konser musisi

14 Band 2000an Populer yang Mengajakmu Bernostalgia!

Tahun 200an menjadi salah satu tahun yang sangat seru untuk dikenang oleh anak 90an. Pasalnya, pada zaman tersebut, banyak band 2000an yang mengeluarkan hits terbaik mereka.

Tak seperti sekarang yang terlihat adem ayem, grup band 2000an indonesia silih berganti mengeluarkan lagu dan album yang laku di pasaran. Tak heran jika anak 90an rindu dengan gairah industri musik pada tahun 2000an.

Kepopuleran lagu hits dari band 2000an tak hanya membuat band-band tersebut terus dikenang tetapi juga membuatnya memiliki banyak fans yang tentunya akan menunggu setiap konser yang band 2000an adakan.

14 Band 2000an Indonesia yang Populer

Nah, dari sekian banyak band 2000an yang mencapai puncak popularitasnya, Bob sudah merangkum 10 band yang siap mengajakmu bernostalgia melalui tembang hits yang pernah mereka keluarkan. Check these out!

Baca juga: Selain Bahasa dan Alunan Musik, Kenali Lebih Dalam Perbedaan antara K-Pop dan J-Pop Berikut Ini!

1. Sheila On 7

Band 2000an pertama yang siap mengajakmu bernostalgia salah satunya adalah Sheila On 7. Band asal Yogyakarta ini terkenal dengan lagu-lagu yang ringan dan sangat relatable dengan suka duka percintaan dan masa remaja.

Dengan tema yang diusung di tiap album, tak heran jika banyak generasi milenial yang larut dalam nostalgia saat menonton langsung konser band 2000an yang sudah mengeluarkan 10 album ini.

Beranggotakan Duta (vokal), Eros (gitar), Adam (bass), dan Brian (drum), beberapa lagu yang patut kamu dengarkan kembali dari Sheila on 7 adalah Sephia, Lapang Dadang, Seberapa Pantas, dan masih banyak lainnya.

Sheila On 7

Sumber: voi.id

2. Letto

Band 2000an lainnya sama-sama datang dari Yogyakarta. Band tersebut adalah Letto. Dibentuk pada tahun 2004, Letto sendiri beranggotakan Noe (vokal), Patub (gitar), Arian (bass), dan Dhedot (drum).

Pada masa jayanya, lagu-lagu Letto seperti Permintaan Hati, Ruang Rindu, dan Sebelum Cahaya menjadi lagu yang wajib masuk playlist anak-anak generasi milenial pada tahun 2000an.

Sekarang ini, Letto sendiri sudah jarang tampil on air di layar kaca. Setelah mengeluarkan album Cinta, Bersabdalah, Letto belum mengeluarkan album dan lebih fokus untuk manggung secara off air.

Letto

Sumber: spotify.com

3. Peterpan

Tahun 2000an bisa dibilang menjadi panggung untuk band 2000an asal Bandung ini. Peterpan, atau lebih dikenal dengan nama Noah mampu menggebrak para pencinta musik tanah air dengan lagu-lagu yang begitu enak didengar.

Suara khas dan kharisma sang vokalis, Ariel menjadikan band ini termasuk band terpopuler di tahun 2000an. Kepopuleran Ariel membuat banyak anak 90an mengubah potongan rambut menjadi belah tengah seperti Ariel.

Pada zamannya, banyak radio memutar lagu-lagu hits yang ditelurkan oleh Ariel dkk. Beberapa lagu yang wajib kamu dengarkan untuk nostalgia adalah Ada Apa Denganmu, Topeng, Bintang di Surga, dan Mungkin Nanti.

peterpan

Sumber: spotify.com

4. Radja

Semenjak dirilisnya lagu Cinderella, Radja pun akhirnya menapaki karir yang menanjak setelahnya. Band 2000an ini bisa dibilang termasuk salah satu band yang karirnya cukup bersinar di periode tahun tersebut.

