Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tambahkan Buah-Buah Berikut Ini ke Menu Sahur Agar Kamu Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Wajib dikonsumsi!

Bobobox.co.id — Rasa lemas dan tidak bertenaga mungkin pernah kamu rasakan selama berpuasa di bulan Ramadan. Salah satu faktor mengapa tubuhmu merasa lemas adalah kurang tepatnya memilih menu sahur.

Pasalnya, santap sahur memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Untuk itu, menambahkan buah-buahan akan menjadi solusi yang tepat untuk dicoba.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah buah-buahan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam menu sahur selama berpuasa.

Buah yang Cocok untuk Menu Sahur di bulan Ramadan

1. Pepaya

Buah yang cocok untuk menu sahur pertama adalah pepaya. Buah ini dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan sistem pencernaan seseorang.

Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga mengandung enzim papain. Enzim ini memiliki manfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dan membantu imunitas tubuh secara umum.

Walhasil, mengonsumsi buah pepaya saat sahur bisa menjadi solusi dalam menghindari sembelit karena potensi kekurangan cairan. Jika kamu ingin, buah pepaya baik dikonsumsi selama berbuka.

buah buat menu sahur
sumber: pexels.com/@any-lane

2. Apel

Apel adalah buah yang mengandung serat yang tinggi. Hal tersebut membuat saat mengonsumsi buah apel saat sahur, kamu bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama selama berpuasa.

Buah untuk menu sahur ini juga mengandung pektin. Kandungan tersebut dapat membantu dalam mengontrol kadar kolestrol. Tak hanya itu, kandungan ini mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Ada baiknya jika kamu mengonsumsi apel tanpa dikupas. Pasalnya, zat gizi konsentrat berada di bawah kulit. Namun, setelah dimakan, segelah dihabiskan agar tidak terjadi oksidasi.

buah apel
sumber: pexels.com/@shliftik

3. Semangka

Saat ingin buah yang segar, biasanya buah semangka menjadi pilihan untuk temani hari-hari yang panas. Pasalnya, mengonsumsi semangka mampu memberikan kesegaran tersendiri.

Oleh karena itu juga, semangka menjadi buah yang baik untuk masuk ke dalam menu sahur di bulan Ramadan. Buah berbentuk bulat ini mengandung air yang banyak yang berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Tak hanya itu, kandungan lycopene yang tinggi pada buah berwarna hijau ini. Kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai sumber energi yang membuat tubuh tidak mudah lelah seharian.

buah semangka
sumber: pexels.com/@daniel-dan-47825192

Baca Juga: Intip 5 Resep Makanan Sahur Sehat Agar Puasamu Lancar!


4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan serat. Kandungan serat tersebut diketahui berkhasiat untuk memberikan efek kenyang yang lama bagi orang yang mengonsumsi buahnya.

Tak heran jika Bob menyarankanmu untuk mengonsumsi buah ini sebagai menu sahur. Dengan mengonsumsi buah ini, tubuhmu tidak akan mudah merasa lapar selama berpuasa seharian penuh.

Di samping itu, serat memiliki fungsi untuk merawat sistem pencernaan. Fungsi ini terbilang esensial untuk menghindarkanmu dari risiko penyakit pencernaan seperti sembelit.

buah alpukat untuk menu sahur
sumber: pexels.com/@readymade

5. Pisang

Buah untuk menu sahur selanjutnya adalah buah pisang. Buah berwarna kuning ini adalah buah yang kerap menjadi andalan bagi kamu yang sering berolahraga karena bisa menjadi sumber tenaga.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkannya selama bulan puasa. Buah yang mengandung kadar gula dan kalium ini bakal memberikan manfaat lainnya yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh.

Misalkan saja, buah ini penting untuk fungsi sel dalam tubuh. Tak hanya itu, buah dengan kandungan mineral lainnya dianggap bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan saraf.

buah pisang
sumber: pexels.com/@jsalamanca

6. Melon

Jika semangka dirasa tidak cukup, kamu bisa memilih melon sebagai menu sahur. Sama seperti semangka, melon kaya akan kandungan air dan nutrisi yang mampu membantu menjaga kesehatan.

