Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona

Ternyata, fakta seputar bersih-bersih lebih dari yang kamu kira

Penerapan pembatasan fisik atau physical distancing akibat dari pandemi virus corona menimbulkan berbagai persoalan baru bagi sebagian masyarakat. Salah satunya adalah rasa takut dan cemas akibat maraknya pemberitaan di berbagai media terkait penyebaran dan dampak dari virus yang juga disebut Covid-19 tersebut.

Bahkan, rasa takut dan khawatir yang berlebihan bisa berubah menjadi gejala psikosomatis karena reaksi tubuh yang siaga sepanjang waktu. Dilansir dari cuitan seorang dokter ahli kejiwaan di Twitter, dr. Andri Sp.KJ., FACLP, gejala psikosomatis dan sakit yang dirasakan fisik dapat timbul akibat kecemasan terhadap paparan berita mengenai Covid-19 secara terus menerus.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Namun jangan khawatir, walaupun kamu di rumah saja, tapi kamu masih bisa kok melakukan banyak kegiatan agar bisa terhindar dari  kejenuhan atau bahkan gejala psikosomatis akibat Covid-19. Salah satunya adalah dengan bersih-bersih.

Sekilas mungkin terdengar sangat sederhana, namun ternyata bersih-bersih bisa meredakan kecemasan akibat Covid-19, lo. Simak fakta seputar bersih-bersih dari Bob berikut ini, ya.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Bersih-bersih mampu menguatkan pikiran dan perasaan

Virus corona yang menyebar dengan cepat membuat setiap orang merasa tidak aman dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas yang dilakukan di dalam rumah sekalipun.

Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa aman dalam diri salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan, baik kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan sekitar. Karena, menjaga kebersihan adalah salah satu upaya dalam menangkal dan menghentikan penyebaran Covid-19.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Menurut Jaime Zuckerman, seorang psikolog klinis dari Philadelphia, manusia selalu menginginkan kehidupan yang pasti dan terarah, terutama ketika dalam masa ketidakpastian.

Di kondisi pandemi Covid-19 ini, masa ketidakpastian terhadap kapan pandemi ini berakhir menyebabkan banyak orang merasa tak aman dan tak berdaya terhadap keadaan. Dan setiap orang memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang membuat ia merasa aman dan nyaman, apalagi ketika beraktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, kegiatan bersih-bersih bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi perasaan tak berdaya tersebut. Dengan bersih-bersih, kamu bisa merasa aman karena kamu yakin bahwa kamu telah menjaga badan dan lingkungan kamu tetap bersih.

Dengan kata lain, kegiatan bersih-bersih ini mampu membantu menguatkan pikiran dan perasaan kamu sehingga kamu yakin bahwa kamu aman dan bisa terhindar dari infeksi virus corona.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unspash.com

Bersih-bersih dapat membantu mengurangi kecemasan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam kegiatan bersih-bersih, seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci piring, membersihkan debu di lemari pajangan, atau menyikat lantai kamar mandi.

Mungkin dalam kegiatan di atas, ada kegiatan yang sangat kamu sukai. Misalnya, kamu suka mencuci piring karena kamu bisa menikmati aliran air mengalir di tanganmu. Ternyata, tanpa kamu sadari, kegiatan tersebut bisa meredakan kecemasan akan pandemi virus corona ini, lo.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Ini dibuktikan oleh salah satu penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul “Mindfulness” yang diterbitkan di Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, terungkap bahwa kegiatan bersih-bersih, salah satunya mencuci piring, dapat memberikan perasaan rileks pada sebagian orang.

Tidak menutup kemungkinan, ada juga orang lain di luar sana yang menyukai menyapu atau mengepel lantai karena alasan tertentu. Perasaan rileks ini tentu dapat mengatasi kecemasan akibat paparan berita tentang Covid-19 terus menerus.

Alicia H. Clark, seorang psikologis klinis dan penulis buku “Hack Your Anxiety: How to Make Anxiety Work for You, in Life, Love, and All That You Do”, mengatakan bahwa membersihkan dan merapikan rumah dapat membantu mengurangi kecemasan, meskipun hanya dilakukan 10 menit sehari.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Sehat dan bahagia dengan melakukan kegiatan bersih-bersih

Kebanyakan, aktivitas bersih-bersih merupakan aktivitas yang memerlukan gerakan pengulangan. Lantai kamar mandi tidak akan langsung bersih hanya dengan sekali sikat, begitupun jendela rumah yang tidak bisa seketika bersih hanya dengan sekali lap. Perlu dilakukan pengulangan agar lantai kamar mandi bisa bersih.

Gerakan yang dilakukan berulang-ulang tersebut bisa tergolong ke dalam melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak tenaga. Terdengar seperti sedang berolahraga, bukan?

foro: unsplash.com

Pada dasarnya kegiatan bersih-bersih yang menyebabkan keluarnya keringat bisa dikategorikan dalam olahraga ringan. Badan yang bergerak dan mengeluarkan keringat ketika bersih-bersih tentu juga membakar kalori yang ada dalam tubuh.

dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO., dokter spesialis kedokteran olahraga di Jakarta, mengatakan bahwa menyikat kamar mandi selama 30 menit bisa membakar sekitar 100–150 kkal pada orang dengan berat badan 65-70 kg.

Selain menyehatkan, bersih-bersih yang dilakukan dengan benar juga akan membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan merasa bahagia. Bahkan, dengan melakukan bersih-bersih selama 30 menit, perasaan bahagia bisa bertahan hingga 12 jam.

Hal ini tentu saja akan membuat rasa cemas pergi jauh-jauh darimu.

5 Alasan Bersih-Bersih Mampu Meredakan Kecemasan Akibat Virus Corona
foto: unsplash.com

Tingkatkan rasa optimis dan percaya diri dengan bersih-bersih

Kecemasan bisa terjadi karena merasa tidak aman atau tidak percaya diri terhadap sesuatu. Alihkan perasaan tersebut dengan melakukan kegiatan bersih-bersih yang jarang atau belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Mungkin ada sudut rumah yang belum pernah dibersihkan karena tertutup lemari, atau banyak barang yang tergeletak begitu saja di gudang dan belum sempat dibereskan karena terkendala kesibukan selama ini.

Kamu bisa mencoba untuk memindahkan lemari dari tempatnya semula, menata rapi barang yang tak terpakai di gudang, dan bahkan merombak seisi kamarmu untuk mendapatkan suasana baru.

Hal ini bisa memicu perasaan bangga dan senang karena kamu telah menyelesaikan hal tersebut. Perasaan itu juga bisa muncul karena tanpa kamu sadari kamu telah berhasil menaklukan tantangan terhadap hal yang belum pernah kamu lakukan.

foto: unsplash.com

Kepercayaan diri juga akan memunculkan optimisme dan pikiran positif. Dengan begitu, rasa cemas pasti akan hilang karena tergantikan oleh perasaan positif tersebut.

Selain itu, mengendalikan kecemasan dapat membantumu untuk bisa menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat.

Melekatkan rasa kekeluargaan dengan bersih-bersih

Ada kalanya kegiatan bersih-bersih tidak bisa dilakukan hanya seorang diri. Memindahkan lemari baju yang besar atau membawa barang-barang dari lantai bawah ke lantai atas mungkin membutuhkan bantuan dari seluruh anggota keluarga.

 

Momen ini bisa sangat berguna untuk melekatkan rasa kekeluargaan dan menimbulkan kehangatan antar anggota keluarga.

foto: unsplash.com

Dengan mengobrol saat sedang merapikan ruang keluarga bersama dan diselingi dengan candaan-candaan khas keluarga, misalnya, dapat memunculkan perasaan senang dan bahagia karena telah melakukan semuanya bersama-sama dengan kompak.

Kegiatan ini jelas dapat membantu menghilangkan rasa cemas yang mungkin tidak hanya dihadapi olehmu, namun juga anggota keluargamu yang lain.

Tapi, setelah bersih-bersih kamu masih merasa cemas? Coba menginap di Bobobox dan dapatkan pengalaman menyenangkan di dalam pod bergaya futuristik. Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi terkini seputar Bobobox atau untuk memesan kamar.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.