Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Batas Kadaluarsa Ketika Memakai Kosmetik

Masih menyimpan kosmetik-kosmetik lamamu? Awas, siapa tahu sudah kadaluarsa!

Kosmetik merupakan salah satu sahabat bagi kaum wanita. Tidak heran, banyak sekali wanita yang menghabiskan banyak waktu untuk merias wajahnya dengan berbagai produk kosmetik agar bisa tampil semakin cantik.

Produk-produk kosmetik yang semakin variatif dan inovatif pun membuat kaum wanita semakin gemar untuk mengoleksi barang satu ini. Meskipun mengoleksi kosmetik merupakan hal yang sangat menyenangkan dan satisfying, namun perlu kamu ingat bahwa kosmetik bukanlah benda yang dapat disimpan selamanya.

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Seperti halnya obat-obatan, kosmetik yang kamu miliki juga ada tanggal kadaluarsanya, lho. Tanggal kadaluarsa ini harus kamu perhatikan, sebab jika kamu terus menggunakan kosmetik yang telah memasuki tanggal kadaluarsa, maka akan menimbulkan berbagai masalah pada kulitmu.

Masalah yang biasanya muncul adalah iritasi, atau bahkan infeksi kulit yang berasal dari bakteri atau jamur yang terdapat pada kosmetik kadaluarsa. Bukan hanya masalah kulit ringan, penggunaan kosmetik kadaluarsa dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan hingga kanker kulit.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kulit indahmu, simaklah batas kadaluarsa untuk berbagai produk kosmetik yang telah Bob rangkum buat kamu.

Maskara dan Eyeliner Cair

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Dua produk kosmetik ini mempunyai masa pakai yang paling pendek jika dibandingkan dengan produk kosmetik lainnya. Kedua produk ini sebaiknya tidak kamu gunakan lagi sekitar 2 sampai 3 bulan setelah segelnya dibuka.

Tanpa kamu sadari, setiap kali kamu mengembalikan brush maskara atau eyeliner ke dalam tabungnya, secara tak langsung kamu juga telah “memasukkan” bakteri ke dalam tabung tersebut. Ini adalah alasan mengapa masa pemakaian kedua produk ini paling dibatasi.

Ciri paling umum dari maskara yang sudah kadaluarsa adalah teksturnya yang berubah dari cair menjadi gumpalan. Jika maskaramu sudah mulai menggumpal, jangan menunda untuk membuang maskara lamamu dan ganti dengan yang baru, ya.

Lipcream dan Lipgloss

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Bukan hanya maskara dan eyeliner cair, namun lipcream dan lipgloss pun mudah terpapar oleh bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya ganti lipcream dan lipgloss kamu setiap 6 bulan sekali. Kamu juga harus waspada jika lipcream atau lipgloss yang kamu miliki sudah mulai mengeluarkan aroma aneh atau bahkan telah berubah warna.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih kosmetik untuk bibir yang lebih tahan lama, seperti lipstik atau pensil bibir. Kedua produk kosmetik ini biasanya aman untuk kamu gunakan selama satu tahun.

Foundation Cair

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Kosmetik berbahan dasar cair seperti foundation cair biasanya hanya bisa bertahan hingga 1 tahun. Sebaiknya, simpanlah jenis kosmetik seperti ini dalam suhu ruangan normal serta hindarkan dari paparan langsung sinar matahari.

Hal tersebut harus dilakukan demi menjaga foundation-mu agar tidak cepat rusak. Ciri-ciri foundation yang sudah kadaluarsa adalah teksturnya yang jadi lebih berair atau malah jadi menggumpal dan tidak nyaman saat diaplikasikan.

Powder

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Kosmetik berbahan dasar powder seperti bedak, blush atau eyeshadow merupakan jenis kosmetik yang batas waktu pemakaiannya paling lama di antara jenis kosmetik lainnya. Jenis kosmetik berbahan dasar powder biasanya baru akan memasuki masa kadaluarsa dalam waktu 2 tahun setelah kemasannya dibuka.

Cat Kuku

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Kosmetik yang berguna untuk mempercantik kukumu ini biasanya dapat bertahan dari 1 hingga 2 tahun. Sebaiknya, jangan lagi pakai cat kukumu jika sudah terlalu lengket atau sulit diaplikasikan. Selain itu, tanda bahwa cat kukumu sudah tidak layak pakai adalah warnanya yang sudah berubah dan tidak menyatu.

Brush dan Spons

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Bukan hanya produk kosmetiknya saja, alat untuk mengaplikasikannya pun harus kamu perhatikan batas waktu pemakaiannya, seperti halnya brush dan spons make up.

Jika kamu termasuk sering menggunakan spons make up, usahakan untuk menggantinya setiap minggu, ya. Minimal gantilah spons make up milikmu ketika spons sudah kotor dan tak layak pakai.

Sama halnya dengan spons make up, kuas atau brush yang biasa kamu pakai pun sebaiknya rutin kamu cuci setiap satu minggu sekali. Gantilah brush-mu secara berkala atau ketika bulu-bulu pada brush-mu sudah mulai rontok dan bentuknya sudah tidak seperti semula. Tujuannya agar kulitmu selalu terlindung dari bakteri-bakteri yang terdapat pada brush maupun spons make up-mu.

Bukan hanya berisiko terkena iritasi atau jerawat, jarang mengganti peralatan make up juga dapat membuat pengaplikasian make up menjadi kurang optimal. Nggak ingin, kan, hasil riasanmu jadi kurang sempurna hanya karena malas ganti brush atau spons make up?

Tips Memanfaatkan Kosmetik Kadaluarsa

Sayang banget kalau kosmetik-kosmetik kadaluarsamu harus dibuang begitu saja. Untuk itu, simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu masih bisa memanfaatkan kosmetik-kosmetik kadaluarsamu menjadi sesuatu yang nggak kalah bermanfaat.

Maskara

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Meski maskara kadaluarsamu sudah tidak dapat digunakan lagi, namun brush maskara atau spoolie-nya masih bisa kamu manfaatkan, lho. Kamu bisa menggunakan spoolie tersebut sebagai sisir alis.

Lipbalm

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: freeimages.com)

Jika kamu memiliki lipbalm yang sudah masuk tanggal kadaluarsa, kamu masih bisa menggunakannya sebagai semir sepatu. Aplikasikan lipbalm pada sepatumu kemudian bersihkan. Trik ini akan membuat sepatumu menjadi berkilau. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan lipbalm untuk memperbaiki ritsletingmu yang macet.

Eyeshadow

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Urungkan niatmu untuk membuang eyeshadoweyeshadow yang sudah memasuki tanggal kadaluarsa. Lebih baik manfaatkanlah \eyeshadow-mu ini sebagai cat kuku. Bagaimana caranya? Gampang kok, kamu tinggal mencampurkan eyeshadow tersebut dengan cat kuku bening, sehingga terciptalah cat kuku custom dengan warna yang kamu inginkan.

Brush Make Up

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Brush make up milikmu sudah tidak terpakai lagi? Jangan langsung berniat untuk membuangnya, ya. Brush ini bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan debu di tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan alat pembersih biasa.

Contohnya, kamu bisa menggunakan brush lamamu untuk membersihkan debu di sela-sela keyboard komputermu. Tidak hanya itu, jika kamu termasuk orang yang gemar melukis, kamu tentu bisa memanfaatkan brush-brush ukuran tertentu yang sudah tidak terpakai sebagai cadangan brush lukismu.

Skin Toner

kenali batas kadaluarsa kosmetikmu

(Photo by: pexels.com)

Salah satu bahan dasar yang terkandung dalam skin toner adalah alkohol. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan skin toner-mu yang sudah memasuki tanggal kadaluarsa sebagai cairan pembersih kaca, cermin, atau benda-benda lainnya.

Pasti happy menginap di Bobobox!

Lelah sehabis belanja kosmetik baru? Enaknya santai-santai dan istirahat, dong. Bosan dengan suasana istirahat di rumah? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox!

Hotel kapsul yang modern ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Konsepnya yang unik juga bisa kamu jadikan sebagai spot foto dan selfie yang menarik, lho.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama menginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!