Tak hanya itu, satu porsi melon mengandung serat yang cukup banyak. Hal ini tentunya mampu mengurangi rasa lapar yang mungkin kamu rasakan selama berpuasa di bulan Ramadan.

Buah melon jenis cantaloupe juga mengandung vitamin A yang harus dipenuhi tubuh sebanyak 120 persen. Vitamin A dipercaya dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi.

buah melon
sumber: pexels.com/@iamtrangdoan

Baca Juga: Jangan Sampai Lengah. Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Setelah Puasa Berikut Ini!


7. Jeruk

Seperti yang kamu ketahui, jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, buah berwarna oranye ini memiliki kandungan potassium yang bantu menjaga imun tubuh.

Vitamin C yang terkandung pada jeruk akan sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kebugaran tubuh. Nutrisi buahnya juga baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa.

Walaupun begitu, ada baiknya jika pemilik riwayat asam lambung untuk tidak mengonsumsi jeruk. Pasalnya, buah ini justru akan memicu ketidaknyamanan pada perut setelah dikonsumsi.

buah jeruk
sumber: unsplash.com/@sheraz154

8. Mangga

Kandungan vitamin C yang tinggi bisa kamu dapatkan pada buah mangga. Tak hanya kaya akan vitamin C, buah ini mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk kebugaran tubuh.

Kalorinya yang cukup tinggi bermanfaat untuk mencegah tubuh lemas selama berpuasa. Selain itu, buah mangga berkhasiat untuk mendorong tubuh membentuk imun dari serangan penyakit.

Oleh karenanya, jangan sampai ragu untuk mengonsumsi buah ini sebagai menu sahur. Kamu bisa mengombinasikan buah mangga dengan buah lainnya seperti melon dan semangka.

buah mangga
sumber: unsplash.com/@moonstone_designs

9. Jambu Biji

Sama seperti halnya mangga, jambu biji adalah buah yang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Biasanya, buah ini dikonsumsi sebgai minuman jus atau dessert untuk berbuka puasa.

Padahal, buah ini juga baik untuk dikonsumsi saat sahur. Buah dengan rasa manis ini mengandung berbagai kandungan yang baik untuk tubuh seperti kalium, lycopene, dan antikarsinogenik.

Tak mengherankan jika tubuhmu akan tetap bugar selama mengonsumsi jambu biji sebagai menu sahur. Untuk itu, tak usah ragu lagi memilih buah ini untuk menjadi salah satu menu sahurmu nanti.

buah jambu biji untuk menu sahur
sumber: unsplash.com/@desirae_hayesvitor

Baca Juga: Sering Dehidrasi Saat Puasa? Ikuti 5 Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa Berikut Ini


10. Kurma

Buah untuk menu sahur terakhir adalah kurma. Buah ini memiliki kandungan serat yang banyak. Mencukupi kebutuhan serat setiap harinya mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Serat ini berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan dengan mencegah sembelit. Walhasil, jadwal buang air besar bisa jauh lebih teratur jika kamu mengonsumsinya selama bulan Ramadan.

Di samping itu, serat memberikan khasiat yang penting lainnya untuk tubuh. Misalkan saja, serat dalam kurma berpotensi dalam mengontrol gula darah dan mencegah gula darah melonjak seketika.

buah kurma
sumber: pexels.com/@naimbic

Mendapatkan Pengalaman Menginap yang Berbeda di Bobobox

Saat menginap di hotel konvensional pada umumnya, kamu jarang sekali mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan berbeda. Lain halnya jika kamu mencoba menginap di hotel kapsul seperti Bobobox.

Pasalnya, Bobobox menawarkan yang jarang dimiliki oleh hotel-hotel pada umumnya seperti lampu led di tiap podnya berdampingan dengan pengeras suara Bluetooth.

Pemesanan podnya pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

promo bobobox

You might also like