Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Budget Jalan-jalan ke Bandung Cuma 500 Ribu? Berikut Tipsnya

Jalan-jalan ke Kota Bandung dengan biaya sederhana

Siapa bilang jalan-jalan ke Bandung itu mahal? Meski Bandung memiliki beragam daya tarik, kamu tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Hanya dengan uang sebesar Rp500.000, kamu bisa puas jalan-jalan di Bandung. Penasaran gimana caranya? Sini Bob kasih tahu.

Rencanakan jalan-jalan kamu dengan matang

Jalan-jalan tanpa rencana memang asyik. Kamu bisa melakukan apa saja dan ke pergi mana saja dengan spontan, tergantung apa yang akan terjadi nanti.

Akan tetapi, jalan-jalan dengan cara seperti itu membutuhkan waktu dan uang yang lumayan, sedangkan kamu hanya memiliki uang sebesar Rp500.000 kali ini.

Kamu nggak perlu merencanakan sampai terlalu rinci. Kamu cukup membuat rancangan berapa lama kamu akan tinggal dan tempat apa saja yang akan kamu kunjungi. Dan satu hal lagi, trasnportasi apa yang akan kamu gunakan.

Kalau rencana jalan-jalan kamu sudah dibuat dengan matang, saatnya kamu berangkat menuju Bandung.

Pilih transportasi yang tepat

jalan-jalan

Photo by madeleine ragsdale on Unsplash

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai ke Bandung. Kamu bisa datang menggunakan pesawat terbang, kereta api, atau kendaraan pribadi.

Untuk pesawat terbang, sebaiknya kamu coret dari daftar kamu karena satu tiket pergi saja sudah bisa menghabiskan seluruh uang kamu. Lain kali saja ya kalau anggarannya lebih banyak.

Nah, sekarang kereta api. Tidak seperti pesawat terbang, moda transportasi yang satu ini masih bisa dijangkau dengan anggaran sebesar Rp500.000.

Jika kamu berangkat dari Stasiun Gambir, misalnya, menuju ke Stasiun Bandung, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp110.000 untuk kelas ekonomi. Itu baru untuk perginya.

Untuk tiket pulang, kamu masih perlu mengeluarkan biaya yang sama, jadi total Rp220.000 untuk transportasi. Kamu masih punya uang sekitar Rp280.000 lagi untuk menginap dan jalan-jalan.

Tapi, kalau itu masih terlalu mahal, Bob punya satu saran lagi nih masalah transportasi. Kamu bisa sangat menghemat biaya keberangkatan dengan cara menebeng.

Kalau kamu punya kenalan yang kebetulan ada keperluan ke Bandung, kamu bisa banget minta tolong mereka untuk menampung kamu sampai ke Bandung. Lumayan kan, Rp110.000 jadi bisa kamu simpan.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa ikut teman kamu pulang. Tapi kalau enggak, kamu harus mengalokasikan dana untuk tiket kereta pulang sebesar Rp110.000

Estimasi biaya:

Kereta api: Rp220.000 (tiket pulang pergi), sisa Rp280.000

Nebeng: Rp110.000 (tiket pulang atau pergi saja), sisa Rp390.000

Tempat menginap yang murah dan nyaman

jalan-jalan

Photo by Sylwia Pietruszka on Unsplash

Tips Memilih Penginapan Di Bandung Yang Murah

Dari sisa uang yang kamu miliki, Bob sarankan kamu hanya menginap selama satu malam. Karena kalau lebih, kamu bisa menghabiskan sisa uang kamu hanya untuk penginapan saja, sedangkan kamu perlu mengeluarkan biaya untuk makan dan juga tiket masuk ke tempat wisata jika perlu.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memangkas biaya penginapan adalah dengan menyewa kos-kosan yang bisa dibayar per hari. Kos-kosan ini sudah cukup kok untuk kamu beristirahat dan mandi.

Harganya berada di kisaran Rp85.000-150.000 tergantung dari fasilitas yang disediakan. Biasanya semakin jauh dari pusat kota Bandung, kamu akan menemukan kos-kosan yang lebih murah. Bahkan kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan harga sewa hanya Rp25.000 saja.

Cuma, kamu perlu mempertimbangkan biaya transportasi selama kamu jalan-jalan kalau tempat kamu menginap lumayan jauh dari destinasi yang kamu ingin tuju.

Nah kalau ini adalah cara favorit Bob untuk menghemat biaya penginapan. Yap, kamu benar. Nebeng lagi!

Kalau kamu punya teman yang tinggal di Bandung, ini kesempatan kamu untuk mengontak mereka satu per satu. Siapa tahu ada yang mengizinkan kamu untuk menginap. Cuma kau harus tahu diri ya. Kalau satu atau dua malam aja sih nggak apa apa. Tapi kalau seminggu?

