Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bikin Paspor? Yuk Cari Tahu Dulu Mana yang Sesuai Kebutuhanmu!

Ketahui dulu jenis-jenisnya sebelum bikin paspor ya!

Tahun ini sudah merencanakan ingin jalan-jalan ke luar negeri? Eits, tapi sebelumnya kamu jangan sampai lupa bikin paspor dulu ya.

Paspor ini penting karena berfungsi sebagai dokumen resmi yang berlaku untuk perjalanan antar negara. Saat di luar negeri nanti juga paspor berfungsi sebagai identitas kamu. Nah, sebelum bikin paspor ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis-jenis paspor yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Paspor diplomatik

bikin paspor
blog.airpaz.com

Jika kamu seorang diplomat dan harus melakukan perjalanan internasional, kamu perlu bikin paspor diplomatik. Seperti namanya, paspor ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bagi diplomat yang memiliki tugas di luar negeri.

​Jika kamu memegang paspor diplomatik, ada kemungkinan bahwa kamu bisa bebas visa saat melakukan perjalanan internasional. Akan tetapi, jika negara tujuan kamu tidak memberikan status diplomatik, kamu akan tetapi dikenakan biaya visa.

Bikin paspor diplomatik juga tidak berarti kamu memiliki kekebalan diplomatik. Hak ini pun diberikan oleh negara tujuan kamu supaya kamu bisa aman dari tuntutan atau penangkapan aparat negara.

Untuk membedakan dengan paspor-paspor yang lain, setiap paspor diberi warna yang berbeda-beda. Warna hitam adalah warna yang digunakan untuk paspor diplomatik.

10 Tempat Wisata Terkenal Yang Jauh Dari Ekspetasi

Paspor dinas

bikin paspor
blog.airpaz.com

Paspor dinas hampir sama fungsinya dengan paspor diplomatik. Hanya saja bikin paspor dinas ditujukan untuk tugas atau dinas di luar negeri yang sifatnya tidak diplomatik.

Tidak semua orang bisa bikin paspor dinas. Paspor ini ditujukan hanya utnuk pegawai negeri sipil; militer; anggota MPR, DPR, DPRD, DPA; ketua delegasi pemerintah; istri/suami pejabat yang ditempatkan di luar negeri; dan petugas yang bekerja pada perwakilan RI.

Warga negara Indonesia biasa pun bisa membuat paspor dinas jika dalam rangka tugas resmi pemerintah. Selain itu, paspor dinas juga bisa diberikan pada warga negara Indonesia yang dirasa perlu menurut pertimbangan oleh Pemerintah RI.

Warna yang digunakan untuk paspor dinas adalah biru. Paspor ini pun dilengkapi dengan lambang garuda di sampulnya.

Paspor biasa

Seperti namanya, semua orang bisa bikin paspor ini. Paspor ini bukan paspor khusus seperti dua jenis paspor sebelumnya. Jika kamu hanya ingin pergi liburan, maka paspor inilah yang harus kamu buat. Hijau adalah warna yang digunakan untuk paspor biasa.

Paspor konvensional versus paspor elektronik

Saat kamu bikin paspor, kamu bisa memilih antara paspor konvensional atau paspor elektronik. Paspor konvensional yaitu paspor yang biasa kamu lihat. Data-datanya tertulis di kertas paspor sedangkan paspor elektrnoik menggunakan mini chip yang ditanam di dalam paspor sebagai tempat penyimpanan data biometrik seperti wajah dan sidik jari.

Paspor elektronik dinilai lebih aman dibandingkan dengan paspor konvensional karena mini chip tersebut. Selain itu, paspor elektronik juga lebih ramah lingkungan karena lebih sedikit menggunakan kertas.

Kalau secara tampilan, hampir tidak ada bedanya antara paspor elektronik dan paspor konvensional. Bentuk dan warnanya pun sama saja.

Saat bikin paspor elektronik kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak. Untuk paspor elektronik dengan ketebalan 48 halaman, kamu harus membayar biaya sebesar Rp650.000 sedangkan untuk paspor konvensional hanya Rp350.000

Bikin paspor 24 halaman atau 48 halaman ya?

Saat bikin paspor, kamu juga bisa memilih mau yang 24 atau 48 halaman. Perbedaannya sebenarnya hanya dari jumlah kertas yang digunakan saja. Selebihnya kedua paspor tersebut memiliki fungsi yang sama.

Hanya saja, jika kamu sering bepergian ke luar negeri, dianjurkan untuk bikin paspor 48 halaman karena kamu tidak perlu repot segera mengurus paspor baru jika sudah habis dicap.

Mengenal Destinasi Wisata Di Kabupaten Sinjai

Persyaratan bikin paspor

bikin paspor
Photo by bady qb on Unsplash

Nah, kalau kamu sudah tahu jenis-jenis paspor yang ada, sekarang kamu harus mengetahui syarat apa saja yang diperlukan untuk bikin paspor.

Untuk warga negara Indonesia yang tinggal Indonesia, bikin paspor biasa diajukan ke kantor Imigrasi setempat. Kamu cukup mengisi aplikasi data dan melampirkan dokumen persyaratan yaitu:

  • Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri,
  • Kartu keluarga,
  • Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis,
  • Paspor lama kalau kamu sudah pernah bikin paspor biasa sebelumnya.

Setelah persyaratan dilengkapi, kamu tinggal bikin paspor deh. Sekrang, bikin paspor sudah lebih mudah. Kamu tidak perlu langsung ke kantor imigrasi dan mengantre untuk mengambil nomor antrean. Semua prosesnya dilakukan secara online.

  • Unduh aplik Layanan Paspor Online lalu buat akun
  • Masuk ke akun kamu dengan alamat e-mail dan password yang sudah kamu buat
  • Pilih wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu
  • Isi data permohonan antrean paspor, termasuk tanggal yang diinginkan untuk pembuatan paspor, jam, dan jumlah pemohon
  • Pastikan pengajuan antrean paspor kamu disetujui pihak imigrasi dan masuk kuota harian sesuai tanggal yang dipilih karena kantor imigrasi memiliki kuota yang terbatas setiap harinya
  • Datang ke kantor imigrasi sesuai dengan tanggal dan jam yang kamu ajukan di aplikasi
  • Tunjukkan kode booking atau QR code yang ada pada akun kamu ke petugas admin atau resepsionis di kantor imigrasi
  • Kamu kemudian akan diberikan kertas atau bukti cetak antrean yang berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor

Sudah siap liburan?

Hore, akhirnya bikin paspor sudah selesai! Sekarang, kamu tinggal jalan-jalan deh ke luar negeri. Ingat ya, paspor itu adalah dokumen penting yang harus kamu jaga selama perjalanan. Taruh di tempat yang aman dan jangan sampai hilang.

Akan tetapi, kalau ternyata kamu harus kehilangan paspor selama di luar negeri, kamu juga bisa bikin paspor lho. Cukup hubungi pihak KBRI dan semuanya akan diurus di sana. Selamat liburan ya dan jangan lupa oleh-oleh.

Berburu Lezatnya Kuliner Cindua Langkok Khas Bukittinggi

Menginap di hotel kapsul

bobobox

Liburan nggak harus selalu ke luar negeri. Di Indonesia juga masih banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. Nggak perlu bikin paspor lagi. Kalau soal tempat menginap, cobain deh tidur di hotel kapsul yang satu ini. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi menginap yang nggak biasa. Desainnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih.

Untuk memesan kamar misalnya, kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan pengatur lampu led di kamar kamu lho.

Kalau soal kenyaman nggak perlu ditanyakan lagi. Buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul. Di Bobobox, kasur yang digunakan berukuran king size sehingga memberikan kesan luas dan lega.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.