Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berlibur dengan Si Kecil? Inilah 5 Tempat Wisata di Jakarta Selatan untuk Keluarga!

Wisata di Jakarta

Liburan adalah momen yang tepat untuk sejenak mengecap kebebasan dari tanggung jawab pekerjaan, sekaligus menikmati waktu berkualitas bersama pasangan dan si kecil. Momen ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari hal-hal baru dan menyegarkan kembali pikiran. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan?

Nah, untuk menikmati liburan berkualitas bersama keluarga, kamu tidak perlu repot-repot mencari pantai terpencil atau pergi ke luar negeri. Jakarta Selatan pun punya beberapa pilihan tempat wisata yang tidak hanya menghibur, tetapi juga edukatif bagi si kecil. Takut terjebak macet? Jangan khawatir! Ada beragam moda transportasi di Jakarta yang bisa kamu gunakan, termasuk MRT yang akan membawamu dan keluarga ke beragam tempat wisata di Jakarta,

Jika kamu berencana berlibur dengan keluarga, Bob punya beberapa opsi tempat wisata di Jakarta Selatan yang layak disambangi. Selain memanjakan si kecil, atraksi-atrkasi wisata ini juga akan memberikan pengalaman yang berkesan untukmu dan pasangan! Let’s check these out!

1. Kidzania Jakarta

Pacific Place Lt. 6, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Senayan, Jakarta Selatan

Sumber foto: jktgo.com

Menempati area seluas 7.500 meter persegi di lantai 6 Pacific Place, Kidzania Jakarta adalah surga bagi si kecil. Di replika kota ini, ada lebih dari 100 profesi orang dewasa yang bisa anak-anak coba, mulai dari pilot, polisi, hingga koki. Si kecil bisa merealisasikan mimpinya menjadi seorang dokter, ilmuwan, atau wartawan. Semua fasilitas yang tersedia di replika kota ini seperti salon, toko swalayan, dan rumah sakit dibangun dalam skala anak-anak. Wah, menarik, bukan?

Tak sekadar bermain peran, di KidZania Jakarta anak-anak pun akan dipandu oleh staf-staf yang ramah saat mencoba “bidang karier” pilihannya. Di Baking Center, misalnya, si kecil bisa belajar membuat kue (dan, tentunya, menikmatinya). Setelah selesai mengerjakan tugas, anak-anak bisa mendapatkan KidZos, mata uang yang berlaku di KidZania. Uang yang didapatkan bisa dibelanjakan atau ditabungkan di bank. Selain menghibur, aktivitas-aktivitas yang ditawarkan tentunya juga mendidik.

Seluruh kegiatan di KidZania bersifat inklusif. Ini artinya anak-anak dengan kemampuan berbeda atau keterbatasan tertentu bisa tetap menikmati aktivitas. Fasilitas aksesibilitas seperti kursi roda dan lift juga tersedia. Nah, sambil menunggu si kecil bermain, kamu dan pasangan bisa bersantai di area duduk yang tersebar di kawasan KidZania Jakarta.

2. Museum Layang-Layang

Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan

Sumber foto: review.bukalapak.com

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini mungkin tidak sepopuler atraksi-atraksi lainnya di Jakarta Selatan, tetapi mampu menyuguhkan momen nostalgia untukmu dan pasangan. Bertempat di Jl. H. Kamang No. 38, Museum Layang-Layang menghidupkan kembali masa kecilmu dengan menghadirkan lebih dari 600 koleksi layang-layang dengan beraneka bentuk, warna, dan ukuran. Keren, bukan?

Didirikan pada tanggal 21 Maret 2003, Museum Layang-Layang menyimpan koleksi layang-layang, tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara. Objek wisata di Jakarta ini juga meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI atas pembuatan layang-layang berbentuk wajik terbesar di tahun 2011. Museum Layang-Layang memiliki koleksi layang-layang unik dari Kalimantan Selatan yang harus diterbangkan berpasangan dan dilengkapi seruling kecil untuk menghasilkan alunan suara yang merdu. Unik, ‘kan?

Jika kamu menyukai fotografi, bangunan utama museum yang bergaya tradisional Jawa dan koleksi layang-layang warna-warni yang digantung dapat menjadi objek yang cukup Instagrammable. Oh, ya! Di museum ini, si kecil juga bisa berkreasi dengan mencoba membuat dan melukis layang-layang, lho! Wah, Bob jadi ingin coba membuat layang-layang juga, nih!

3. Museum Satria Mandala

Jl. Jend. Gatot Subroto No. 14, Mampang, Jakarta Selatan

Sumber foto: bradenta @ Tripadvisor

Dikelilingi gedung-gedung pencakar langit, Museum Satria Mandala berdiri di atas lahan seluas 5,6 hektare dan menyimpan beragam senjata, artefak, dan kendaraan perang yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia. Bangunan utama museum sebelumnya merupakan kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno, istri dari Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno.