Estimasi biaya:

Kos-kosan: Rp100.000/malam, sisa Rp180.000

Nebeng: Gratis, sisa Rp280.000

Jangan lupa makan enak

jalan-jalan

Photo by kartika paramita on Unsplash

Soal perut sih biasanya agak sulit ya untuk ditolerir. Makanya, lebih baik sebelum pergi jalan-jalan kamu siapkan bekal setidaknya untuk hari pertama kamu di Bandung. Kalau kamu berangkat pagi, setidaknya kamu bisa tiba di Bandung siang atau sore hari. Nah, kamu perlu menyiapkan bekal setidaknya untuk bisa sampai makan malam.

Keesokan harinya, baru deh kamu bisa jajan. Karena Bandung itu surganya kuliner, ada banyak pilihan makanan yang bisa kamu coba.

Kalau saran Bob sih dengan biaya yang tersisa kamu lebih baik mencari street food-nya Bandung. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga enak-enak lo. Mau nasi goreng? Ada. Pecel lele? Banyak. Bahkan sampai ramen juga ada yang jual di pinggir jalan.

Dengan makan-makanan street food, kamu bisa menghabiskan Rp100.000 untuk tiga kali makan lo. Jadi jangan takut kelaparan ya.

Estimasi biaya: Rp100.000 (3 kali makan), sisa Rp80.000

Main ke mana?

Untuk soal destinasi, ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di Bandung. Ada dari yang ngga mengeluarkan biaya sama sekali sampai yang ngosongin dompet. Berikut tempat-tempat rekomendasi Bob.

Tempat Nongkrong Di Dago Berkonsep Kekinian

Jalan-jalan

jalan-jalan

Photo by Paris Turnip on Unsplash

Bandung memiliki jalan-jalan yang cukup ikonis. Salah satu yang paling sering dibicarakan oleh pengunjung dari luar ataupun dari dalam kota adalah Jalan Braga.

Kalau kamu hanya ingin jalan-jalan dan menikmati suasana saja, Jalan Braga ini tempat yang wajib kamu kunjungi.

Di sini kamu bisa merasakan nuansa Bandung tempo dulu. Soalnya, meskipun di kanan dan kiri Jalan Braga ini sudah dibangun restoran-restoran dan tempat menginap, konseip bangunan dan jalannya masih dipertahankan seperti pada masa zaman Belanda. Jalannya juga masih terbuat dari paving blocks.

Selain itu, masih ada juga toko-toko yang berdiri sejak dulu. Jadi keotentikan rasanya masih terjaga.

Untuk bisa jalan-jalan di Braga, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya. Jalanan ini gratis untuk bisa kamu nikmati. Foto-foto atau berpuisi sesuka kamu di sini.

Kalaupun kamu ingin jajan, pilihan makanannya juga beragam. Untuk Rp80.000 kamu bisa membeli satu porsi makan dan minum. Kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa membawa bekal kopi atau minuman lainnya di botol minum dan roti atau camilan lainnya. Lalu, nikmati senja di kursi-kursi yang sudah disediakan.

Museum

jalan-jalan

Foto: asianafricanmuseum.org

Jalan-jalan ke Bandung tidak harus selalu ke mal atau tempat wisata seperti Tangkuban Perahu, Farm House, atau yang lainnya. Masih ada tempat asyik sekaligus edukatif yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah museum-museum yang ada di Bandung.

Di samping biayanya yang terjangkau, gratis untuk beberapa tempat, museum bisa menjadi alternatif tempat jalan-jalan kamu untuk menambah wawasan terutama tentang Kota Bandung. Berikut adalah beberapa museum yang bisa kamu kunjungi beserta harganya.

  • Museum Kota Bandung: gratis biaya masuk
  • Museum Gedung Sate: Rp5.000
  • Museum Geologi: Rp3.000
  • Museum Konferensi Asia Afrika: gratis biaya masuk
  • Museum Pendidikan Nasional: Rp5.000

Pilihan lain untuk jalan-jalan

bobobox hotel kapsul indonesia

Menjelajahi Wisata Malam Yang Asyik, Sambil Berburu Spot Foto Instagram Ciamik Di Kota Bandung

Gimana, cukup kan Rp500.000 untuk jalan-jalan di Kota Bandung? Bob bilang juga apa, pasti bisa deh.

Sebelum Bob pamit, Bob mau ngasih tahu kamu satu cara lain untuk bisa jalan-jalan di Bandung dengan Rp500.000. Kamu pasti udah tahu dong yang namanya staycation. Nah, di Bandung ada satu tempat menginap yang terjangkau tapi juga menarik.

Yap, Bobobox! Hotel kapsul ini bisa jadi pilihan kamu untuk jalan-jalan di Bandung dengan harga yang terjangkau. Kamarnya nyaman banget dan enak untuk bersantai. Fasilitasnya yang lengkap dan kekinian juga akan memberi kamu pengalaman baru dalam menginap.

Untuk pemesannya juga mudah kok. Kamu bisa gunakan aplikasi Bobobox. Di sana, kamu bisa memesan dan membayar kamar.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.