Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Buah Pisang? Kamu Harus Coba Berbagai Macam Takjil Berbahan Dasar Pisang Berikut Ini

Manis, enak dan nikmat

Memasuki bulan Ramadan, takjil menjadi salah satu bagian penting untuk memanjakan perut saat baru berbuka puasa. Meskipun dalam KBBI takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa, istilah ini lebih dikenal sebagai makanan atau minuman yang disantap sebagai hidangan pembuka sebelum makanan utama.

Menu untuk takjil sendiri cukup beragam, mulai dari yang manis seperti kurma hingga makanan asin seperti gorengan. Nah, jika kamu termasuk pecinta makanan atau minuman manis, kamu bisa membuka puasa kamu dengan takjil bahan dasar pisang. Berikut adalah 10 di antaranya.

Es Pisang Ijo

@moucup via Instagram

Takjil bahan dasar pisang biasanya identik dengan kolak pisang. Namun, jika kamu mulai bosan dengan takjil bahan dasar pisang tersebut, kamu bisa mencoba es pisang ijo untuk menyegarkan kerongkongan kamu yang kering selama berpuasa.

Minuman khas Makassar ini terbuat dari bahan dasar pisang kepok, raja atau tanduk kukus yang dibalut kulit berwarna hijau yang biasanya terbuat dari campuran tepung beras, kanji, santan, dan air daun suji atau pandan. Pisang tersebut kemudian dipotong-potong dan dilengkapi dengan bubur sumsum, pacar cina, kacang tanah sangria, susu kental manis, sirup pisang ambon (berwarna merah) dan tentunya es batu yang membuat minuman satu ini semakin menyegarkan.

Es Semlo

@mom_emmyxander via Instagram

Es semlo merupakan minuman khas Keraton Yogyakarta sehingga agak sulit didapatkan di penjual minuman pinggir jalan. Meski begitu, minuman satu ini bisa kamu jadikan takjil bahan dasar pisang untuk membuka puasa kamu.

Es semlo sendiri berisi pisang raja dengan kuah yang terbuat dari air, gula pasir, jeruk nipis serta berbagai rempah. Jika ingin membuatnya sendiri, selain bahan-bahan tersebut, kamu juga memerlukan cengkeh, kayu manis, asam kandis, daun pandan, dan pewarna merah (biasanya dari kayu secang). Jangan lupa masukkan es batu karena takjil bahan dasar pisang ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Pallu Butung

@hanhanny via Instagram

Takjil bahan dasar pisang selanjutnya yang bisa kamu coba adalah pallu butung. Pallu butung ini merupakan hidangan khas Makassar dan memiliki tampilan yang serupa dengan es pisang ijo. Bedanya, pallu butung tidak dibalut kulit hijau seperti es pisang ijo.

Selain itu, pallu butung juga bisa dihidangkan dalam keadaan hangat maupun dingin, sesuai selera saja. Untuk pelengkapnya, pisang dalam pallu butung dihidangkan dengan bubur sumsum dan sirup pisang ambon serta es batu jika ingin disantap dalam keadaan dingin.

Lemon Granitas Banana

via rsspo.blogspot.com

Jika sudah bosan dengan takjil-takjil bahan dasar pisang di atas, lemon granitas banana juga bisa kamu coba. Minuman menyegarkan satu ini berasal dari Italia dan memerlukan bahan-bahan seperti pisang, es, jeruk nipis, dan lemon. Kamu hanya perlu memblender pisang dengan es lalu menambahkan jeruk nipis dan  lemon. Untuk pelengkap, kamu bisa menaburkan parutan kelapa dan leci di atasnya. Rasa manis, dingin, asam dan gurih pun berpadu menjadi satu. Cocok banget kan buat kamu yang seharian kehausan karena berpuasa.

Banana Daiquiri

via bettycrocker.com

Takjil bahan dasar pisang lainnya yang tak kalah menyegarkan adalah banana daiquiri. Minuman satu ini terbuat dari pisang, santan, jeruk nipis, gula, dan es. Bahan-bahan tersebut diblender hingga halus dan dituangkan ke dalam gelas lalu masukkan ke dalam lemari es. Campuran tersebut kemudian akan menciptakan rasa manis, gurih, creamy dan tentunya menyegarkan.

Pisang Yogurt

@bijouxbonbonsetchocolat via Instagram

Buat kamu yang tidak mau terlalu ribet dalam membuat takjil untuk berbuka puasa, pisang yogurt bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu hanya membutuhkan pisang, yogurt dan madu. Selanjutnya, kupas dan potong saja pisang menjadi beberapa bagian kecil lalu campurkan dengan yogurt dan madu. Takjil bahan dasar pisang pun siap disantap. Simple banget kan!

Pisang Molen

@aniktriwina via Instagram

Pecinta gorengan pasti sudah tidak asing lagi dengan pisang molen. Olahan pisang satu ini merupakan camilan khas Bandung yang terbuat dari pisang raja, tanduk atau uli yang telah dipotong-potong kemudian dibungkus dengan kulit tipis nan garing. Kulit tersebut biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, maizena, telur, gula, margari, air es, dan garam. Rasanya? Sudah pasti nikmat, lembut di dalam dan garing di luar!

Pisang Rai

@deena_hp via Instagram

Takjil bahan dasar pisang selanjutnya merupakan kudapan asal Bali bernama pisang rai. Pembuatannya sangat mudah. Kamu hanya memerlukan pisang raja, tanduk atau kepok lalu melumurinya dengan adonan tepung beras, santan, dan air suji. Setelah itu, pisang direbus hingga mendidih lalu dipotong-potong. Cara lainnya, pisang tersebut bisa dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

Hidangan ini kemudian dilengkapi dengan taburan kelapa parut yang akan menambahkan rasa gurih pada kudapan manis tersebut. Di Bali sendiri, makanan satu ini cukup mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Kue Lumpur Pisang

@artharizka.kartikaratri via Instagram

Kue lumpur merupakan jajanan tradissional berbentuk bulat dengan tekstur lembut dan kismis di atasnya dan tentunya rasa manis yang lezat. Kue ini sendiri biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, santan, garam, dan telur ayam. Namun, sekarang ini kue lumpur sudah banyak dimodifikasi dengan menggunakan bahan kentang, labu, tape, roti tawar, dan pisang.

Jika kamu ingin menggunakan pisang sebagai salah satu bahan dasarnya, kamu bisa menggunakan pisang raja atau ambon yang sudah matang lalu dihaluskan. Sama halnya dengan kue lumpur orisinal, kamu juga akan membutuhkan tepung terigu, telur, gula, dan santan sebagai bahan-bahan utamanya.

Rangesing

via cookpad.com

Takjil bahan dasar pisang lainnya yang bisa kamu coba adalah rangesing. Rangesing ini merupakan makanan asal tanah Sunda dan cukup mudah dibuat. Kamu hanya membutuhkan pisang, tepung terigu, gula merah dan daun pisang. Pisang, tepung terigu dan gula merah dicampurkan hingga halus lalu bungkus dengan mengunakan daun pisang. Bungkusan-bungkusan berisi adonan pisang kemudian dikukus hingga matang dan siap untuk menemani buka puasa kamu.

Untuk menambah rasa gurih pada rangesing, kamu juga bisa menambahkan parutan kelapa ke dalam adonan tersebut. Selain itu, menu rangesing ini juga cocok banget buat kamu yang memiliki pisang yang sudah kematangan sehingga sudah tidak enak untuk dimakan langsung atau diogoreng. Jadikan saja kudapan rangesing yang manis dan legit.

Obrolan soal makanan bikin kamu kangen liburan sambil wisata kuliner? Jangan ragu untuk menggunakan Bobobox sebagai hotel pilihan kamu selama berlibur. Tempatnya nyaman, harga terjangkau dan yang pasti lokasinya sangat strategis. Tinggal pilih saja lokasi mana yang kamu mau karena hotel kapsul ini sudah bisa kamu jumpai di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Selain itu, Bobobox juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas menarik yang pasti bakal bikin kamu betah bermalam di Bobobox. Ada Wi-Fi kencang, keyless access dengan QR code, moodlamp dengan berbagai warna cahaya dari putih hingga ungu, Bluetooth speaker, serta lorong, communal area dan kamar mandi yang Instagrammable banget.  Yuk unduh dulu aplikasinya untuk kemudahan dalam booking, check-in hingga check-out!

You might also like