Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Perlu Tahu Se-Fatal Apa Buang Sampah di Singapura!

Jangan coba-coba buang sampah sembarangan di Singapura kalau gak mau rogoh kocek hingga jutaan rupiah ya!

“Jangan buang sampah sembarangan!”

Gitu sih kata orang-orang, dan memang demi menjaga kebersihan lingkungan. Buang sampah sembarangan itu memang perlu loh! Sayangnya, tidak semua tempat menerapkan hukuman yang keras bagi orang-orang yang masih sering buang sampah sembarangan.

Tapi nih, buat kamu yang akan pelesir ke negara terbersih di dunia ini, jangan sekali-kali buang sampah sembarangan. Pasalnya, Singapura salah satu negara yang benar-benar menanggapi fenomena ini dengan serius loh! Baik warga lokal dan turis yang berada di negara ini dilarang keras membuang sampah sembarangan. Bahkan dianjurkan untuk mengetahui kebijakan mengenai kebersihan lingkungan satu ini.

Denda hingga 1.000 dollar Singapura!

Melansir express.co.uk dalam kompas.com, Alana Gomez saat diwawancara mengatakan jika jalanan di Singapura, kamu akan mengamati jika negara satu ini benar-benar menyikapi masalah lingkungan ini dengan serius. Bagaimana tidak, tentu kamu tidak akan pernah melihat sampah sekecil apapun di sepanjang jalannya. Negara ini pun tercatat sebagai negara dengan memiliki peraturan membuang sampah yang paling ketat di dunia. Tidak tanggung-tanggung, jika kamu terlihat membuang sampah sembarangan, kamu bisa didenda hingga 1.000 dollar Singapura, loh!

Berbagai Aturan di Singapura (Phinemo.com)

Selain itu, jika kamu melanggar aturan ini sebanyak tiga kali berturut-turut, kamu harus siap dikenakan pakaian bertuliskan “Aku Pembuang Sampah” sebagai sanksi sosial. Aturan ini pun dirujuk sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan Lingkungan Publik Singapura, yaitu pelanggar pertama kali akan dikenakan biaya peringatan sebesar 300 dollar Singapura atau setara dengan Rp 3,1 juta. Bahkan peraturan ini diterapkan kepada semua kalangan, jadi siapa pun yang tidak patuh pada aturan ini, akan mendapat denda dengan nominal fantastis tersebut.

Aturan Lainnya Selain Buang Sampah

Ada pula aturan mengenai membuang permen karet bekas. Gomez pun menjelaskan jika permen karet bekas pun menjadi faktor lain dari isu kebersihan ini. Pemerintah negara ini pun bisa merogoh biaya sampai jutaan dollar untuk membersihkan sampar permen karet. Jadi, jika kamu berada di negara Merlion ini, jangan asal buang sampah permen karet.

Isu kebersihan yang ditindak lebih lanjut oleh pemerintah setempat ternyata bukan hanya soal sampah. Banyak juga isu kebersihan lain yang benar-benar ditindak serius, sebut saja denda sebesar 100 dollar Singapura jika lupa menyiram toilet dan 500 dollar Singapura jika membuang air di lift.

Mengutip vice.com, sebelumnya National Environment Agency (NEA) telah mengeluarkan 39.000 denda membuang sampah sembarangan pada tahun 2018. The Straits Times pun menyatakan jika jumlahnya 7.000 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2017 silam. Rata-rata, pelanggarnya adalah membuang punting rokok dari gedung-gedung tinggi yang dendanya bisa mencapai 19.800 dollar Singapura atau setara dengan Rp 206 juta. Luar biasa besar ya nominalnya?

Berbagai Aturan di Singapura (Dailymail.com)

Walaupun terkesan sepele, namun kamu pun perlu mengapresiasi aturan pemerintah Singapura dalam menangani isu lingkungannya nih! Terus kalau kita benar-benar perlu banget buang sampah tapi tidak ada tong sampah terdekat, kita harus gimana nih?

Jangan sedih, Bob saranin untuk kamu yang berada di situasi butuh tong sampah tapi jauh dari jangkauan kamu. Simpan sampah kamu ke dalam tas. Jadi, kalau kamu lagi pelesir ke Singapura, kamu bisa bawa plastik bersih atau wadah lain yang bisa menampung sampah kamu di perjalanan. Setelah kamu sudah menemukan tong sampah, kamu bisa membuang seluruh sampah yang kamu kumpulkan selama pelesir. Setidaknya tidak sulit kan mengikuti aturan membuang sampah? Siapa tahu kamu mulai terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Comments
Loading...