Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Jenis Biji-bijian yang Baik untuk Kesehatanmu

Banyak, lho, jenis biji-bijian yang baik untuk kesehatanmu. Cek, yuk!

Banyak sekali sumber makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah biji-bijian. Biji merupakan salah satu bagian penting dari tanaman, yaitu perkembangan lanjut dari bakal biji yang telah dibuahi dan memiliki fungsi sebagai alat reproduksi pada tumbuhan.

Banyak jenis biji-bijian yang bisa kamu manfaatkan dan konsumsi dengan berbagai cara, seperti diekstrak, dibuat jus, ataupun dimakan mentah. Namun, kamu tetap tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi biji-bijan, karena jika dimasak terlalu panas, maka kandungan gizi di dalam biji-bijian tersebut akan hilang.

Berikut ini adalah 5 jenis biji-bijian yang sangat baik untuk kesehatanmu, yang sudah Bob rangkum khusus untuk kamu. Check these out! ūüėČ

1. Biji Labu

biji-bijian yang baik untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Jenis biji-bijian pertama yang sangat baik untuk kesehatanmu adalah Biji Labu. Tidak hanya buahnya, Biji Labu juga memiliki segudang manfaat seperti membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, hingga menurunkan kolesterol dalam darah.

Jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan zat besi ini juga mampu menghasilkan energi yang baik bagi tubuh. Selain itu, karena merupakan satu-satunya jenis biji-bijian yang bersifat basa di dunia, Biji Labu sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet.

Kandungan gizi yang terdapat dalam jenis biji-bijian satu ini juga cukup banyak, lho. Dalam 100 gram Biji Labu terdapat kandungan protein yang sangat tinggi, yakni dapat memenuhi kebutuhan protein harianmu sebesar 54%.

Tidak hanya tinggi kandungan protein, Biji Labu juga merupakan sumber vitamin B dan B kompleks yang terbaik. Biji Labu juga merupakan sumber magnesium, zinc, folat, asam pantotenat, niasin, riboflavin, asam amino, dan thiamin yang baik.

Manfaat lain dari Biji Labu yaitu bisa meredakan nyeri sendi dan bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Maka dari itu, cobalah untuk mulai menambahkan Biji Labu ke dalam salad atau makananmu.

2. Biji Chia

biji-bijian yang baik untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Jenis biji-bijian satu ini berasal dari tanaman Salvia Hispanica L, yaitu salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur di Meksiko dan berbagai daaerah di Amerika Selatan. Jenis biji-bijian yang mengandung banyak nutrisi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam Biji Chia antara lain adalah vitamin, mineral, serat, protein, anti-oksidan, serta asam lemak omega 3. Selain itu, Biji Chia juga kaya akan kalsium yang sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika kamu mengonsumsi dua cangkir Biji Chia, itu sama dengan kamu mengonsumsi sepotong keju cheddar, lho.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu rutin mengonsumsi Biji Chia, karena jenis biji-bijian satu ini mampu membantu meringankan nyeri sendi, mencegah penyakit jantung dan diabetes, hingga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Biji Hemp

biji-bijian yang baik untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Jenis biji-bijian satu ini ternyata masih satu kerabat dengan tanaman ganja. Bedanya, Biji Hemp tidak memabukkan. Meski begitu, sangat disayangkan bahwa faktanya saat ini Biji Hemp belum boleh diperjualbelikan di Indonesia, karena terbentur aturan Undang-Undang mengenai narkotika.

Meski terdapat pro dan kontra mengenai konsumsi Biji Hemp, tetapi ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi jenis biji-bijian satu ini. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi Biji Hemp adalah bahwa jenis biji-bijian satu ini mampu membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

Selain itu, Biji Hemp ini juga mengandung 20 jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuk diantaranya 9 asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Asam amino ini sangat baik untuk pembentukkan massa tubuh.

Karena kandungannya yang kaya akan nutrisi, Biji Hemp juga biasa digunakan oleh dunia medis sebagai obat untuk mengobati kekurangan gizi yang disebabkan oleh penyakit TBC, ataupun penyakit kronis lainnya.

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, Biji Hemp juga bisa, lho, dijadikan suplemen yang dapat menekan keinginan kita untuk ngemil dan lapar terus, karena jenis biji-bijian satu ini bisa membantu membuat kita kenyang lebih lama.

4. Biji Flax

biji-bijian yang baik untuk kesehatan

(Photo by: pinterest.com)

Jenis biji-bijian satu ini dikenal akan seratnya yang tinggi serta kandungan asam lemak esensialnya, yang berguna untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, Biji Flax juga bermanfaat untuk menekan nafsu makanmu, lho. Maka dari itu, jenis biji-bijian satu ini sangat baik untuk kamu yang sedang diet.

Biji Flax juga mengandung asam lemak esensial ALA yang berperan sebagai pencegah peradangan atau inflamasi. Selain mempunyai zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, di dalam jenis biji-bijian satu ini juga terkandung senyawa yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dan pemicu kanker.

Nutrisi lainnya yang terkandung dalam Biji Flax adalah zat phytoestrogen, yaitu senyawa tanaman yang memiliki efek seperti estrogen. Zat yang terkandung dalam Biji Flax juga mampu membantu menstabilkan kadar hormon, mengurangi risiko kanker payudara dan prostat, serta mengurangi gejala PMS dan menopause.

Sebaiknya, mulailah untuk mengonsumsi Biji Flax sebanyak 1 hingga 2 sendok teh setiap harinya untuk membantu menjaga kesehatanmu. Kamu bisa menambahkan Biji Flax ini ke dalam salad atau rotimu.

5. Biji Cumin

biji-bijian yang baik untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Jenis biji-bijian terakhir yang sangat baik untuk kesehatanmu adalah Biji Cumin atau yang dikenal dengan biji jintan. Jenis biji-bijian satu ini sudah digunakan oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu sebagai penambah rasa pada masakan dan sebagai ramuan untuk memelihara kesehatan tubuh.

Biji Cumin mengandung beberapa nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, seperti kandungan zat besi yang mampu memacu kinerja sel dalam darah. Tak hanya itu, jenis biji-bijian satu ini juga merupakan sumber karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, folat, kalsium, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, jangan ragu untuk mulai rutin mengonsumsi Biji Cumin, karena jenis biji-bijian satu ini juga mampu membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan Biji Cumin mengandung serat yang tinggi untuk menunjang kinerja usus dan pencernaanmu.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rutin mengonsumsi jenis biji-bijian yang baik untuk kesehatan tubuh, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, loh. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di sini. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like