Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Asri dan Megah, Bukit Menoreh Kulonprogo Ini Sayang Dilewatkan!

Bukit Menoreh Kulonprogo jadi pilihan destinasi wisata alam di Yogyakarta!

Bukit Menoreh Kulonprogo adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan alam yang mengagumkan di kawasan Jawa Tengah. Di Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta, kamu tak perlu kebingungan memilih tempat wisata alam. Di Kulonprogokamu bisa menemukan berbagai wisata alam yang menarik dimulai dari air terjun, trekking sungai, pantai, hingga perbukitan alami, semuanya dapat mudah kamu temui.

Dari berbagai tempat wisata yang bisa kamu temukan di kawasan Yogyakarta, salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal adalah destinasi wisata Bukit Menoreh Kulonprogo. Tak hanya memiliki pemandangan yang cantik, Bukit Menoreh Kulonprogo pun kaya akan cerita sejarah yang menarik untuk kamu telusuri. Bukit Menoreh Kulonprogo menyimpan cerita dan bagian sejarah Indonesia Pangeran Dipenogoro.

Di Bukit Menoreh Kulonprogo inilah, Pangeran Diponegoro membina pengikutnya dalam perang melawan Belanda. Bukit Menoreh Kulonprogo ini sempat menjadi kawasan tandus karena penebangan kayu. Namun karena kerja keras dan kesabaran bertahun-tahun untuk penghijauan kembali akhirnya kawasan ini kembali menjadi hijau dan cantik. Lalu kira-kira apa yang membuat destinasi wisata Bukit Menoreh Kulonprogo ini menarik? Yuk simak informasinya berikut ini!

Bukit Menoreh Kulonprogo:
@Harian Nasional

1. Bukit Menoreh Kulonprogo: Rute Menuju Bukit Menoreh

Kamu mungkin bertanya-tanya di manakah letak Bukit Menoreh Kulonprogo sebenarnya? Bukit Menoreh Kulonprogo berlokasi di Desa Sidohajo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke Bukit Menoreh Kulonprogo kamu bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Malioboro. Dari Malioboro kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Magelang-Yogyakarta hingga ke Sidomulyo.

Sesampainya di Muntilan, lanjutkan perjalanan ke Jalan Moh. Yusuf dan ikuti saja arah jalan. Setelah itu masuk ke Jalan Kleben menuju Jalan Mayor Kusen. Saat kamu menemukan Monumen Proklamasi Soekarno-Hatta, belok ke kiri ke Jalan Sudirman lalu lanjutkan menuju Jalan Raya Borobudur. Setelah tiba di pertigaan Jalan Diponegoro, belok kanan ke Menoreh dan ikuti jalan hingga akhirnya kamu akan sampai di Bukit Menoreh.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Bukit Menoreh Kulonprogo ini terletak di ketinggian 450 mdpl. Oleh karena itu tak heran jika Bukit Menoreh Kulonprogo memang dapat dikembangkan karena memiliki potensi wisata yang baik.

Di sana kamu bisa menemukan trek tracking, home stay, viewing post dan aktivitas outbound yang menarik. Viewing post menjadi salah satu spot yang banyak menarik perhatian wisatawan. Viewing post ini dibangun di atas pohon pinus dan menjadi tempat foto yang menarik. Untuk bisa memasuki destinasi wisata Bukit Menoreh Kulonprogo kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp15.000,00.

@andilutz_

2. Bukit Menoreh Kulonprogo: Tempat Wisata Seru di Bukit Menoreh

DI Bukit Menoreh Kulonprogo kamu bisa menemukan beragam destinasi wisata alam menawan. Salah satu tempat wisata yang paling ramai dan terkenal adalah Kalibiru. Jika kamu ingin melihat lanksap perbukitan dan hamparan air kebiruan di Bendungan Sermo maka tempat wisata ini wajib untuk kamu kunjungi. Selain Wisata Alam Kalibiru, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam di sekitar Bukit Menoreh Kulonprogo lainnya seperti Pule Payung, Puncak Suroloyo, Ayunan Langit, Sungai Mudal, dan Air Terjun Kedung Pedut.

Kamu juga bisa kunjungi tempat wisata Kembang Soka, Embung Banjaroya, Kebun Teh Nglinggo, Gua Kiskendo, Hutan Pinus Girimulyo, dan masih banyak lagi. Bob jamin kamu gak akan kehabisan ide untuk melakukan berbagai kegiatan yang seru saat berada di Bukit Menoreh Kulonprogo. Destinasi wisata ini pun dikenal memiliki tanah yang subur sehingga tak heran jika kamu akan menemukan beberapa perkebunan buah mulai dari manggis sampai durian di sana.

Saat musim panen, biasanya warga akan membuka kebunnya sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kamu juga bisa melakukan aktivitas bersepeda atau kemah di sini. Di Bukit Menoreh Kulonprogo kamu juga bisa mengunjungi Museum Alam Marmer Merah yang merupakan gugusan tebing marmer merah yang tinggi menjulang. Bukit marmer merah ini diklaim hanya ada dua di dunia, satu di Italia dan satu lagi di Indonesia.


BACA JUGA: 9 Gunung Dengan Padang Rumput Yang Paling Indah Di Indonesia. Instagrammable Banget, Nih!

3. Bukit Menoreh Kulonprogo: Banyak Spot Instagramable untuk Berfoto!

Bicara tentang liburan pastinya tidak akan lengkap tanpa mengambil foto-foto esetik dengan latar pemandangan alam khas Bukit Menoreh yang menawan. Bukit Menoreh memiliki banyak sekali spot Instagramable yang bisa kamu manfaatkan sebagai latar berfoto. Kamu bisa puas berfoto di Bukit Wisata Pulepayung yang populer karena menyajikan keindahan alam dari ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Lokasi Bukit Wisata Pulepayung ini tak jauh dari Kalibiru.

Lanskap alamnya bisa terbilang serupa dengan viewing post di Kalibiru namun menawarkan pengalaman yang berbeda dan samasama bikin betah untuk berlama-lama. Kamu juga bisa puas berfoto di sekitar jembatan gantung, ayunan langit, gazebo dengan view alam, hingga wahana sepeda langit yang menegangkan. Bob jamin foto-foto estetik yang kamu ambil di Bukit Menoreh akan bikin iri followers kamu di Instagram setelah kamu mengunggahnya!

@Askara.co

4. Bukit Menoreh Kulonprogo: Tips mengunjungi Bukit Menoreh

Jika kamu tertarik mengunjungi destinasi wisata Bukit Menoreh, Bob telah menyiapkan beberapa tips bagi kamu agar liburan kamu makin menyenangkan. Saat ini belum ada transportasi umum yang mengantar ke Bukit Menoreh, sehingga lebih baik untuk kamu menggunakan kendaraan pribadi menuju Bukit Menoreh. Selain itu pastikan untuk menggenakan pakaian yang nyaman karena kamu akan beraktivitas di luar ruangan secara penuh.

Jangan lupa juga untuk membawa ganti baju jika berencana bermain di wahana atau destinasi yang berair. Hindari kembali ke penginapan saat hari sudah malam karena meskipun jalanannya sudah memadai, penerangannya masih kurang. Nah itulah informasi lengkap yang Boob bisa bagikan kepada kamu mengenai destinasi wisata Bukit Menoreh. Semoga membantu dan jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada ya!

 

Liburan ke Jogja? Bobobox Aja!

Jika kamu memiliki agenda berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk coba pengalaman menginap di Bobobox Malioboro ya! Bobobox kini telah banyak dibuka di beberapa kota besar di Indonesia tak terkecuali di Jogja. Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Fasilitas di Bobobox ini didukung oleh sistem IoT, yang bisa kamu hubungan dengan smartphone-mu, lo.

Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan mood-mu, serta kamu bisa menghubungkan smartphone dengan audio musik agar kamu bisa mendengar lagu favoritmu. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

bobobox malioboro

You might also like