Lagu-lagu yang catchy dan mudah dihafal menjadikan lagu-lagu seperti Manusia Biasa, Benci Bilang Cinta, dan Jujur meresap dengan mudah ke telinga para penikmat musik pada saat itu.

Setelah lama tak muncul di layar kaca, banyak orang yang mengira bahwa nasib Radja berada di ujung tanduk. Berita tersebut sendiri akhirnya dibantah oleh Ian Kasela yang berkata bahwa Radja kini lebih sering off air.

radja band

Sumber: lifestyle.sindonews.com

5. Ada Band

Kamu tentu ingat dengan hits tahun 2000an seperti Manusia Bodoh, Karena Wanita, dan Manja. Pada tahun tersebut, lagu tersebut menjadi beberapa lagu yang sering diputar di radio dan penjual kaset bajakan.

Digawangi oleh Donnie Sibarani (vokalis), Krishna Balagita (keyboard), Marshal (gitaris) dan Dika Satjadibrata (bassis), band 2000an ini terkenal dengan lagunya yang bertema cinta dan patah hati.

Pada tahun 2017, Donnie hengkang untuk fokus di bidang kerohanian. Setelah sekian lama mencari vokalis baru, pada tahun 2020, Naga akhirnya didapuk menjadi vokalis baru Ada Band setelah keluar dari band lamanya, Lyla.

republik

Sumber: kompas.com

6. Kerispatih

Bagi kamu yang senang menonton sinetron atau FTV tahun 2000an, kamu pastinya kenal dengan lagu-lagu dari band 2000an ini. Pasalnya, lagu band ini memiliki lirik yang melankonis dan cocok untuk soundtrack FTV.

Dibentuk pada tahun 2003, Kerispatih sendiri awalnya beranggotakan Arief (gitar), Anton (drum), Andika (bass), dan Badai (keyboard). Berselang satu tahun, Sammy bergabung sebagai vokalis Kerispatih.

Kesuksesan yang diraih oleh Kerispatih mulai goyah diawali oleh tertangkapnya Sammy atas kasus narkoba. Setelahnya, pada tahun 2016, Badai pun keluar dari band 2000an ini untuk mengejar karir solonya.

kerispatih

Sumber: matamata.com

7. Nidji

Di tengah genre pop dan rock yang menghiasi musik Indonesia tahun 2000an, band 2000an ini datang dengan genre yang relatif segar. Tak heran jika band ini akhirnya menyita perhatian publik musik Indonesia.

Band tersebut adalah Nidji. Tak hanya musiknya yang segar untuk pendengar musik pada tahun 2000an, keunikan lain dari band 2000an ini adalah penampilan mantan vokalis Nidji, Giring yang tampil nyentrik.

Biarlah, Laskar Pelangi, Rahasia Hati menjadi beberapa hits dari band yang kini mulai menapaki karir band yang baru. Hal ini terjadi setelah ditinggal oleh Giring Ganesha yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Nidji

Sumber: pekanbaru.tribunnews.com

8. Padi

Band 2000an lainnya adalah Padi. Terbentuk sejak tahun 1997, Padi sendiri sebenarnya merupakan sebuah proyek seni dari aktivitas kampus lima mahasiswa di Universitas Airlangga, Surabaya.

Band 2000an ini dikenal dengan hits yang siap melelehkan hatimu saat mendengarkannya. Beberapa di antaranya adalah Menunggu Sebuah Jawaban, Semua Tak Sama, dan Kasih Tak Sampai.

Setelah vakum kurang lebih selama tujuh tahun mulai dari tahun 2011, Padi pun akhirnya comeback ke industri musik Indonesia dengan melabeli diri mereka dengan nama baru yakni Padi Reborn.

padi

Sumber: entertainment.kompas.com

9. Slank

Anak 90an rasanya pasti kenal dengan band 2000an ini. Pasalnya, band satu ini termasuk salah satu band yang cukup lama berkiprah di industri musik Indonesia. Band tersebut adalah Slank.

Band yang mengusung aliran rock ini pun seringkali menciptakan lagu-lagu yang bermuatan kritik sosial untuk pemerintah. Walaupun sering dicekal, hal tersebut tak menyerutkan Kaka dkk. untuk tetap menelurkan lagu bertema kritik sosial.

Tak melulu hanya seputar kritik sosial, beberapa lagu dari band 2000an yang masih eksis hingga saat ini pun mengusung tema yang diterima oleh banyak kalangan yakni cinta. Salah satu hits populernya adalah I Miss U but I Hate U.

slank

Sumber: infopublik.id

10. Naif

Tak lengkap rasanya jika bernostalgia era 2000an tanpa menyebut nama band 2000an satu ini. Pasalnya, hits yang band ini keluarkan sendiri sangat relatable dengan zamannya namun masih tetap asyik untuk didengar sekarang.

Band yang Bob maksud adalah Naif. Banyak hits yang dipopulerkan oleh band asal Jakarta yang digawangi oleh David Bayu (vokal), Emil (bass), Jarwo (gitar), dan Pepeng (drum).

Beberapa hits yang siap mengajakmu bernostalgia adalah Air dan Api, Mobil Balap, Benci untuk Mencinta, Posesif, dan masih banyak lainnya. Sejauh ini, Naif telah mengeluarkan 11 album selama 25 tahun perjalanan musik band 2000an ini.

Naif

Sumber: suara.com

11. Repvblik

Pada tahun 2000-an, Repvblik juga mencapai puncak kesuksesan mereka. Lagu-lagu mereka yang penuh perasaan dapat dengan mudah menyentuh hati pendengar. Salah satu lagu mereka yang sangat terkenal saat itu adalah ‘Hanya Ingin Kau Tahu’. Sampai sekarang, band ini masih aktif dan terus berkontribusi dalam dunia musik.

Repvblik

Sumber: kompas.com

12. Domino

Pada era 2000-an, lagu-lagu dari Domino yang penuh energi dengan lirik karena memiliki makna mendalam sangat digemari. Salah satu lagu yang sangat populer pada masa itu adalah ‘Siapa yang Pantas’. Saat ini, band ini mengubah namanya menjadi Govinda dan terdiri dari lima anggota. Mereka terus eksis dan aktif dalam industri musik hingga kini.

domino

Sumber: kapanlagi.com

13. ST12

Pada dekade 2000-an, ST12 meraih kesuksesan yang luar biasa. Band ini menciptakan banyak lagu yang sangat bagus. Band ST12 terkenal dengan lagu-lagu pop melayu yang memiliki ciri khas suara vokalisnya, yaitu Charly.

Sayangnya, band ini mengalami pemutusan hubungan di tahun 2011. Namun, mereka kembali bersatu pada tahun 2012 dengan anggota baru. Charly kemudian memutuskan untuk meninggalkan ST12 yang telah memberinya ketenaran. Dia dan Pepeng kemudian membentuk sebuah band baru yang bernama Setia Band.

ST12

Sumber: spotify.com

14. Kangen Band

Kangen Band memiliki popularitas yang tinggi di masa lalu dengan lagu-lagu pop melayu yang menjadi ciri khas mereka. Andika sebagai vokalis memiliki suara yang sangat khas dalam lagu-lagu Kangen Band.

Sayangnya, band ini mengalami banyak masalah, termasuk keputusan Andika untuk keluar dari band tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga sering mengalami pergantian personel. Saat ini, tidak ada kabar terbaru tentang band ini dan kabarnya mereka telah bubar dan tidak aktif lagi.

Kangen Band

Sumber: twitter.com

Baca juga: Pernah Dengar, tapi Apa? Inilah 12 Musik Klasik Paling Ikonik yang Sering Diputar!

Menginap sambil Mendengarkan Hits Band 2000an? Ya di Bobobox

Ingin nostalgia sambil tidur dengan nyaman di kamar yang luas? Datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren seperti lampu LED yang siap menemanimu saat mendengarkan hits dari band 2000an.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles