Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berniat untuk Investasi Saham? Coba Baca 7 Rekomendasi Buku Investasi Untuk Pemula Berikut Ini!

Bakal membuka matamu terkait bursa saham!

Bobobox.co.id — Instrumen dalam berinvestasi ada berbagai macam. Salah satunya adalah saham. Namun, dengan risiko yang tinggi, banyak orang yang ingin memulai berinvestasi saham mundur secara perlahan.

Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa mencoba dengan membaca buku investasi yang ada di pasaran. Banyak buku yang bisa kamu pilih guna mempertebal teori mengenai pasar saham sebelum terjun langsung.

Namun, tak semuanya recommended untuk baca. Untuk itu, Bob bakal mempermudah daftar bacaanmu dengan membagikan tujuh rekomendasi buku investasi untuk pemula yang bakal membuka matamu terkait pasar saham.

Berikut adalah Rekomendasi Buku Investasi untuk Pemula

1. The Intelligent Investor – Benjamin Graham

Rekomendasi buku investasi untuk pemula pertama adalah The Intelligent Investor dari Benjamin Graham. Buku yang dirilis pada tahun 1949 ini pun menjadi salah satu buku favorit dari Warren Buffet, lho!

Oleh karenanya, kamu tak perlu meragukan lagi pembahasan yang dituliskan oleh Benjamin Graham. Buku ini bakal mengupas tuntas mengenai investasi saham dan filosofi yang berkaitan dengan investasi nilai.

Filosofi tersebut bakal memberikan setidaknya prinsip yang harus kamu pegang saat akan investasi saham. Filosofi tersebut diaplikasikan untuk melindungi risiko kehilangan uang yang diinvestasikan secara percuma.

Di samping dua hal barusan, buku investasi untuk pemula ini bakal mengajarkanmu pentingnya investasi jangka panjang. Kamu juga bakal mendapatkan analisis paling fundamental sebelum membeli saham.

The Intelligent Investor Buku Investasi untuk pemula
The Intelligent Investor via adbooks.in

2. Invested – Danielle Town

Rekomendasi buku investasi untuk pemula berikutnya adalah Invested yang ditulis oleh Danielle Town. Buku ini bakal cocok dibaca oleh para pemula yang ingin mulai investasi saham karena mengenalkan saham dari dasarnya.

Invested sendiri menarasikan ilmu untuk para pembacanya lewat kisah dari Danielle sendiri. Ia mengenal saham selama 12 bulan yang di mana ia mendapatkan banyak bantuan soal saham dan pelajaran dari sang ayah.

Selain menerangkan saham dari nol, buku investasi untuk pemula ini bakal mengulas beragam analisis terhadap perhitungan saham. Buku ini juga bakal memberikan informasi mengenai cara memanfaatkan pasar saham.

Pembahasan yang mudah dicerna menjadikan buku yang dirilis pada tahun 2018 ini masuk jajaran buku best seller. Dengan begitu, kamu tak perlu ragu lagi untuk membaca buku untuk awal investasi saham.

Invested Buku Investasi untuk pemula
Invested via amazon.ca

Baca Juga: Ingin Memperbaiki Diri? Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Self Improvement Wajib Dibaca!


3. A Random Walk Down Wall Street – Burton G. Malkiel

Buku yang pertama kali cetak pada tahun 1973 ini merupakan rekomendasi buku investasi untuk pemula. Walaupun terbilang sudah lama terbit, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan ilmu berharga.

A Random Walk Down Wall Street bakal mengajakmu menyelam lebih dalam. Oleh karenanya, buku yang ditulis oleh Burton G. Malkiel ini baiknya menjadi teman dari buku lain yang Bob rekomendasikan.

Hal tersebut cukup beralasan. Pasalnya, banyak istilah saham dalam buku investasi untuk pemula tersebut yang bakal membuatmu bingung. Walaupun begitu, bahasa yang digunakan sebenarnya mudah dimengerti.

Kamu pun bakal mempelajari bagaimana cara mengambil risiko saat berinvestasi saham. Tak hanya itu, kamu pun bakal mendapatkan semacam nasehat yang berguna agar kamu bisa menggabungkan teori dan praktik.

A Random Walk Down Wall Street Buku Investasi untuk pemula
A Random Walk Down Wall Street via amazon.com.br

4. Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki

Dari sekian banyak buku investasi untuk pemula, buku karya Robert Kiyosaki mungkin pernah kamu dengar sebelumnya. Pasalnya, buku satu ini termasuk best seller dan sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

Buku tersebut adalah Rich Dad, Poor Dad. Buku ini pun dianggap sebagai salah satu buku yang membahas soal investasi saham yang di mana wajib untuk dibaca khususnya bagi para pemula selama 20 tahun terakhir ini.

