakan kunyit sebagai cara alami memutihkan gigi. Selain itu, dilansir dari Colgate, kunyit juga dapat mengendalikan plak pada gigi dan memberikan efek antiperadangan. Secara keseluruhan, kunyit ternyata bermanfaat untuk kesehatan gigi kita.

cara alami memutihkan gigi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/four-assorted-spices-on-wooden-spoons-1340116/

Untuk menggunakan kunyit, kamu bisa memakai bubuk kunyit dan mencampurkannya dengan minyak kelapa. Kedua bahan ini bersama-sama dapat menjaga kesehatan mulutmu secara keseluruhan. Kalau kurang suka dengan baunya, kamu bisa menambahkan ekstrak mint. Selama digunakan secara terbatas, kunyit tidak akan sampai membuat gigi kamu makin kuning kok!


Baca Juga: Hati-Hati! Ini Dia Efek Samping Bleaching Gigi


Tetap Aman Mengikuti Cara Alami Memutihkan Gigi

Penggunaan bahan-bahan alami untuk memutihkan gigi memang dirasa lebih aman. Namun, setiap bahan tentunya bisa memberikan efek samping. Jadi, pastikan kamu juga mencari informasi lebih lanjut mengenai bahan-bahan yang akan digunakan. Ikuti cara alami memutihkan gigi tanpa berlebihan. Jadi, kamu tidak akan sampai merusak gigi atau mengganggu kesehatan mulutmu. Jangan lupa tetap sikat gigi secara teratur, ya!

Nah, nggak cuman kesehatan mulut yang perlu dijaga. Kesehatan mental kamu juga harus dirawat. Di Bobobox, kamu bisa beristirahat atau berlibur sejenak sambil menyegarkan lagi pikiran. Bukan sekadar hotel kapsul biasa, setiap pod di Bobobox memiliki teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Interior pod yang luas dan stylish juga dijamin bikin kamu betah buat healing.

Download juga aplikasi Bobobox ke ponselmu. Dari aplikasi Bobobox, kamu bisa memesan pod secara langsung dan mendapatkan beragam promo seru. Metode pembayaran yang variatif akan memudahkan transaksimu. Kamu juga bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, dan berkomunikasi dengan staf lewat aplikasi tersebut. Seru, ‘kan? Yuk download gratis sekarang melalui App Store atau Google Play Store!

You might also like