Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

11 Tips Menjalankan Bisnis Online Sambil Jalan-jalan

Produktif di mana dan kapan saja

Bisnis online mulai menjamur semenjak pengguna internet semakin meningkat. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari memulai bisnis online. Salah satunya yaitu kamu bisa jalan-jalan terus lo. Tentunya jadwalnya kamu sendiri yang atur. Nah, gimana sih caranya supaya kamu bisa jalan-jalan sambil menjalankan bisnis online kamu? Simak terus di sini ya!

1. Kamu tidak terikat tempat

bisnis online

Photo by Element5 Digital on Unsplash

Berbeda dengan pekerja kantoran, kalau kamu memiliki bisnis online pada dasarnya kamu bisa bekerja di mana saja. Selama barang atau jasa yang kamu jual masih bisa dikontrol dari jauh, tidak ada salahnya kamu meluangkan sedikit waktu untuk jalan-jalan.

Apalagi kalau kamu sudah memiliki karyawan yang bisa kamu percaya. Kamu bisa menitipkan bisnis online kamu sementara. Yang paling penting, kamu memiliki koneksi internet yang selalu bisa menghubungkan kamu, karyawan kamu, dan pelanggan.

Kalau kamu perlu tempat yang kondusif untuk mengontrol bisnis kamu, kamu bisa memanfaatkan coworking space atau kafe-kafe yang ada di tempat kamu jalan-jalan.

2. Raih stabilitas

bisnis online

Photo by Aziz Acharki on Unsplash

Sebelum kamu bisa meninggalkan bisnis online kamu, bisnis kamu setidaknya harus sudah stabil. Contohnya, kestabilan di sini kamu sudah harus memiliki supplier tetap jika bisnis online kamu belum memproduksi barang sendiri. Kalau kamu masih mengurus segala sesuatunya sendirian, sebaiknya jangan dulu ditinggal-tinggal ya.

3. Kenali perangkat yang bisa membantu bisnis online kamu

bisnis online

Photo by bruce mars on Unsplash

Teknologi membuat semuanya menjadi mudah. Kamu bisa mengatur pekerjaan kamu dari jauh hanya dengan sentuhan jari. Nah, supaya bisnis online kamu jadi lebih mudah, kamu harus tahu nih aplikasi apa saja yang bisa membantu bisnis online kamu.

Kalau kamu perlu menjadwalkan tugas-tugas tertentu baik itu untuk kamu atau karyawan kamu, aplikasi Trello bisa jadi solusinya. Tampilan aplikasi ini seperti sticky notes yang kamu pasang di dinding kamar. Jadi kamu bisa dengan mudah mengatur penjadwalan sesuai yang kamu inginkan.

Selain Trello, masih ada aplikasi-aplikasi lain yang bisa kamu pakai untuk mempermudah bisnis online kamu. Makanya kamu harus terus update ya.

4. Atur waktu

bisnis online

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Entah itu untuk liburan atau trip bisnis, seorang pelaku bisnis online memiliki waktu bekerja yang berbeda dengan pekerja lainnya. Mungkin kamu tidak perlu bekerja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Mungkin kamu cukup meluangkan 2 atau 3 jam dari waktu kamu untuk berbisnis. Tapi, karena bisnis online biasanya beroperasi setiap hari, kamu harus siap untuk meluangkan waktu kamu bahkan di hari Sabtu dan Minggu. Kecuali kalau kamu memang benar-benar menutup bisnis kamu untuk sementara.

5. Buat jadwal

bisnis online

Photo by Emma Matthews Content Production on Unsplash

Setelah kamu mempunyai ritme bekerja yang pas, kamu perlu mengatur ulang jadwal saat sedang bepergian. Soalnya, kamu pasti akan menemukan hal-hal yang di luar dugaan.

Membuat jadwal membantu kamu untuk tetap fokus menjalankan bisnis kamu di samping masalah-masalah yang akan timbul nantinya.

Trip Bisnis Sambil Liburan Singkat? Siapa Takut!

6. Transparansi

bisnis online

Photo by Nik MacMillan on Unsplash

Salah satu kunci dari jalan-jalan sambil mengatur bisnis online adalah transpari dengan pelanggan. Saat kamu sudah menentukan tanggal untuk jalan-jalan, pastikan bahwa kamu bilang pada pelanggan kamu bahwa kamu sedang berlibur.

Misalnya kamu bisa membagikan informasi ini di akun Instagram bisnis kamu. Bilang bahwa kamu akan pergi berlibur untuk beberapa saat dan kamu akan merespon pelanggan-pelanggan kamu saat sudah kembali.

Hal ini perlu kamu lakukan kalau kamu memang ingin rehat sejenak dari bisnis kamu ya. Kalau kamu tetap menjalankan bisnis kamu sambil jalan-jalan, kamu tidak wajib melakukan hal ini.

7. Tetap bertatap muka

bisnis online

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Jika kamu memiliki klien yang terbiasa bertatap muka dengan kamu, tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan mereka menggunakan video call. Hal ini berguna untuk menjaga hubungan antara kamu dan klien agar mereka tidak merasa resah ketika kamu tinggal pergi.

8. Kenali potensi masalah yang akan muncul

bisnis online

Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Sebelum kamu berangkat jalan-jalan, kamu harus tahu kira-kira kendala apa sih yang akan kamu temukan. Terutama kendala yang berhubungan dengan bisnis online kamu.

Biasanya masalah ini berkaitan dengan koneksi internet dan sinyal. Kalau di tempat tujuan kamu internetnya lemot dan susah, bisa-bisa bisnis online kamu jadi nggak jalan. Nanti pelanggan kamu bisa kabur.

Jadi jangan lupa untuk cari informasi, solusi, dan antisipasi masalah-masalah yang akan datang ya.

9. Terapkan prinsip work-life balance

bisnis online

Photo by Andre Hunter on Unsplash

3 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Menerapkan Work Life Balance

Di dunia modern ini batasan antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan sudah semakin kabur. Maka dari itu sebaiknya kamu harus tegas terhadap diri sendiri.

Dalam jadwal kamu, jangan lupa tulis kapan kamu harus bekerja dan kapan kamu harus beristirahat. Percuma jika kamu pergi jalan-jalan tapi kamu terus memikirkan bisnis kamu. Tidak baik juga kalau selama jalan-jalan kamu menelantarkan bisnis kamu.

10. Cari inspirasi sebanyak mungkin

bisnis online

Photo by Andrew Ly on Unsplash

Jalan-jalan tidak selalu berarti liburan lo. Pastikan bahwa selama kamu jalan-jalan, kamu mempelajari banyak hal. Jadikan jalan-jalan kamu sebagai sumber inspirasi untuk mengembangkan bisnis online kamu lebih jauh lagi.

Inspirasi itu bisa datang dari tempat yang kamu kunjungi atau orang-orang baru yang kamu temui. Pokoknya manfaatkan momen ini baik-baik ya.

11. Jangan lupa istirahat

bisnis online

Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Kalau kamu sudah selesai jalan-jalan jangan lupa istirahat ya. Kamu perlu kembali fokus menjalankan bisnis kamu secara total.

Meskipun bisnis online punya waktu yang fleksibel, kamu tetap perlu mengatur ulang otak kamu. Biasanya suasana liburan masih suka kebawa, ‘kan.

Tempat menginap yang cocok sambil menjalankan bisnis

bisnis online

Nginap Di Bobobox Cipaganti? Inilah 5 Tempat Hangout Terdekat Untuk Dikunjungi!

Wah, jalan-jalan emang seru, ya. Apalagi kalau bisa tetep dapet uang. Bob juga jadi kepikiran nih mau bikin bisnis online.

Kalau kamu juga salah satu pelaku bisnis online dan lagi butuh jalan-jalan, cobain deh mampir ke Bobobox. Di sini, kamu bisa dengan nyaman mengurus bisnis online kamu karena selain cocok untuk menginap, Bobobox juga cocok untuk meningkatkan produktifitas kamu lo. Bisnis lancar hati juga senang.

Kamu mau sekadar menginap? Bisa banget. Kamar-kamar atau pods yang ada di Bobobox memiliki kesan intimate sehingga bisa bikin pikiran kamu tenang. Selain itu, di sini juga ada lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Warnanya macam-macam. Ada hijau, ungu, kuning, dan masih banyak lagi.

Kamu ingin dengerin musik untuk relaksasi? Oh tentu bisa juga. Pods di Bobobox juga dilengkapi pengeras suara yang bisa kamu hubungkan ke telepon genggam kamu. Tapi jangan keras-keras ya. Nanti kamar sebelah bisa keganggu.

Bobobox juga kini ada aplikasinya lo. Jadi kamu nggak perlu susah-susah untuk memesan dan membayar kamar. Cukup unduh aplikasinya dan ikuti instruksinya.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like