Di dalam museum militer ini, kamu bisa melihat berbagai senjata yang digunakan saat perang, mulai dari peralatan tradisional hingga modern seperti peluru kendali dan ranjau. Atraksi wisata di Jakarta ini juga memiliki koleksi kendaraan tempur seperti pesawat terbang, tank, helikopter. dan bahkan kapal laut. Di bagian depan museum, kamu akan disambut oleh MiG-21, pesawat supersonik tempur yang tampak gagah milik Angkatan Udara Republik Indonesia.

Terdapat lebih dari 70 diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia pada era prakemerdekaan, detik-detik menuju proklamasi kemerdekaan, dan revolusi nasional. Di Aula Pahlawan, kamu bisa mengenalkan para pahlawan Indonesia kepada si kecil untuk menanamkan rasa cinta dan kebanggaannya terhadap Tanah Air. Sebagai fasilitas pendukung, Museum Satria Mandala dilengkapi toko suvenir, kafetaria, taman bacaan anak, dan aula serbaguna yang dapat menampung sekitar 600 pengunjung.

4. Pondok Indah Waterpark

Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Sumber foto: Pondok Indah Waterpark Official Website

Jakarta memang terkenal dengan suhunya yang panas, tetapi jangan sampai hal tersebut menyurutkan niatmu untuk berlibur. Di Pondok Indah Waterpark, kamu bisa melawan cuaca panas sambil bersenang-senang bersama pasangan dan si kecil. Berada di Kawasan Pondok Indah Mal, atraksi wisata di Jakarta ini dibuka pada tahun 2014 dan menjadi salah satu destinasi hiburan keluarga yang terkenal di selatan Jakarta.

Ada 7 wahana air yang tersebar di lahan seluas 1,2 hektare. Bagi kamu penyuka tantangan, jajal adrenalinmu di Flow Rider, wahana selancar pertama di Indonesia. Dengan staf terlatih, kamu bisa berselancar tanpa harus jauh-jauh pergi ke pantai! Kamu juga bisa mencoba Olympic Pool sepanjang 50 meter untuk melatih kemampuan berenangmu.

Jangan lewatkan Tube Slide, wahana luncuran sepanjang 100 meter yang akan membawamu turun melewati jalur berkelok. Kamu dan keluarga juga bisa menikmati buaian ombak di Wave Pool. Biarkan si kecil bersenang-senang di Aqua Play Pool yang dilengkapi seluncur dan ember raksasa yang akan menumpahkan air. Jika ingin bersantai, naiklah ke pelampung dan biarkan arus air membawamu mengelilingi Lazy River. Wah, cocok nih untuk Bob yang senang bersantai sambil tiduran!

5. Setu Babakan

Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Sumber foto: era.id

Berlokasi di kawasan Srengseng Sawah, Setu Babakan adalah sebuah desa wisata yang akan mengajakmu dan keluarga melihat sisi lain dari Jakarta. Berdiri di lahan seluas 289 hektare, desa ini dibagi menjadi lima zona yang menampilkan kecantikan budaya Betawi, serta memiliki dua danau, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Di Zona A, kamu bisa berkunjung ke Museum Betawi, bangunan museum setinggi 3 lantai yang menyimpan koleksi barang-barang khas Betawi. Kamu juga bisa mengunjungi amfiteater dan rumah-rumah tradisional khas Betawi. Sebagai tontonan, jangan lewatkan pertunjukan seni budaya seperti Tari Topeng, Tari Cokek, dan Tanjidor yang diadakan di panggung terbuka. Kamu dan si kecil bisa mempelajari budaya Betawi sambil menikmati hiburan.

Danau atau setu Babakan juga menjadi pusat permainan yang sayang untuk dilewatkan. Di sini, kamu dan keluarga bisa mengelilingi danau menggunakan perahu naga dan perahu kayuh atau “bebek-bebekan”. Kunjunganmu ke Setu Babakan belum lengkap tanpa menikmati beragam kuliner khas Betawi. Sambil bersantai di pinggir danau, kamu dan keluarga bisa menyantap sajian dengan sensasi goyang lidah seperti Soto Betawi, Kerak Telor, dan Tauge Goreng. Jangan lewatkan kesegaran Bir Pletok, minuman nonalkohol tradisional yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Duh! Bob jadi lapar nih!

Kesimpulan

Itulah 5 tempat wisata di Jakarta Selatan yang ramah untuk keluarga. Selain menghibur, atraksi-atraksi wisata di Jakarta ini juga dapat mendidik si kecil dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga. Namun, sebelum berlibur pastikan kamu sudah melakukan persiapan yang matang, termasuk akomodasi. Nah! Bingung memilih hotel yang terjangkau dengan fasilitas yang mumpuni? Bobobox bisa menjadi pilihan yang pas!

Dengan konsep hotel kapsul futuristik, Bobobox menawarkan pengalaman beristirahat yang nyaman dan mengasyikkan! Tempat tidur yang luas dan fasilitas en-suite mutakhir akan membuatmu betah! Pemesanan bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi Bobobox yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Selain itu, Bobobox juga memberikan beragam promo menarik yang sayang untuk kamu lewatkan!

You might also like
Comments
Loading...