Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selamat Hari Anak Nasional! Masih Ingat Gak dengan Benda-Benda Ikonik Masa Kecil Tahun 90-an Berikut Ini?

Hits pada zamannya!

Bobobox.co.id — Masa kecil anak-anak generasi 90an dimanjakan dengan berbagai hal yang sulit dilupakan. Salah satunya adalah benda-benda ikonik masa kecil yang anak zaman sekarang mungkin tak mengetahuinya.

Menjelang Hari Anak Nasional, Bob akan mengajak kamu yang tumbuh besar di tahun 90an. Kali ini, nostalgianya bertemakan benda-benda ikonik masa kecil yang mungkin lekat denganmu.

Kira-kira kamu sudah tahu benda-benda ikonik masa kecil apa yang Bob maksud? Jika belum, intip benda-benda yang Bob maksud di bawah ini, ya! Berapa banyak benda yang kamu ingat akhirnya?

Berikut adalah Benda-Benda Ikonik Masa Kecil Tahun 90an

1. Sempoa SIP

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an pertama adalah sempoa SIP. Benda satu ini adalah salah satu benda yang biasa digunakan untuk membantu anak-anak dalam belajar hitung menghitung.

Metode pembelajaran dengan sempoa ini menjadikan kegiatan belajar untuk anak semakin seru. Pasalnya, anak-anak akan menggunakan biji sempoa untuk belajar perhitungan aritmatika.

Tak mengherankan juga, pada zamannya, sempoa SIP adalah barang yang wajib dibawa untuk murid TK atau SD kelas 1 dan 2. Sekarang ini, kamu mungkin akan jarang mendapati benda ini digunakan.

Sempoa SIP Benda-benda ikonik masa kecil
Sempoa SIP via pexels.com/@skitterphoto

2. Tempat Pensil Tingkat

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an adalah tempat pensil tingkat. Untuk benda satu ini, anak-anak generasi 90an benar-benar dimanjakan dengan berbagai macam bentuk tempat pensil tingkatnya.

Ada yang berbentuk menyerupai mobil-mobilan atau superhero. Biasanya, model satu ini dipilih oleh anak laki-laki. Sedangkan anak perempuan, mereka cenderung memiliki tempat pensil bung aatau tokoh kartun girly.

Semakin menarik dan banyak hal unik di dalamnya semakin mahal pula benda ikonik 90an tersebut. Hal tersebut kerap kali dibanggakan oleh anak yang memiliki tempat pensil tingkat kaya hal unik.

Tempat pensil tingkat Benda-benda ikonik masa kecil
Tempat pensil tingkat via today.line.me

3. Penghapus Pulpen

Sebenarnya, untuk benda satu ini, anak generasi 90an disuguhi beragam jenis penghapus unik. Di samping penghapus pulpen, ada juga penghapus bendera negara dan juga penghapus wangi.

Namun, soal yang paling membekas, penghapus pulpen termasuk benda-benda ikonik masa kecil 90an. Alasan utamanya adalah kemampuan dari penghapus ini yang tak akan didapat dari penghapus lainnya.

Selain mampu menghapus bekas pensil, penghapus dengan warna biru ini dipercaya mampu menghilangkan tinta pulpen. Namun, kebanyakan anak menghapus bekas pulpen beserta merobek kertas saat dicoba.

Penghapus pulpen Benda-benda ikonik masa kecil
Penghapus pulpen via liputan6.com

Baca Juga: 10 Band 2000an Populer Yang Siap Mengajakmu Bernostalgia


4. Pensil Susun

Anak zaman sekarang mungkin terbiasa menggunakan pensil tulis dan pensil mekanik. Namun, anak sekarang mungkin tak akan mengetahui bahwa ada satu jenis pensil lainnya yang pernah hits pada zamannya.

Jenis pensil tersebut adalah pensil susun. Seperti namanya, benda-benda ikonik masa kecil 90an ini berupa pensil yang disusun berdasarkan isian pensil susun hingga akhirnya nyaman untuk digenggam.

Jika ujung pensilnya sudah tumpul, anak 90an akan mengganti posisi dari isian pensil susun. Isian yang tumpul akan ditempatkan di paling belakang dan isian yang masih lancip akan disimpan di depan.

Pensil susun Benda-benda ikonik masa kecil
Pensil susun via kids.grid.id

5. Tamagotchi

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an tak hanya didominasi oleh perlengkapan untuk sekolah saja. Banyak mainan yang termasuk benda ikonik 90an di mana tamagotchi adalah salah satunya.

Permainan karya Akihiro Yoo dan Aki Maita berhasil menjadi permainan wajib dimiliki oleh anak-anak generasi 90an. Tak mengherankan jika pertengahan 90an hingga awal 2000an, Indonesia dilanda demam tamagotchi.

