Burung-Burung Ini Dianggap Sebagai Pertanda Buruk Bahkan Kematian! Apakah Kamu Pernah Menjumpainya?

Burung-Burung Ini Dianggap Sebagai Pertanda Buruk Bahkan Kematian! Apakah Kamu Pernah Menjumpainya? Berikut 6 Burung Pertanda Kematian

Sudah sejak lama, manusia hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya, termasuk burung. Di antara banyak jenis burung yang berada di sekitar manusia ternyata tidak sedikit yang memiliki mitos mengerikan. Kehadiran atau kicauannya saja bisa dianggap sebagai pertanda buruk hingga kematian. Apa sajakah burung pertanda kematian atau hal buruk itu? Yuk simak lebih lanjut!

Burung-burung Pertanda Kematian

1. Burung Kedasih

Burung Kedasih

Sumber: @assoonas via Freepik

Burung kedasih, yang memiliki nama latin Cuculus merulinus, sudah sejak lama terkenal sebagai burung pertanda kematian terutama saat kicauan khasnya mulai terdengar. Konon, jika burung ini berputar-putar dan hinggap di sebuah rumah lalu berkicau, diperkirakan akan ada orang meninggal tak lama kemudian di sekitar lokasi tersebut.

Jika kamu masih bingung dengan burung ini, kamu mungkin bisa mengenalinya lewat nama lain. Masyarakat Sunda lebih mengenalnya dengan sebutan burut sirit uncuing sementara orang Jawa menyebutnya burung emprit gantil.

Kicauan khas yang ditakuti masyarakat sebagai pertanda kematian sebenarnya merupakan nyanyian burung betina untuk menarik perhatian burung jantan di masa kawin. Kedasih sendiri memiliki bulu yang indah dan eksotis, namun sifatnya cenderung culas, kejam atau sadis.

Tidak seperti burung-burung lainnya, burung kedasih hidup secara menyendiri. Jenis burung ini juga enggan membuat sarangnya sendiri, baik jantan maupun betina. Karenanya, setelah masa perkawinan, mereka akan mencari sarang burung lain untuk menitipkan telurnya.

Tak hanya itu, kedasih juga tidak mau mengerami telurnya sendiri. Ukuran telur kedasih biasanya relatif sama sehingga induk sarang lain tidak menyadarinya. Mereka pun tak segan menyingkirkan dan membuang telur-telur burung lain yang masih tersisa di sarang tersebut.

Jenis burung ini biasanya ditemukan di tepi hutan, pedesaan, maupun di daerah ratusan meter di atas permukaan laut. Burung ini seringkali bertengger di ranting pohon yang tinggi.

Baca Juga: Menakjubkan, Ini Dia Jenis-Jenis Burung Terbesar Di Dunia

2. Burung Gagak

Burung Gagak

Sumber: @fastermaster0 via Unsplash

Mitos yang mengitari burung gagak sebagai burung bertanda kematian hampir sama dengan burung kedasih. Tidak sedikit orang meyakini saat burung hitam ini berputar-putar, lalu bertengger di atas genting sebuah rumah dan berkicau, maka tidak lama akan ada seseorang yang meninggal di sekitar tempat itu.

Burung satu ini, yang memiliki nama latin Corvus, biasanya muncul menjelang magrib hingga malam hari. Ia akan bertengger lama di atas genting sambil mengeluarkan pesan kematian lewat kicauannya.

Gagak sebagai burung pertanda kematian ini berakar dari kepercayaan masyarakat kuno. Gagak sudah sejak lama identik dengan praktik sihir atau ilmu hitam. Para penyihir atau peramal biasanya memiliki gagak sebagai peliharaan.

Selain itu, burung satu ini juga dipercaya sebagai jelmaan penyihir jahat dan dewi kematian. Maka tak heran, orang-orang banyak mengaitkan suara gagak yang serak nyaring dan mengerikan dengan pertanda kematian seseorang.

Anggapan gagak sebagai burung pertanda kematian sebenarnya berkaitan dengan perilaku aneh burung tersebut saat mendapati gagak lain mati. Mereka akan menyalak dengan suara berisik seolah-olah tengah meratapi atau berduka atas kematian kawannya.

Namun, hal ini rupanya bukan bentuk duka. Gagak tersebut sebenarnya tengah mencari tahu tentang adanya ancaman di sekitar tempat kematian itu. Dengan begitu, mereka bisa menghindari nasib serupa yang telah menimpa kawannya.Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Burung Hantu

Burung Hantu

Sumber: @somanydetails via Unsplash

Burung hantu merupakan burung nokturnal atau aktif di malam hari dan memiliki kemampuan untuk terbang tanpa suara serta bisa memutar lehernya hingga 360 derajat. Sesuai dengan namanya dalam bahasa Indonesia, burung hantu kerap kali dikaitkan dengan berbagai mitos berbau mistis. Di antaranya adalah sebagai burung pertanda kematian, pencuri keberkahan hingga pertanda adanya makhluk halus.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, burung hantu menjadi burung pertanda kematian jika ia hinggap di depan  rumah. Konon, penghuni rumah akan menemui ajalnya dalam waktu dekat. Selain itu, ada juga mitos yang menyebutkan seseorang akan meninggal setelah menirukan suara burung hantu, namun burung tersebut tidak menyahuti.

Sementara itu, burung hantu diyakini sebagai pencuri keberkahan jika dia hinggap di depan rumah dan bahkan sampai masuk. Masyarakat meyakini dia akan mencuri dan membawa semua keberkahan saat keluar dari rumah itu.

Baca Juga: Simak Takhayul-Takhayul Yang Paling Aneh Di Dunia Berikut Ini, Pasti Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kebingungan!

4. Burung Pipit

Burung Pipit

Sumber: @tobiroth via Unsplash

Tidak seperti kedasih yang terdengar suaranya namun tak tampak wujudnya, pipit termasuk burung yang mudah kamu jumpai. Burung ini kerap menjadi musuh bagi petani di sawah dan seringkali terlihat memungut rumput kering di tanah untuk membuat sarang.

Namun, siapa sangka jika burung kecil satu ini rupanya dianggap sebagai burung pertanda buruk. Kabarnya, jika burung ini terus menerus berada di halaman atau sekitar rumah, hal ini menjadi pertanda datangnya tamu.

Namun, baik atau buruknya tamu tersebut tergantung pada posisi burung. Jika burung bertengger di bagian kanan rumah, maka tamunya akan membawa kabar baik. Sementara itu, jika burung berada di sisi kiri, maka tamu yang datang akan membawa kabar buruk.

5. Burung Tengkek Buto

Burung Tengkek Buto

Sumber: ebird.org

Bukan burung pertanda kematian, namun burung tengkek buto atau oriental dollarbird memiliki mitos yang tetap saja bikin takut. Burung dengan nama ilmiah Eurystomus orientalis sebenarnya memiliki warna yang sangat cantik dan bisa digunakan sebagai guru bagi burung lain agar dapat bersiul dengan merdu.

Sayangnya, tengkek buto ini oleh sebagian masyarakat dipercaya sebagai pertanda adanya maling di sekitar rumah, terutama saat dia bersiul di malam hari. Jika hinggap di depan rumah dan bersiul, ini juga menjadi pertanda buruk lainnya, yaitu akan adanya bencana yang bencana menimpa anggota keluarga. Tak hanya itu, banyak orang yang enggan memelihara burung ini karena dianggap sebagai peliharaan genderuwo.

Baca Juga: Penggemar Dunia Supranatural Wajib Tahu! Ini Dia Hantu Asal Kalimantan Yang Bakal Bikin Kamu Merinding

6. Burung Perkutut

Burung Perkutut

Sumber: @hubertngo via Pixabay

Burung perkutut umumnya menjadi burung yang diyakini masyarakat sebagai pembawa keberuntungan. Meski begitu, mitos negatif ternyata juga melekat pada burung satu ini.

Bukan sebagai burung pertanda kematian, perkutut diyakini pertanda datangnya kesialan jika terdengar di malam hari. Kesialan ini bisa saja berupa kesulitan pekerjaan, perusak hubungan baik dalam keluarga atau terganggunya rumah tangga hingga kesulitan mencari jodoh. Kesialatan itu juga hanya menimpa orang yang mendengar langsung kicauan burung tersebut di malam hari.

Tak hanya itu, jika berbunyi di jam 00.00, konon perkutut menandakan hadirnya musibah. Pertanda tersebut biasanya terjadi secara berulang sebelum musibah datang.

Pertanda buruk lainnya dari bunyi burung perkutut di malam hari adalah kehadiran sosok makhluk tak kasat mata. Sebagian masyarakat meyakini bunyi perkutut di malam hari, terutama pukul 02.00 dini hari, sebagai peringatan atau pemberitahuan bahwa ada sesuatu yang tidak biasa di sekitarnya.

Menginap di Bobobox

Mau menginap di hotel tapi takut tempatnya horor? Ke Bobobox saja yuk! Dengan desain futuristik, hotel kapsul satu ini jauh banget dari kesan angker. Selain itu, Bobobox juga menawarkan berbagai fasilitas menarik dan canggih sehingga pengalaman menginap kamu terasa menyenangkan dan jauh dari kata seram.

Ada keyless access, Wi-Fi kencang di seluruh area Bobobox, Bluetooth speaker, moodlamp untuk pengaturan warna cahaya dalam pod, communal area, hingga vending machine. Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles