Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nostalgia Yuk: 7 Barang Jadul yang Anak 90an Pasti Tahu

Ada yang kamu koleksi hingga saat ini?

Bobobox.co.id — Perkembangan zaman yang dipengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih membuat barang jadul yang dulu diketahui oleh anak 90an tergantikan oleh barang-barang digital yang terkoneksi internet.

Oleh karenanya, wajar saja jika anak zaman sekarang akan kebingungan dengan barang-barang jadul yang anak 90an tahu. Hal ini bahkan sudah menjadi konten video YouTube yang bisa kamu tonton di waktu senggang.

Sedangkan, bagi kamu anak 90an, barang jadul yang dulu menemani tentu memberikan nostalgia tersendiri saat kamu menemukannya. Bahkan, tidak jarang ada yang hobi untuk mengoleksi barang-barang jadul ini.

Nah, bagi kamu yang penasaran sebenarnya apa saja sih barang jadul yang Bob maksud, berikut ini merupakan 7 barang jadul yang anak 90an pasti tahu. Bob sendiri seneng dengan barang nomor 3.

Tamiya, Mainan Wajib Anak 90an

Barang jadul pertama yang pasti anak 90an tahu adalah tamiya. Mainan mobil balap satu ini sangat digemari oleh anak laki-laki pada zamannya apalagi setiap hari Minggunya akan ditemani acara televisi Let’s and Go.

Pada zamannya, banyak anak laki yang sengaja untuk berkumpul di alun-alun atau tempat lainnya dengan track yang ada. Biasanya mereka akan bertanding atau mengadu kecepatan tamiyanya masing-masing.

Selain mencari tamiya dengan kecepatan yang mumpuni, anak laki laki 90an seringkali memodifikasi tamiyanya agar terlihat lebih keren. Perubahan pun dilakukan mulai dari mengubah warna, menambah striker, dan masih banyak lainnya.

Koleksi wajib anak 90an ini sebenarnya masih eksis hingga saat ini. Walaupun tidak sebooming tahun 2000an, komunitas penggila Tamiya masih bisa sering kamu temui di beberapa perlombaan yang mereka adakan.

tamiya anak 90an
via bukalapak.com

Tamagotchi

Anak zaman sekarang akan menghabiskan waktu dengan bermain video games ataupun bersosialisasi via media sosial seperti Instagram dan Twitter. Anak 90an tidak memiliki keuntungan seperti itu pada tahun 1990an hingga 2000an.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu oleh anak 90an adalah memainkan tamagotchi. Bagi kamu yang belum tahu, tamagotchi adalah mainan hewan peliharaan elektronik yang mudah dibawa ke mana-mana.

Ukurannya yang kecillah yang membuat tamagotchi bisa dibawa ke mana pun kamu mau. Saking populernya, tamagotchi menjadi salah satu mainan yang wajib dimiliki oleh anak 90an baik laki-laki ataupun perempuan.

Cara memainkan tamagotchi pun terbilang seru dan asyik. Kamu sebagai pemain harus memilihara seekor hewan. Kamu ditunut untuk memberi makan hingga mengajak hewan elektronik bermain agar hewannya tidak mati.

via independent.co.uk

Gimbot

Saat tumbuh dewasa, anak 90an mengenal beberapa game console yang memiliki kualitas visual yang mantap dan memanjakan mata. Pada saat masih kecil, hal tersebut belum pernah dirasakan sebelumnya.

Anak 90an lebih dulu berkenalan dengan game console dengan tampilan visual hitam putih yang khas yakni gimbot. Beberapa games yang biasa dimainkan pun berkisar di tetris, balapan, dan tembak-tembakan.

Saat memainkan gimbot, anak 90an akan ditemani dengan musik latar game yang begitu khas. Saking khasnya, Bob pun sampai kangen untuk mendengarkan kembali musik latar game yang Bob mainkan dulu.

Setiap pulang sekolah, tak jarang anak-anak pada zaman tersebut buru-buru untuk pulang ke rumah dan mengambil gimbot untuk dimainkan bersama teman-teman yang sudah menunggu.

via gimbot.com

Tazos

Bisa dibilang kamu akan kesulitan dalam mencari makanan ringan yang memberikan hadiah tambahan untuk setiap pembeliannya. Pada tahun 2000an, salah satu makanan ringan memberikan hadiah tambahan yang collectable.