Tamagotchi adalah permainan di mana kamu bertugas untuk menjaga hewan digital. Lewat handheld berbentuk telur, kamu diharuskan memerlakukan hewannya seperti hewan sungguhan.

Tamagotchi Benda-benda ikonik masa kecil
Tamagotchi via Avclub

6. Telepon Umum Koin

Hampir sebagian besar anak zaman sekarang sudah dibekali oleh orang tua mereka smartphone. Smartphone ini diberikan kepada anak sebagai media komunikasi antar orang tua dan anak.

Nah, pada zaman 90an, telepon genggam adalah barang mewah. Tak banyak orang yang memilikinya. Untuk berkomunikasi, menggunakan telepon umum koin adalah salah satu caranya.

Benda-benda ikonik masa kecil 90an ini hanya membutuhkan uang koin pecahan 100 rupiah. Semakin besar nilai uang pecahan yang dimasukkan, semakin lama pula durasi yang didapat untuk menelepon.

Telepon umum koin Benda-benda ikonik masa kecil
Telepon umum koin via detik.com

Baca Juga: Yuk Nostalgia Dengan 10 Sinetron Indonesia Tahun 90an Berikut Ini


7. Topi Tersayang

Tersayang merupakan salah satu sinetron ikonik tahun 90an. Nah, di samping sinetron yang begitu hits, merchandise berupa topi bertuliskan Tersayang pun jadi primadona pada masanya.

Anak-anak 90an tentu tak asing dengan topi satu ini. Sulit rasanya jika menanyakan anak-anak generasi 90an dan tidak memiliki atau setidaknya mengetahui benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an ini.

Selain topi, masih banyak lagi merchandise sinetron ikonik 90an. Misalkan saja, sandal bertuliskan Tersanjung dan juga kaos bertuliskan Terpesona. Keduanya berasal dari sinetron dengan judul Ter..

Topi Tersayang Benda-benda ikonik masa kecil
Topi Tersayang via twitter.com/@Unggul_N/

8. Magic Ruler!

Untuk benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an ini, nama dari benda tersebut berbeda-beda untuk tiap daerah. Namun, beberapa toko online menyebutkan benda ini sebagai magic ruler.

Seperti namanya, penggaris tersebut bukanlah sembarang penggaris. Kamu bisa membuat berbagai bentuk yang berbeda bergantung dari titik dan lingkaran mana yang kamu pilih untuk menggambar.

Anak generasi 90an akan menggunakan beberapa warna dalam sekali gambar. Pasalnya, saat menggunakan beberapa warna, gambar yang dihasilkan oleh magic ruler satu ini bisa dibilang menakjubkan.

Magic Ruler! Benda-benda ikonik masa kecil
Magic Ruler! via py-stationery.en.made-in-china.com

9. Balon Tiup

Banyak sekali permainan yang kini mulai ditinggalkan oleh anak-anak. Salah satunya adalah balon tiup. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi akibat perkembangan zaman yang begitu cepat.

Padahal, pada masanya, balon tiup termasuk salah satu benda-benda ikonik masa kecil tahun 90an. Hampir semua anak memainkan balon tiup yang bisa dibeli dengan muda di kanting sekolah.

Cara mainnya adalah kamu hanya perlu menempelkan balon ke ujung sedotan. Lalu, lewat sedotan, kamu bisa meniupnya hingga menjadi besar. Beberapa anak ada yang sengat menjadikannya sebagai topeng.

Balon tiup Benda-benda ikonik masa kecil
Balon tiup via sittirasuna.com

Baca Juga: Kembali Kenang Masa Kecil Dengan 7 Telenovela 90an Ini!


10. Baby-G/G-Shock

Benda-benda ikonik masa kecil 90an terakhir di daftar Bob kali ini adalah Baby-G atau G-Shock. Jam tangan keluaran Casio ini seolah menjadi salah satu wajib dimiliki oleh anak generasi 90an.

Anak laki-laki biasanya akan memilih Baby-G berwarna dominan hitam yang bisa menyala. Untuk anak perempuan, warna seperti merah muda, putih, dan biru muda adalah warna favorit yang biasa dipilih.

Saking ngetrennya jam tangan satu ini, banyak penjual yang menjajakan jam tangan Baby-G abal-abal. Hal tersebut bukan jadi masalah karena pada saat itu, yang terpenting adalah memiliki Baby-G di rumah.

Baby-G/G-Shock Benda-benda ikonik masa kecil
Baby-G/G-Shock via bustle.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Ingin nostalgia sambil tidur dengan nyaman di kamar yang luas? Datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren seperti lampu LED yang siap menemanimu saat mendengarkan lagu hits tahun 90an dan 2000an.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

 

You might also like