Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Telur Ayam vs Telur Bebek: Apa Bedanya Telur Ayam dan Telur Bebek Serta yang Mana yang Lebih Sehat?

Kamu sering mengonsumsi yang mana?

Bobobox.co.id — Telur merupakan salah satu makanan pokok bagi orang Asia khususnya Indonesia. Telur ayam dan telur bebek menjadi telur yang cukup banyak dikonsumsi orang setiap harinya.

Walaupun sama-sama menyehatkan untuk tubuh, kedua telur tersebut memiliki beberapa perbedaan kandungan nutrisi. Bedanya telur ayam dan telur bebek pun bisa dilihat dari beberapa aspek lainnya selain dari kandungan nutrisinya.

Beberapa hal yang menjadi bedanya telur ayam dan telur bebek terletak pada segi ukuran dan segi tampilan. Nah, Bob akan menjelaskan secara singkat mengenai apa bedanya telur ayam dan telur bebek. Mana kira-kira yang lebih sehat?

Perbedaan dari Segi Ukuran

Bedanya telur ayam dan telur bebek pertama terletak pada segi ukuran dari keduanya. Walaupun relatif mirip, keduanya memiliki ukurang yang relatif berbeda dan cukup mudah untuk dikenali secara umum.

Telur bebek memiliki ukuran yang relatif lebih besar. Perbedaan keduanya bisa mencapai 20 hingga 50 persen. Secara umum, telur bebek memiliki berat 70 gram sedangkan telur ayam berkisar 50 gram untuk beratnya.

Perbedaan 20 gram ini nyatanya berpengaruh besar pada nutrisi yang dikandung. Hal inilah yang menjadikan konsumsi satu butir telur bebek akan terasa sama seperti halnya mengonsumsi dua butir telur ayam.

via thecourageouschicken.com

Perbedaan dari Segi Tampilan

Bedanya telur ayam dan telur bebek berikutnya terletak dari segi tampilan. Sama seperti halnya dari segi ukuran, kamu pun bisa mengetahuinya saat pertama kali melihat kedua telur ini berdampingan.

Misalkan saja, dari tampilan warna kedua telurnya. Telur bebek memiliki warna yang terlihat biru kehijauan. Berbeda dengan telur ayam yang terlihat seperti kecokelatan dari segi warna tampilannya.

Beralih ke segi ketebalan cangkang kedua telur tersebut. Bedanya telur ayam dan telur bebek ini memang cukup sulit untuk dilihat secara kasat mata. Namun, perbedaan ini tetaplah aspek penting yang wajib diketahui.

Soal ketebalan, telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal dibanding telur ayam. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa telur asin menggunakan telur bebek sebagai bahan bakunya dibanding telur ayam.

bedanya telur ayam dan telur bebek
via egg-machine.com

Perbedaan dari Segi Nutrisi

Bedanya telur ayam dan telur bebek terakhir adalah dari segi nutrisinya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berat dari keduanya yang berbeda 20 gram membuat keduanya memiliki nutrsi yang berbeda.

Telur bebek sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti folat, zat besi, dan vitamin B12 yang lebih tinggi dibanding telur ayam. Telur bebek pun mengandung dua kali lipat kalori dibandingkan telur ayam.

Di sisi lain, telur ayam memiliki kandungan protein seperti ovalbumin, lisozim, dan konalbumin yang lebih banyak dibandingkan telur bebek. Telur ayam pun relatif rendah kalori dibanding telur bebek.

Perbandingan lebih jelas keduanya bisa dilihat di bawah ini seperti yang dilansir oleh alodokter:

Telur ayam

  • Kalori: 70 kalori
  • Lemak: 5 gram
  • Protein: 6 gram
  • Sodium: 60 miligram
  • Kalsium: 25 miligram
  • Kalium: 60 miligram
  • Kolin: 140 miligram

Telur bebek

  • Kalori: 146 kalori
  • Lemak: 11 g
  • Protein: 10 g
  • Sodium: 345 miligram
  • Kalsium: 50.5 miligram
  • Kalium: 175 miligram
  • Kolin: 165 miligram
via tyrantfarms.com

Jadi, Mana yang Lebih Sehat?

Hal yang terlihat jelas adalah bedanya telur ayam dan telur bebek tak menghalangi keduanya untuk menjadi makanan sehat bagi tubuh. Satu hal pasti adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kedua telur ini.

Pasalnya, efek samping yang bisa ditimbulkan seperti meningkatnya kolestrol dan risiko diabetes kemungkinan terjadi padamu. Oleh karenanya, usahakanlah untuk tidak secara berlebihan mengonsumsi keduanya.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat dari mengonsumsi telur. Beberapa manfaatnya antara lain menghindarkanmu dari kekurangan vitamin D dan menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

via myrecipes.com

Itulah perbedaan antara telur ayam dan telur bebek yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

Bobobox rules

You might also like