Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bermain ke Taman Satwa Taru Jurug di Solo

Bermain ke taman Solo yang kekinian

Kalau kamu sedang bingung mau liburan ke mana dengan anak-anak kamu, yuk coba bermain ke taman Solo!

Taman yang Bob maksud adalah sebuah taman satwa kekinian yang cukup populer di kalangan masyarakat Solo.

Taman ini bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo atau juga dikenal dengan nama Jurug Solo Zoo.

Lokasinya berada di samping kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), tepatnya di Jalan Ir. Sutami No. 40, Kentingan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Taman satwa yang satu ini memiliki banyak satwa yang wajib kamu lihat dan wahana bermain yang mengasyikkan sehingga agenda bermain ke taman Solo ini bisa menjadi momen liburan yang sangat seru.

Nah sebelum kamu memutuskan kapan kamu akan bermain ke taman Solo ini, yuk simak dulu informasi dari Bob!

Flora dan Fauna di Taman Satwa Taru Jurug

@jurugsolozoo

Taman Satwa Taru Jurug adalah sebuah kebun binatang yang dibangun pada tahun 1878. Kalau kamu bermain ke taman Solo ini, kamu akan menjumpai berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Satwa-satwa yang berada di taman ini termasuk dari keluarga unggas, karnivora, serta herbivora.

Dari keluarga unggas, kamu dapat menjumpai burung merak, burung beo, kakaktua, elang (elang Jawa, elang bondol, dan elang brontok), dan lain-lain.

Sementara itu, satwa berjenis karnivora yang dapat kamu jumpai adalah harimau Sumatera, buaya, komodo, macan tutul, dan sebagainya.

Lalu, dari jenis herbivora ada jerapah, kuda nil, kuda, unta, kambing, gajah, rusa, kera, kanguru, dan lain-lain.

Sebagai informasi, gajah di taman satwa ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan gajah-gajah yang mungkin sering kamu lihat.

@jurugsolozoo

Dilansir dari laman resmi Taman Satwa Taru Jurug, ada 67 jenis satwa serta 331 ekor satwa yang menghuni taman ini.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, pihak pengelola pun berusaha untuk terus menambah koleksi satwa di taman ini.

Di tahun 2019 sendiri, ada beberapa satwa baru yang didatangkan ke taman ini, yaitu satu ekor burung unta jantan, dua pasang kijang, dua ekor rusa sambar, dan satu pasang kerbau bule.

Selain satwa, taman ini juga memiliki koleksi flora yang meliputi pohon cemara, pinus, munggur, akasia, dan lain-lain.

@jurugsolozoo

Berkeliling Menikmati Ragam Satwa dan Tumbuhan

Taman Satwa Taru Jurug didesain dengan konsep wisata alam. Dengan begitu, saat kamu bermain ke taman Solo ini, kamu bisa berjalan-jalan dalam area taman dengan dikelilingi pepohonan rindang dan besar yang menyejukkan dan tampak asri.

Sambil berjalan-jalan, kamu pun bisa mengunjungi kandang-kandang para hewan yang letaknya berjauhan.

Misal, jarak dari taman burung ke tempat-tempat untuk hewan herbivora dan karnivora adalah sekitar satu kilometer.

Maka dari itu, buat kamu yang tidak kuat berjalan cukup jauh, kamu bisa menggunakan wahana kereta pulang pergi dengan mengeluarkan biaya tambahan.

@jurugsolozoo

Agar kamu tahu lebih banyak tentang satwa-satwa tersebut, pihak taman satwa telah menyediakan informasi lengkap di setiap kandang kebun binatang.

Informasi ini diletakkan di sisi luar dan meliputi nama satwa, nama latin satwa, asal daerah, dan keterangan penting lainnya.

Selain berjalan-jalan santai, kamu pun diperbolehkan untuk memberi makan sejumlah satwa, yaitu domba batur, kambing Ceko, kelinci, dan rusa kuku belah (rusa Timor, rusa sambar, rusa tutul black bug, nilgai, sitatunga dan lain-lain).

Nah, kalau kamu sudah lelah menjelajahi taman satwa ini, kamu bisa duduk-duduk santai di beberapa tempat duduk yang sudah tersedia.

