Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menjadi Saksi Bisu Sejarah, Inilah 8 Bandara Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi Hingga Kini

Ada yang usianya lebih dari 112 tahun, lho!

Bobobox.co.id — Bandara menjadi gerbang awal di mana wisawatan mengunjungi suatu negara lewat jalur udara. Namun, banyak yang tak tahu bahwa ada bandara yang berdiri seratus tahun lalu dan masih beroperasi hingga kini.

Bandara-bandara berumur tua tersebut bahkan menjadi saksi bisu perang yang terjadi seperti Perang Dunia II. Hal tersebut semakin menambah daya tarik dari bandara tertua di dunia tersebut.

Penasaran di mana sajakah bandara-bandara tersebut? Simak ulasan singkat Bob mengenai 8 bandara tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Ada yang usianya lebih dari 112 tahun, lho!

Berikut adalah 8 Bandara Tertua di Dunia

1. College Park Airport (Amerika Serikat)

Daftar bandara tertua di dunia pertama dibuka oleh College Park Airport. Bisa dibilang, bandara yang berada di Maryland, Amerika Serikat adalah bandara paling tua jika dibanding dengan bandara lain di daftar ini.

Pasalnya, bandara ini dibangun dan dioperasikan sejak tahun 1909. Dengan begitu, setidaknya bandara ini masih beroperasi hingga kini dan berusia hampir lebih dari 112 tahun lamanya.

College Park Airport sendiri tak hanya dikenal sebagai bandara tertua di dunia saja. Bandara ini dikenal sebagai saksi bisu sejarah di mana menjadi lokasi di mana Wright bersaudara menerbangkan pesawat pertama kali.

Bandara ini sekarang ini bukanlah bandara komersial. Bandara yang diakuisisi oleh Maryland-National Capitol Park and Planning Commission beroperasi sebagai sekolah penerbangan militer.

College Park Airport bandara tertua di dunia
College Park Airport via Gabrielle Lewis/For The Diamondback

2. Hamburg Airport (Jerman)

Bandara tertua di dunia berikutnya adalah Hamburg Airport. Usia dari bandara ini sendiri berselang dua tahun setelah College Park Airport beroperasi di mana mulai dioperasikan sejak tahun 1911.

Pertama kali di bangun, bandara yang dikenal sebagai Flughafen Hamburg ini dibangun sebagai tempat pangkalan udara militer Jerman. Saat itu, pesawat zeppelin terbang dengan landasan bandara ini.

Seiring berjalannya waktu, Hamburg Airport pun berubah menjadi bandara komersil. Kini, bandara terbesar kedua di Jerman ini menjadi salah satu pintu masuk bagi wisatawan yang liburan ke Jerman.

Sebenarnya, Jerman memiliki bandara tertua lainnya yakni Berlin Tempelhof Airport. Namun, bandara yang dibangun tahun 1909 ini sudah tak digunakan lagi dan beralih fungsi menjadi taman.

Hamburg Airport bandara tertua di dunia
Hamburg Airport via Luftaufnahmen

Baca Juga: Di Bawah Laut Hingga Di Atas Pencakar Langit, Ini Dia Restoran Terunik Di Dunia


3. Brighton City Airport (Inggris)

Tak hanya di Jerman dan Amerika Serikat saja, bandara tertua di dunia bisa kamu temukan di Inggris. Berlokasi di Brighton, sebuah bandara berdiri kokoh walaupun sudah dibuka sejak tahun 1910.

Usut punya usut, bandara ini pertama kali dibangun oleh Harol Piffard. Bagi yang tidak tahu, Piffard dikenal sebagai penerbang Inggris pertama yang mengembangkan pesawat terbang, lho!

Bersama rekannya, ia mengubah Shoreham Airport menjadi markas udara untuk mengembangkan pesawat Hummingbird. Pesawat ini menjadi cikal bakal Inggris dalam mengembangkan industri pesawat terbang.

Pada tahun 2014, Brighton City Airport Ltd mengambil alih kepemilikan dari Shoreham Airport. Kini, bandara yang digunakan sebagai tempat laih penerbangan dikenal dengan nama Brighton City Airport.

Shoreham Airport bandara tertua di dunia
Shoreham Airport via flyer.co.uk

4. Bucharest Baneasa International Airport (Rumania)

Masih di Benua Eropa, bandara tertua di dunia lainnya bisa ditemukan di Rumania. Bandara tersebut adalah Bucharest Baneasa International Airport yang sudah dibangun sejak tahun 1912 silam.

Walaupun terbilang salah satu bandara tertua, Bandara yang dikenal dengan nama bandara Aurel Vlaicu ini bukanlah bandara utama di Bucharest. Bandara Otopeni menjadi pengganti bandara utama Bucharest.

Bucharest Baneasa International Airport ini sempat menjadi satu-satunya bandara internasional yang dimiliki oleh Rumania. Namun, predikat tersebut ‘lepas’ karena adanya Bandara Internasional Henri Coanda.

Tak hanya ‘merebut’ tahta titel tersebut saja, bandara tersebut ‘mengambil’ semua penerbangan komersial dari Aurel Vlaicu pada tahun 2012. Kini, Aurel Vlaicu hanya menangani charter dan jet pribadi.

Bucharest Baneasa International Airport bandara tertua di dunia
Bucharest Baneasa International Airport via romaniajournal.ro

Baca Juga: Berusia Lebih Dari Seabad, Ini Dia 5 Binatang Tertua Di Dunia!


5. Bremen Airport (Jerman)

Selain Hamburg Airport, Jerman masih memiliki bandara tertua di dunia yang masih beroperasi hingga kini. Bremen Airport menjadi bandara tertua di Jerman di mana pertama kali dibuka pada tahun 1913.

Sama seperti kebanyakan bandara tertua lainnya, bandara ini dulunya sempat digunakan sebagai pangkalan militer. Namun, pada tahun 1920, bandara ini akhirnya beralih fungsi menjadi bandara komersial.

Kini, bandara ini menjadi salah satu bandara tersibuk di Jerman. Fakta di mana kurang lebih 2,5 juta penumpang dan menawarkan penerbang non stop ke 50 destinasi jadi bukti kesibukan bandara tersebut.

Bremen Airport bandara tertua di dunia
Bremen Airport via WFB/Christian Ring

6. Don Mueang Airport (Thailand)

Tak jauh dari Indonesia, kamu bisa melihat secara langsung salah satu bandara tertua di dunia. Don Mueang Airport di Thailand termasuk bandara tertua karena sudah dibuka sejak tahun 1914.

Pada saat itu, bandara tersebut masih merupakan pangkalan militer bagi angkatan udara Thailand. Namun, bandara ini mulai dikomersilkan sejak tahun 1924 dan bertahan hingga saat ini.

Don Mueang Airport sendiri sempat tutup pada September 2006. Namun, bandara ini kembali dibuka pada Maret 2007 lantaran banyaknya maskapai yang memprotes tarif tinggi di Bandara Suvarnabhumi.

Don Mueang Airport bandara tertua di dunia
Don Mueang Airport via goasiadaytrip.com

Baca Juga: Ini Dia 10 Kota Paling Berbahaya Di Dunia. Sebaiknya Tak Usah Dikunjungi!


7. Amsterdam Airport Schiphol (Belanda)

Bandara tertua di dunia lainnya adalah Amsterdam Airport Schiphol. Bandara ini dibangun pertama kali pada tahun 1916 dan diperuntukkan untuk keperluan pangkalan militer udara Belanda pada zamannya.

Tak heran juga jika bandara ini menjadi saksi bisu Perang Dunia II. Pasalnya, bandara ini pernah mengalami kehancuran akibat perang tersebut namun kemudian dibangun kembali oleh pemerintah Belanda.

Kini, bandara ini beroperasi sebagai bandara komersil sejak tahun 1920. Bahkan, bandara yang berlokasi di Amsterdam ini menempati posisi kesembilan sebagai bandara tersibuk di dunia.

Amsterdam Airport Schiphol bandara tertua di dunia
Amsterdam Airport Schiphol via amsterdamyeah.com

8. Rome Ciampino Airport (Italia)

Daftar bandara tertua di dunia ditutup oleh Rome Ciampino di Italia. Bandara yang berlokasi kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota Roma ini mulai beroperasi sejak tahun 1916 hingga saat ini.

Bandara ini kini berfungsi sebagai hub utama untuk maskapai-maskapan bertarif rendah. Tak heran jika Rome Ciampino Airport menjadi saksi dari jutaan penumpang hilir mudik setiap tahunnya.

Bahkan, dengan permintaan yang lebih besar, bandara yang dulunya digunakan sebagai pangkalan udara militer ini menangani hampir secara eksklusif perbangan charter dan eksekutif selama lebih dari tiga dekade.

Rome Ciampino Airport bandara tertua di dunia
Rome Ciampino Airport via tika-tour.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Agar kamu bisa menikmati liburanmu dengan tenang, kamu pastinya membutuhkan tempat menginap yang nyaman pula. Salah satu tempat menginap yang cocok untuk hal tersebut adalah Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang cocok untuk kamu yang senang travelling. Fasilitasnya lengkap ditambah dengan harga inap per malam yang ramah di kantong menjadi daya tarik hotel kapsul ini.

Ingin memesan pod di Bobobox? Unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox Pods Kebayoran Baru

You might also like