Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bala Balakang; Surga Snorkling di Timur Indonesia

Siap-siap untuk berlama-lama selama snorkling

Bobobox.co.id — Daerah timur Indonesia sepertinya tidak ada habisnya untuk memesona dengan banyaknya tempat wisata alam yang ciamik. Salah satunya adalah Balabalakang yang menjadi surga bagi kamu yang senang dengan olahraga snorkling.

Balabalakang, atau sering juga disebut dengan nama Balabalagan, ini masih cukup asing di telinga sebagai salah satu destinasi wisata snorkling. Berlokasi di Selat Makassar, pulau satu ini sempat diperebutkan oleh dua wilayah yaitu Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur.

Tak mengherankan mengingat sunganya snorkling ini memang lebih dekat dengan Kalimantan Timur. Walaupun pada akhirnya, kepulauan satu ini termasuk ke dalam wilayah Sulawesi Barat dengan nama resmi Bala Balakang. Kepulauan Bala Balakang sendiri terdiri dari 16 pulau yang diantaranya Pulau Salissingan, Saboyang, Poongan, Sumanga Besar, dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang ingin datang ke Bala Balakang, kamu harus menempuh perjalanan dengan durasi waktu hingga delapan jam dari Kalimantan Timur. Walaupun cukup lama, tapi kamu akan disuguhi dengan gugusan alam dan laut birunya yang jernih. Sehingga, kamu bisa melihat makhluk-makhluk laut dan terumbu karang dengan mata telanjang.

Bala Balakang Sebagai Surga Snorkling

Nah, dengan lautnya yang masih terjaga, tak salah jika Bala Balakang menjadi tempat yang cocok dan menjadi surganya untuk snorkling. Salah satu yang bisa kamu lihat langsung saat snorkling adalah terumbu karang. Didominasi oleh terumbu karang jenis hard coral, kamu tidak hanya akan melihat terumbu karang saja di sini.

Saat kamu snorkling, kamu akan menemukan banyak schooling fish dan berbagai macam ikan-ikan karang. Tidak hanya itu, di sela-selanya pun kamu bisa melihat secara langsung anemon dan ikan nemo yang lucu. Sangat mengasyikkan dan seru bukan?

Kamu bisa jadi akan lupa waktu saat kamu memutuskan untuk snorkling. Bala Balakang sendiri menawarkan biota laut yang masih terjaga dan air laut dan pantainya yang masih jernih membuatmu akan betah lama-lama untuk snorkling baik sendiri maupun bersama teman-temanmu.

via sulbarpedia.com

Rute untuk Sampai ke Bala Balakang

Kalau kamu mau sampai ke Bala Balakang, ada 5 titik lokasi yang bisa kamu gunakan sebagai awal dari perjalananmu menuju Bala Balakang. Lima lokasi tersebut satu dari Mamuju di Sulawesi Barat dan sisanya dari Kalimantan Timur yaitu Kampur Baru Balikpapan, Penajam, Desa Lori Tana Grogot, dan Desa Tanjung Aru Tana Grogot.

Dari keempat titik dari Kalimantan Timur, rute yang akan dijelaskan adalah yang melalui titik Tana Grogot. Dari Tana Grogot, kamu bisa menuju ke Desa Lori atau Desa Tanjung Aru untuk setelah itu barulah naik kapal untuk bisa sampai ke Gusung Tandu. Untuk sampai ke Bala Balakang, kamu bisa menempuhnya dengan waktu 1 jam dari Gusung Tandu.

Selain dengan kapal, kamu pun bisa mempertimbangkan untuk menumpang kapal nelayan jika jumlah orang yang pergi bersamamu cukup sedikit. Di sini, kamu bisa ikut tidur dan makan juga menjelajah Bala Balakang sesuai rute dari nelayan tersebut.

snorkling kapal nelayan
via kabarcirebon.co.id

Menginap yang Menyenangkan? Ya di Bobobox

Mencari tempat menginap selain yang memberikan kenyamanan saat beristirahat, mendapatkan pengalaman yang menyenangkan bisa jadi salah satu pilihannya. Nah, untuk mendapatkan keduanya, kamu cukup menginap di Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul kekinian dengan maskot binatang Koala. Harganya yang relatif murah namun dengan fasilitas keren akan cocok bagimu yang sedang liburan bujet.

Pemesanannya pun tergolong mudah. Cukup unduh aplikasi Bobobox di sini dan setelah itu, kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.

suasana kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.