Hadiah tersebut adalah tazos. Bagi anak zaman sekarang, tazos mungkin hanya dianggap sebagai kepingan biasa yang tidak bermakna. Namun, bagi anak 90an, tazos menjadi barang yang bisa dipamerkan ke teman-teman.

Dengan koleksi gambar yang beragam, kamu bisa mengumpulkan kepingan tazos hingga berjumlah puluhan. Kamu bisa memajangnya atau merangkainya menjadi sebuah bentukan tazos yang unik.

Tak mengherankan jika banyak anak 90an yang ketagihan membeli makanan ringan hanya untuk mengoleksi tazos dengan gambar berbeda. Selain itu, barter menjadi cara lain untuk mendapatkan tazos yang diinginkan.

via olx.co.id

Walkman

Sekarang ini, kamu bisa mendengarkan musik kapan pun dan di mana pun kamu mau. Kamu bisa menyetel lagu favoritmu melalui smartphone atau pemutar musik seperti iPod yang bisa menyimpan ratusan hingga ribuan lagu.

Balik ke 20 hingga 30 tahun ke belakang, hal tersebut rasanya sulit dinalar oleh anak 90an. Pada saat itu, sulit rasanya untuk bisa mendengarkan lagu dari pemutar musik yang bisa menyimpan banyak lagu sekaligus.

Salah satu pemutar idaman anak 90an adalah walkman. Kepopuler salah satu merek Sony ini membuat orang yang mempunyai walkmen merasa sensasi pengalaman yang membanggakan.

Sebelum iPod merevolusi pemutar musik digital pada tahun 2001, Walkman merupakan titik awal revolusi gaya orang dalam mendengarkan musik dengan cara yang berbeda pada tahun 1980 hingga 1990an akhir.

via flypaper.soundfly.com

Disket

Perkembangan teknologi yang sangat cepat sekarang ini membuat kapasitas penyimpanan komputer semakin besar pula. Kini, flaskdisk berukuran 8 gigabyte terasa sedikit dan berbeda dengan yang dialami anak 90an.

Pada zamannya, anak 90an menggunakan disket sebagai media menyimpan data. Kapasitas simpannya sendiri hanya berukuran 1,4 megabyte saja. Zaman sekarang mungkin ukuran tersebut sudah tidak terlalu berarti lagi.

Walaupun memang tidak bisa menyimpan barang satu lagu dalam disket, disket menjadi alat simpan yang biasa digunakan untuk mengumpulkan tugas-tugas anak sekolahan pada tahun 2000an.

Sekarang ini, banyak komputer yang sudah tidak mendukung penggunaan disket. Pasalnya, beberapa penyimpan data yang lebih besar ukurannya seperti flaskdisk dan hardisk eksternal sudah banyak di pasaran.

via lokakata.id

Kartu Hologram

Barang jadul terakhir yang Bob pastikan bahwa anak 90an tahu barangnya adalah kartu hologram. Anak 90an memang dimanjakan dengan berbagai permainan tradisional yang mungkin jarang dilakukan oleh anak-anak zaman sekarang.

Selain mengoleksi tazos, anak-anak zaman dulu gemar sekali dalam mengoleksi kartu hologram. Kartu hologramnya sendiri biasanya berasal dari beberapa serial film kartun dan pemain basket NBA.

Cara mengoleksinya pun relatif mudah. Kamu hanya perlu membeli kartu hologram ini di penjual kartu mainan yang biasa nongkrong di depan gerbang sekolah. Harganya pun terbilang cukup murah pada zamannya.

Kartu hologram yang dibeli biasanya dijadikan sebagai koleksi pribadi. Jika tidak, anak 90an biasanya memanfaatkan kartu hologram sebagai sarana bersosialisasi dengan teman untuk bertukar kartu.

via amazon.com

Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Jika kamu sedang merasa kebingungan dalam memilih akomodasi penginapan untuk liburanmu, maka Bob pastikan bahwa kamu tidak akan merasakan kebingungan lagi.

Pasalnya, ada Bobobox yang menjadi ahli soal inap menginap. Fasilitas yang keren dan harga yang terjangkau menjadikan Bobobox penginapan terdepan untuk kamu pilih.

Informasi lebih lanjut soal Bobobox bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh secara gratis melalui link ini.

kamar bobobox