Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berusia Lebih Dari Seabad, Ini Dia 5 Binatang Tertua di Dunia!

Ada yang memegang rekor sebagai yang tertua, lho!

Bobobox.co.id — Semua makhluk hidup memiliki ekspektasi masa hidupnya masing-masing termasuk binatang. Namun, dari masa hidup normal, ada beberapa yang bisa dikategorikan sebagai anomali.

Binatang-binatang tersebut bisa bertahan hidup lebih lama dibandingkan masa hidup binatang tersebut pada umumnya. Binatang tersebut akhirnya disebut-sebut sebagai binatang tertua di dunia.

Nah berikut ini merupakan 5 binatang tertua di dunia. Usianya sendiri lebih dari seabad. Bahkan, salah satunya berusia lebih dari 200 tahun dan masih memegang rekor sebagai hewan darat tertua di dunia.

Fred, Kakatua (105 Tahun)

Binatang tertua di dunia pertama adalah Fred si kakatua. Jika biasanya kakatua hanya memiliki masa hidup maksimal selama 60 tahun, berbeda halnya dengan binatang tertua di dunia yang berada di Australia ini.

Pasalnya, kakatua yang menjadi salah satu binatang di Suaka Margasatwa Bonorong berusia 105 pada tahun 2020. Hampir dua kali lipat dibandingkan masa hidup seharusnya dari kakatua.

Selain Fred, kakatua jambul belerang Australia lainnya pun dilaporkan hidup sampai 120 tahun. Bennett, nama dari kakatua tersebut, tinggal di sebuah hotel  hingga akhirnya mati pada tahun 1916.

binatang tertua di dunia fred kakatua
Bonorong Wildlife Sanctuary via thedodo.com

Henry, Tuatara (128 Tahun)

Tuatara merupakan keturunan dari kelompok reptil yang hidupnya berkeliaran bersama dinosaurus. Salah satu jenis tuatara yang masih tersisa adalah Henry yang kini sudah berusia 128 tahun.

Hidup dan didokumentasikan oleh Southland Museum di Selandia Baru, Henry sendiri tinggal bersama anak pertamanya yang hampir berusia kurang lebih 122 tahun atau enam tahun lebih muda dari Henry.

Dengan hidupnya yang bisa berusia lebih dari 100 tahun, evolusi dan kemampuannya bertahan hidup dipercaya bisa mencapai 200 tahun. Tak heran jika binatang tertua di dunia sering dianggap lebih kuat dari T-Rex.

AP Photo/NZPA, Dianne Manson via businessinsider.com

George, Lobster (140 Tahun)

George si lobster merupakan binatang tertua di dunia selanjutnya. Lobster satu ini pertama kali ditangkap oleh seorang nelayan di teluk Newfoundland pada tahun 2008 yang lalu.

Lobster ini akhirnya dijual ke salah satu restoran seafood di New York. Dengan berat yang mencapai 10 kilogram, George pun dijadikan sebagai maskot restoran seafood tersebut.

Namun, hal tersebut tak bertahan lama karena PETA akhirnya membeaskan salah satu binatang tertua di dunia ini ke alam bebas pada awal tahun 2009. Pada saat dilepaskan, ia dipercaya berumur sekitar 140 tahun.

Reuters via telegraph.co.uk

Jonathan, Kura-Kura Darat (188 Tahun)

Kisah dari Jonathan sendiri relatif mirip dengan kisah Adwaita yang nanti akan dibahas. Pasalnya, kedua binatang tertua ini sendiri berasal dari Pulau Seychelles, pulau yang terletak di timur laut Madagaskar.

Binatang satu ini akhirnya ditangkap dan akhirnya dipelihara di Inggris selama puluhan tahun. Sampai sejauh ini, ia memegang rekor dunia sebagai hewan darat tertua yang masih hidup.

Umurnya sendiri sudah mencapai 188 tahun. Hidup di St. Helena, sebuah pulau di Samudera Atlantik Selatan, jika tetap sehat, bukan tak mungkin ia bisa memecahkan rekor sebagai binatang tertua di dunia yang pernah ada.

Teeny Lucy via thedodo.com

Adwaita, Kura Kura Darat (250 Tahun)

Binatang tertua di dunia terakhir adalah Adwaita. Jika Jonathan, kura kura darat sebelumnya berusia 188 tahun, Adwaita ini lebih spektakuler lagi karena bisa bertahan hidup hingga 250 tahunan.

Hidup di Kebun Binatang Alipore, kura-kura ini masih memegang rekor sebagai kura-kura tertua di dunia. Rasanya rekor yang dipegang salah satu binatang tertua di dunia akan sulit terpecahkan.

Pada awalnya, Adwaita ditangkap di Pulau Syechelles pada tahun 1700an. Kemudian, kura-kura ini dihadiahkan oleh jenderal Inggris kepada pemerintah India hingga berthan hidup dan akhirnya mati pada tahun 2006.

Reuters via english.newsnationtv.com

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Jawabannya

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam memesan sebuah penginapan. Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang terdepan dalam menyediakan keduanya.

Penasaran ingin mencoba kenyamanan dan keamanan yang Bob maksud? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan podnya.

bobobox malioboro

You might also like