Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berkunjung Wisata ke Tanah Lot yang Sangat Indah dan Benuansa Alam

Dimana sih tempat favoritmu mengisi waktu liburan bersama keluarga? Bali! Ya, tempat yang satu ini memang destinasi favorit bagi seluruh warga Indonesia hingga luar negeri. Selain di gunakan sebagai destinasi wisata alam, Bali juga di gunakan sebagai destinasi wisata religi oleh masyarakat. Pasalnya memang banyak sekali tempat ibadah yang ada di Bali ini.

Salah satunya adalah tanah lot. Tanah lot memang di kenal sebagai pura terbaik yang ada di Bali. Tentunya tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain disana. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi dan ulasan bagi Anda yang berkunjung wisata ke Tanah Lot Bali.

Sejarah Tanah Lot

Sebelum berkunjung wisata ke Tanah Lot Bali, tentunya Anda juga harus mengetahui sejarah berdirinya tanah lot terlebih dahulu. Seperti halnya Candi Borobudur yang ada di Yogyakarta, Tanah Lot Bali juga menyimpan sejarah tentang latar belakang pembangunan sebuah pura yang bisa menjadikannya terkenal hingga saat ini.

tanah lot 3

Pada tahun 1489 Masehi, ada seorang pendeta suci bernama Dan Hyang Nirartha yang sedang melakukan perjalanan dari pulau Jawa menuju pulau Bali untuk menyebarkan ajaran agama Hindhu. Dalam misinya tersebut, beliau menyempatkan diri untuk singgah sebentar ke sebuah pulau yang disebut dengan Gili Beo yang terkenal dengan pulaunya mirip dengan burung beo.

Pada masa singgah di Pulau Gili Beo, pendeta tersebut sempat di tuduh sebagai pengganggu desa karea dianggap tidak sealiran dengan agama yang di anut oleh masyarakat setempat. Akibat dari serangan jahat yang di lakukan oleh salah satu penduduk pulau yang di tempati pendeta, Dan Hyang akhirnya memindahkan Gili Beo ke tengah lautan dengan menggunakan tenaga supranaturalnya.

Begitulah sejarah tanah lot tercipta dan di kenang hingga saat ini. Nama pulau Gili Beo hingga saat ini di ubah menjadi Tanah Lot yang mana memiliki makna tanah di laut. Musuh dari Dan Hyang pada akhirnya menjadi pengikut agama yang di ajarkannya dan di beri kepercayaan sebagai pemegang keris yang bernama Jaremenara. Sejak saat itu pura di bangun di tanah lot dan menjadi tempat peribadahan umat Hindhu setempat. Bagaimana, berkunjung wisata ke Tanah Lot sangat mengasyikan bukan?

Bermacam-macam Pura yang Ada di Tanah Lot

Sebenarnya tidak hanya ada satu pura saja yang bisa Anda kunjungi di Tanah Lot. Ketika Anda sedang berkunjung wisata ke Tanah Lot, Ada beberapa pura lain yang tak kalah indah dan harus Anda ketahui nama-namanya. Berikut adalah penjelasan macam-macam pura yang ada di Tanah Lot.

  1. Pura Utama/Pura Luhur

Obyek wisata pura pertama yang sangat terkenal dan biasa di kunjungi oleh wisatawan adalah Pura Utama atau Pura Luhur. Lokasinya berada di kecamatan tabanan, tepat berada di batu karang yang sedikit menjorok ke tengah laut. Untuk bisa sampai ke pura, Anda harus melewati jalan bebatuan sepanjang 20 meter dan harus basah-basahan karena memang dekat dengan air laut.

Di dalam pura ini, para wisatawan memuja Dewa Segara yang di jadikan sebagai sesembahan umat hindhu. Namun seiring berjalannya waktu, pura utama saat ini juga di jadikan sebagai lokasi upacara galungan, kuningan, hingga piodalan.

  1. Pura Batu Bolong

Pura kedua yang bisa Anda kunjungi yaitu Pura Batu Bolong. Dinamakan batu bolong karena lokasinya berada di atas karang yang berlubang. Pura batu bolong kerap di jadikan sebaga tempat upacara melasti oleh penduduk setempat. Umat Hindhu akan berbondong-bondong menuju sumber air yang di anggap suci untuk melakukan sembahyang dan membersihkan peralatan keagamaan yang akan di gunakan untuk Nyepi empat hari kemudian.

  1. Pura Pakedhungan

Berkunjung wisata ke Tanah Lot Bali tentunya kurang afdhol jika tidak mampir ke Pura Pakedhungan. Pura yang satu ini merupakan tempat penyembahan yang di lakukan oleh Dan Hyang pada jaman dahulu. keris Jaramenara yang di berikan kepada mantan musuhnya tersebut, konon juga di simpan di pura ini.

 

  1. Pura Penyawang

Pura yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung wisata ke Tanah Lot selanjutnya adalah Pura Penywang. Pura yang satu ini di jadikan sebagai tempat peribadatan warga setempat hanya ketika air laut sedang surut saja. Ketika sedang pasang, penduduk setempat melakukan sembahyang di sebeah barat pura penataran.

Hal Menarik yang Tidak Boleh Ditinggalkan ketika Berkunjung ke Tanah Lot

Tentunya berkunjung wisata ke Tanah Lot akan terasa kurang lengkap jika tidak mengetahui hal menarik apa saja yang bisa di lakukan disana. Untuk itu, berikut ini merupakan penjelasan tentang hal menarik yang tidak boleh di tinggalkan ketika sedang berkunjung ke Tanah Lot.

  1. Berkunjung ke Gua Ular Suci

Di dalam sejarah yang telah di jelaskan di atas, tentu Anda tidak asing lagi kan dengan yang namanya ular suci. Nah, ketika berkunjung wisata ke Tanah Lot Anda bisa menemuinya di Gua Ular Suci yang mana di dalamnya terdapat ular-ular air penjaga pura. Jenis ular yang bisa Anda temui disini adalah ular ekor putih, ular berbisa, dan ular berkulit belang.

Meskipun berbahaya, Anda tetap bisa memegang ular-ular tersebut dengan aman dengan dampingan pawang ular. Untuk bisa berfoto dengan ular suci, Anda di kenakan tarif seikhlasnya yang di sediakan di dalam kotak.

  1. Berkunjung ke Pulau Karang

Berkunjung wisata ke Tanah Lot tentu akan terasa kurang apabila tidak mampir ke Pulau Karang. Ya, spot yang satu ini bisa di bilang adalah spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Anda bisa melihat keindahan Pura Utama atau Pura Luhur sepanjang perjalanan ke Pulau Karang. Namun Anda hanya bisa mengunjungi pulau ini ketika air sedang surut saja karena ketika pasang, jalan menuju pulau karang akan tertutup air.

  1. Menikmati Sunset di Surganya Pulau Bali

Destinasi wisata alam yang sering di kunjungi di Bali adalah pantai. Ya, di tanah lot sendiri memang ada sebuah pantai yang menyajikan pemandangan sunset sangat indah dan mempesona untuk dinikmati bersama keluarga. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung kemari hanya untuk menikmati sunset saja.

  1. Berkunjung ke Pura Suci

Berkunjung wisata ke Tanah Lot yang bisa Anda lakukan terakhir adalah dengan mengunjungi Pura Suci yang ada di dalam lokasi wisata. Memang tidak hanya memiliki satu atau dua buah pura, namun Pura Suci bukanlah pura sembarangan dan harus Anda kunjungi. Perlu Anda ketahui, bermacam-macam pura yang ada di tanah lot memiliki fungsi yang berbeda-beda lho!

Nah, begitulah sedikit ulasan mengenai berkunjung wisata ke tanah lot yang harus Anda ketahui. Agar perjalanan wisatamu semakin menarik, jangan lupa untuk membawa kamera full baterai ya! Karena pasti akan menyesal seumur hidup jika Anda tidak mengabadikan momen di tempat bersejarah Indonesia yang satu ini.

You might also like
Comments
Loading...