Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Benteng Pendem, Tempat Wisata Di Semarang Yang Instagrammable

Benteng Pendem Semarang, saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang instragammable.

Semarang memang tidak pernah kehabisan pesona. Selalu ada saja tempat baru untuk didatangi saat akhir pekan. Salah satu tempat wisata di Semarang yang teranyar adalah Benteng Pendem atau Benteng Fort Willem I yang sangat instagrammable.

Apa sih istimewanya Benteng Pendem ini?

Benteng Tua Nan Gagah

Benteng Pendem
https://www.dictio.id/t/apa-yang-anda-ketahui-tentang-benteng-pendem-fort-willem-i-ambarawa/114320

Benteng Pendem atau Benteng Fort Willem I merupakan benteng peninggalan Belanda di Semarang. Kondisi bangunan benteng sebetulnya tidak cukup terawat.

Sudah banyak beberapa bagian bangunan benteng yang roboh disana-sini. Namun, justru inilah yang menjadi daya tarik tempat wisata baru di Semarang yang satu ini. Tidak ada yang tahu berapa usia Benteng Fort Willem ini, yang pastinya usianya sudah lebih dari seratus tahun.

Benteng Unik yang Tersembunyi

Menemukan Benteng Pendem tidaklah sulit sebetulnya, namun letaknya yang agak tersembunyi memang membuat pencarian benteng ini cukup menantang. Tempat wisata di Semarang yang satu ini berada di area Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ambarawa.

Beberapa orang masih ragu untuk mendatangi lokasi benteng ini karena lokasinya yang berdekatan dengan Lapas II Ambarawa. Namun, Benteng Pendem bisa dinikmati oleh siapa saja yang ingin menikmati wisata sejarah sekaligus berburu foto yang bagus.

Tempat Syuting Film

Benteng Pendem
https://situsbudaya.id/731-2/

Popularitas Benteng Pendem semakin melonjak setelah tempat wisata di Semarang ini dijadikan lokasi syuting film. Sebut saja film “Sang Kiai” dan “Soekarno” sempat mengambil Benteng Pendem sebagai latar pengambilan gambar.

Sejak saat itu, banyak wisatawan yang penasaran dengan keeksotisan dan keaslian benteng peninggalan Belanda yang satu ini. Salah satu yang membuat Benteng Pendem unik adalah bangunannya yang memanjang hingga ratusan meter dan saling berhadapan sehingga cocok untuk dijadikan spot foto yang oke untuk di-upload di Instagrammu.

Tempat Tinggal Petugas Lapas

Benteng Pendem memang memiliki panjang hingga ratusan meter namun tinggi benteng ini hanya sekitar 10 meter. Benteng ini terdiri dari luar lantai namun kamu hanya boleh mengakses lantai dasar saja karena lantai dua sudah menjadi tempat tinggal petugas Lapas.

Beberapa bangunan di benteng ini pun sudah tidak sekuat dulu lagi sehingga kamu harus berhati-hati ketika mencari sport foto yang bagus disini. Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ambarawa tidak melarang wisatawan untuk menikmati keindahan Benteng Pendem, namun ikuti aturan yang berlaku untuk keselamatanmu sendiri. Tetap waspada ya guys.

Benteng yang Terpendam

Benteng Pendem
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-tengah/benteng-pendem-eksotisnya-wisata-sejarah.html

Untuk menuju ke Benteng Pendem dari pusat Kota Semarang, kamu harus mengikuti jalur menuju Rawa Pening. Tidak usah takut tersasar karena lokasi benteng ini sudah ada di Google Map. Kamu bisa mencari lokasi benteng ini dengan kata kunci “Benteng Fort Willem I” atau “Lapas Kelas IIA Ambarawa”.

Perjalanan menuju Benteng Pendem dari Alun-alun Kota Semarang memakan waktu sekitar satu jam. Sesampainya di lokasi, kamu harus memarkirkan kendaraanmu di rumah warga setempat karena kamu tidak boleh membawa kendaraanmu masuk ke area benteng.

Dengan hanya membayar Rp. 5.000 untuk parkir, kamu sudah bisa menikmati cantiknya benteng tua peninggalan Belanda yang satu ini. Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini karena memang tempat ini milik LAPAS II Ambarawa, bukan diperuntukkan untuk tempat wisata.

Lokasi benteng yang cukup terasing memang sesuai dengan namanya, Benteng Pendem atau Benteng yang terpendam.

Cerita Dari si Benteng Tua

Terlepas dari suasana sekitar benteng yang cukup mencekam, benteng yang berlokasi di Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung. Sebenarnya apa saja sih yang bisa dilakukan di Benteng Pendem.

Berfoto memang menjadi alasan utama banyak sekali wisatawan yang datang mengunjungi benteng ini, mulai dari selfie hingga foto pre-wedding.

Namun, selain berfoto, kamu juga bisa menikmati syahdunya bangunan tua khas Belanda ini dan mencoba meresapi cerita apa yang dipendam oleh Benteng Pendem selama ratusan tahun. Benteng Pendem adalah saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah.

Oh ya, tapi ingat, jangan terlalu lama di Benteng Pendem ya. Meskipun bebas bagi siapa saja untuk datang dan berfoto, Benteng Pendem punya jam kunjungnya sendiri. Kamu bisa menikmati keindahan bangunan kolonial ini mulai dari jam delapan pagi hingga jam lima sore saja.

Tempat Wisata Sekitar Benteng Pendem

Nah, buat kamu yang sudah mengunjungi Benteng Pendem dan ingin menikmati destinasi wisata lain di sekitar benteng ini, Bob punya beberapa rekomendasi tempat-tempat keren di Semarang lainnya untuk mengisi waktu liburmu.

Lokasi Benteng Pendem yang cukup strategis membuatmu akan mudah untuk mengunjungi tempat lainnya di seputar Ambarawa, Kabupaten Semarang, salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa.

Letak Museum Kereta Api Ambarawa hanya satu kilometer saja dari Benteng Pendem, dekat sekali bukan? Kamu bahkan bisa berjalan kaki dari benteng ke museum yang satu ini. Museum yang berdiri sejak tahun 1978 ini akan memanjakan para pecinta moda transportasi kereta api.

Di Museum Kereta Api Ambarawa kamu bisa melihat perkembangan kereta api dari zaman-ke zaman. Di sini, kamu juga bisa mengikuti tur kereta uap dengan jurusan Ambarawa-Bedono atau Ambarawa-Tuntang. Seru kan berwisata dengan kereta uap?

Palagan Ambarawa

Kurang lengkap rasanya mengunjungi Ambarawa, Kabupaten Semarang tanpa menyempatkan mampir ke monumen paling ikonik di tempat ini, yaitu Monumen Palagan Ambarawa. Monumen Palagan Ambarawa terletak sekitar dua kilometer dari Benteng Pendem.

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang bersejarah yang dibangun untuk memperingati aksi heroik bangsa Indonesia yang dipimpin Jenderal Soedirman melawan tentara sekutu untuk mempertahankan kedaulatan kemerdekaan Indonesia.

Di monumen ini, kamu bisa melanjutkan wisata sejarahmu dari Benteng Pendem dan Museum Kereta Api karena di Monumen Palagan Ambarawa ini, kamu akan melihat sisa-sisa peninggalan pemerintah Jepang dan Belanda di Indonesia, seperti baju tentara dan senjata.

Selain itu, kamu juga akan melihat kendaraan-kendaraan yang dipakai saat Palagan Ambarawa seperti tank-tank kuno dan Pesawat Mustang milik sekutu yang berhasil ditembak jatuh di Rawa Pening. Dengan hanya membayar Rp. 5.000 kamu sudah bisa menikmati kekayaan sejarah bangsa kita di Monumen Palagan Ambarawa.

Nah, tunggu apalagi, Semarang memang tidak akan pernah kehabisan tempat wisata sejarah. Jadi, kapan kamu mau kesini?

Lepaskan Lelahmu Hanya di Bobobox

Benteng Pendem

Lelah berjalan-jalan seharian di Semarang? Tidak usah khawatir. Recharge kembali energimu dengan beristirahat di Bobobox sebelum berpetualang di Semarang kembali.

Di Bobobox, kenyamananmu beristirahat akan terjamin di dalam pods Bobobox. Meskipun berkonsep hotel kapsul, pods Bobobox ini bisa cukup untuk dua orang, untuk ukuran kenyamanan tidak kalah deh dengan hotel bintang lima.

Selain kenyamanan, pods Bobobox pun menawarkan pengalaman baru menginap dengan teknologi hotel kapsul tercanggih yang sudah terintegrasi dengan sistem IoT. Sudah siap untuk menemukan keseruan-keseruan lainnya di Bobobox? Jangan lupa cari terus promo Bobobox hanya di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.