Wahana dan Hiburan di Taman Satwa

@jurugsolozoo

Selain menjumpai berbagai satwa, kamu pun bisa menikmati wahana-wahana bermain yang ditawarkan oleh Taman Satwa Taru Jurug.

Beberapa di antaranya adalah gajah tunggang, onta tunggang, kuda tunggang, bunny park, pakan satwa, istana balon, kereta listrik, kereta wisata, kereta kelinci, ATV, dan sepeda air.

Perlu diingat, wahana tunggang hanya berlaku untuk hari Minggu dan tanggal merah. Jadi, kalau kamu datang di hari biasa, kamu tidak bisa menaiki hewan-hewan tersebut.

@jurugsolozoo

Selain wahana-wahana di atas, taman satwa ini juga membuka beberapa wahana baru seperti kolam keceh, wisata tangkap air, dan mantul car.

Kolam keceh ini adalah kolam renang yang dilengkapi dengan papan seluncur yang tentunya sangat menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.

@jurugsolozoo

Selain wahana-wahana yang Bob sebut di atas, Taman Satwa Taru Jurug juga menyediakan spot swafoto yang menarik.

Salah satu spot foto yang ada di taman ini adalah sebuah jalan yang dihiasi dengan payung warna-warni di atasnya.

Jangan lupa untuk berfoto di situ!

@jurugsolozoo

Tiket Masuk

Bagi kamu yang mau bermain ke taman Solo, harga tiketnya cukup terjangkau, begitu pula biaya parkirnya. Kamu bisa mengunjungi taman satwa ini dimulai dari jam 07.30 sampai 17.00.

Untuk tiket masuknya sendiri, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000 di hari biasa dan Rp25.000 untuk hari libur. Pengunjung dengan tinggi di atas 80 cm akan dikenakan biaya penuh.

Jika kamu datang beromobongan, minimal berjumlah 25 orang, kamu bisa mendapatkan diskon atau potongan harga lho.

Kamu akan mendapatkan diskon sebesar 10 persen jika kamu adalah pengunjung dengan kategori umum.

Selain itu, ada pula diskon untuk pelajar, anak PAUD/TK, dan keagamaan yang masing-masing memperoleh diskon sebesar 20% untuk pelajar, 20% untuk PAUD/TK, dan 30% untuk keagamaan.

Menariknya, kamu juga akan diberikan beberapa voucher potongan harga yang bisa kamu tukar dengan makanan atau minuman di area taman.

Selain tiket masuk ke area taman, kamu juga akan dikenakan biaya tambahan untuk menikmati wahana-wahana di area taman tersebut.

Untuk wahana kolam keceh, gajah tunggang, onta tunggang, dan ATV, kamu akan dikenakan biaya seharga Rp15.000.

Sementara itu, untuk permainan kuda tunggang, bunny park, istana balon, kereta listrik, dan mantul car kamu cukup membayar tiket seharga Rp10.000.

Selanjutnya, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp30.000 untuk menikmati wahana sepeda air, dan Rp5.000 saja untuk pakan satwa dan kereta wisata.

Selain harga-harga di atas, pihak taman satwa juga menawarkan beberapa paket edukasi untuk anak-anak dengan jumlah minimal 25 orang.

Biaya yang harus kamu bayar adalah sekitar Rp40.000 sampai Rp60.000, tergantung pada paket yang kamu pilih.

Semua paket tersebut sudah termasuk tiket masuk, pemandu wisata, ID card, snack, feeding time (memberi makan hewan), naik kereta, dan suvenir.

Yang membedakannya adalah tema paket yang kamu ambil, jika kamu mengambil paket kelinci, maka anak-anak bisa menikmati wahana kereta kelinci dan ini sudah termasuk dalam harga.

@jurugsolozoo

Fasilitas

Taman Satwa Taru Jurug ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti musala, tempat parkir, toilet, kursi roda untuk difabel, dan loker penitipan barang.

Ada juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

Kalau kamu sedang mencari tempat menginap kekinian dengan harga terjangkau, datang saja ke Bobobox!

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Kamu cukup mengunduh aplikasinya lalu tinggal pesan lewat aplikasi tersebut.

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan QR code pada aplikasi Bobobox kamu. nantinya, kode tersebut dapat kamu gunakan untuk mengakses pod kamu.

Sangat mudah bukan? Yuk, tunggu apa lagi, tentukan tanggalnya dan langsung pesan di Bobobox!

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.