Buku ini bakal menjelaskan bagaimana perbedaan ayah kaya dan miskin. Pengaruh dari perbedaan finansial keduanya mampu menjadikan sudut pandang dari kedua anak dari kedua ayah tersebut berbeda jauh.

Tak hanya itu, kamu pun bisa mempelajari mengenai prinsip dasar untuk memulai investasi. Bahasa yang mudah dimengerti oleh para pemula jadi nilai lebih bagi buku investasi untuk pemula satu ini.

Rich Dad, Poor Dad Buku Investasi untuk pemula
Rich Dad, Poor Dad via kobo.com

Baca Juga: 5 Buku Tentang Leadership Untuk Kamu Calon Pemimpin Masa Depan


5. The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America – Warren Buffett

The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America merupakan buku investasi untuk pemula yang recommended lainnya. Penulis dari buku ini siapa lagi kalau bukan Buffett itu sendiri.

Buku ini termasuk buku yang bakal cocok dibaca bagi kamu yang baru ingin terjun ke bursa saham. Pasalnya, buku ini bakal membahas mengenai prinsip-prinsip dasar yang berkaitan dengan sebuah bisnis.

Prinsip dasar yang diulas terbilang lengkap. Mulai dari corporate governance, investasi, keuangan, kebijakan akutansi, pajak, alternatif saham, serta merger dan akuisisi menjadi topik yang ditonjolkan pada bukunya.

Kamu pun bakal diberikan beberapa tips penting dari buku investasi untuk pemula ini. Tips-tips penting rasanya bakal bermanfaat jika nantinya, kamu berencana untuk menanamkan investasimu di pasar saham.

The Essays of Warren Buffett Buku Investasi untuk pemula
The Essays of Warren Buffett via amazon.in

6. Security Analysis – Benjamin Graham & David Dodd

Buku investasi untuk pemula lainnya adalah Security Analysis karya dua penulis, Benjamin Graham dan David L. Dood. Buku ini pun merupakan buku paling tua di daftar ini karena diterbitkan pada tahun 1934.

Saat pertama kali diterbitkan, buku ini langsung melejit popularitasnya bagi para investor. Bahkan, pada saat itu, Security Analysis ini dianggap sebagai ‘kitab suci’ bagi siapapun yang ingin terjun di bursa saham.

Hal tersebut cukup beralasan. Pasalnya, teori yang dikemukakan pada buku investasi untuk pemula ini telah mengubah sepenuhnya kegiatan berinvestasi dan juga membawa Buffett meraih kesuksesan.

Para investor pemula bakal lebih memahami mengenai konsep dasar investasi. Kamu pun bakal mendapatkan pembelajaran mengenai cara terbaik untuk menganalisis saham mana yang bakal menguntungkan.

Security Analysis Buku Investasi untuk pemula
Security Analysis via amazon.com

Baca Juga: Cara Mengendalikan Emosi A La Filosofi Teras Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri


7. The Money Game – Adam Smith

Rekomendasi buku investasi untuk pemula terakhir adalah The Money Game dari Adam Smith dan George Goodman. Buku ini mendapat pujian dari Buffett karena memiliki nilai luar biasa dan sangat inspiratif.

Buku satu ini terbilang buku yang jadul dibandingkan buka lainnya. Pasalnya, buku ini pertama kali ditulis pada tahun 1968 yang membuat The Money Game mengambil contoh kondisi bursa saham di Wall Street tahun 1960an.

Walaupun begitu, banyak hal yang masih bisa kamu aplikaskan pada bursa saham kali ini. Faktanya tahun 1960 termasuk dekade yang dikenal sebagai dekade tersulit yang pernah dihadapi investor di investasi saham.

Buku investasi untuk pemula ini berusaha membawa mindset pembacanya untuk melihat pasar saham sebagai sebuah permainan. Hal tersebut akhirnya ditunjang dengan penyampaian yang mudah dipahami.

The Money Game Buku Investasi untuk pemula
The Money Game via goodreads.com

Membaca Buku dengan Tenang di Bobobox

Untuk mendapatkan pembelajaran dari buku-buku di atas, situasi yang tenang wajib kamu butuhkan. Namun, selama di rumah, kamu kerap diganggu oleh berbagai hal yang justru menjadi distraksi selama membaca.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk coba datang ke Bobobox. Selama menginap di Bobobox, ketenangan yang kamu butuhkan bakal kamu dapatkan dan membuat momen membacamu yang lebih khusyuk lagi.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini.

bobobox luas

You might also like