Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Usia Ideal Bayi untuk Naik Pesawat dan Tips Berguna Lainnya

Bagi kamu yang masih kebingungan soal ini

Bobobox.co.id — Saat kamu akan berlibur atau pergi dengan naik pesawat bersama anakmu yang masih bayi tentu sangat mencemaskan. Pasalnya, kamu takut terjadi hal yang tidak inginkan kepada buah hatimu saat berada di dalam pesawat saat perjalanan.

Ditambah jika si buah hati masih berusia di bawah 1 tahun Kecemasanmu bisa jadi semakin memuncak saja. Apakah boleh untuk membawa serta bayi berusia di bawah 1 tahun untuk naik pesawat atau tidak menjadi hal yang kamu terus kamu pikirkan.

Nah, jika kamu ingin mengetahui usia yang tepat untuk membawa serta bayi naik pesawat, simak ulasannya berikut ini. Tak ketinggalan, ada juga tips-tips lainnya yang bisa membantumu dalam mengurus buah hatimu di dalam pesawat. Semoga bisa membantumu ya!

Usia Ideal Bayi Naik Pesawat

Sebenarnya, tidak ada aturan yang mengikat terkait usia ideal bayi untuk dibawa naik pesawat. Namun, para dokter dan ahli sepakat bahwa bayi yang usianya masih kurang dari 1 bulan sebisa mungkin tidak dibawa dalam perjalanan menggunakan pesawat.

Hal ini disebabkan oleh daya tahan bayi pada usia kurang dari 1 bulan masih sangat lemah. Sehingga, cukup rentan untuk terjangkit terkena infeksi dan penyakit seperti flu ataupun batuk dari orang-orang dewasa yang ada di sekitar bayi tersebut.

Sehingga, usia yang disarankan untuk bisa diajak naik pesawat adalah pada usia di atas 3 bulan. Pada masa ini, perkembangan organ-organ tubuh bayi sudah berkembang dengan baik dan bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

usia ideal naik pesawat
via wanderingcubs.com

Bagaimana Jika Terpaksa Membawa Bayi Usia di bawah 1 Bulan?

Di masa-masa genting, ada kalanya kamu harus membawa bayi berusia di bawah 1 bulan untuk naik pesawat. Jika kondisinya seperti ini, biasanya beberapa maskapai penerbangan akan memintamu untuk menyiapkan surat-surat yang berkaitan dengan kesehatan si bayi.

Beberapa surat yang harus diurus adalah Surat Keterangan Medis yang terbit setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan. Di surat tersebut, harus dinyatakan bahwa bayimu dalam keadaan sehat saat berada di dalam pesawat.

Selain itu, kamu juga harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari kerugian yang terjadi pada bayimu selama penerbangan.

Tips Lainnya Saat Membawa Anak Naik Pesawat

Nah, setelah mengetahui usia ideal bayi agar bisa ikut dalam perjalanan udara, berikut ini merupakan tips lainnya yang semoga bisa membantumu saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat bersama si buah hati.

  • Pesanlah tempat duduk di sisi lorong dan sedekat mungkin dengan bagian depan pesawat. Tingkat kebisingan di tempat ini tidak terlalu tinggi.
  • Pilihlah waktu yang biasanya si buah hati tertidur. Pada jarak dekat, siang adalah waktu idealnya. Sedangkan, perjalanan jauh, kamu bisa memilih jadwal malam.
  • Barang yang perlu kamu siapkan dekat bayi adalah ASI perah dalam botol, makanan bayi, selimut, popok ganti, dan mainan

Tempat Menginap Ramah untuk Anak? Ya di Bobobox

Tidak hanya soal keamanan untuk anak saat naik pesawat, kamu pun perlu juga mencari tempat menginap yang ramah untuk anak saat liburan. Tempat menginap yang ramah inilah yang biasanya sulit untuk kamu cari.

Salah satu tempat menginap yang akan cocok dan ramah untuk keluarga kecilmu adalah Bobobox. Hotel kapsul berlogo koala ini menawarkan fasilitas-fasilitas kekinian yang akan membuat anakmu nyaman namun tetap ramah untuk anak selama menginap di sini.

Tak percaya? Coba pesan dulu pod yang kamu inginkan dengan mengunduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini. Setelah itu, siapkan keluarga kecilmu untuk mendapatkan kenyamanan menginap di Bobobox.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.