Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bahayanya Memaksa Menyimpan Barang Berlebih di Atap Mobil

Jangan abaikan keselamatan kamu dan orang lain

Saat mudik, liburan panjang atau kembali dari kampung halaman, kamu cenderung membawa barang berlebih. Jika barang-barang tersebut masih muat dalam bagasi atau space dalam mobil yang masih kosong, tentu tidak masalah. Terkadang kamu pun terpaksa menyimpan barang-barang tersebut di atap mobil kamu karena memang sudah tidak muat lagi jika dipaksa masuk dalam mobil. Namun, tahukah kamu tentang bahaya barang di atap mobil?

Menggunakan atap mobil untuk barang kamu memang tidak ada salahnya. Namun, sebelum melakukan hal tersebut kamu juga perlu mengetahui risikonya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja bahaya barang di atap mobil itu? Simak ulasannya berikut ini!

Berpotensi Jatuh

@liuba12 via Freepik

Sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan bahaya barang di atap mobil sehingga barang-barang bawaan hanya diikat ala kadarnya saja menggunakan tali tambang atau semacamnya. Ikatannya pun terkadang seadanya saja sehingga tidak memperhatikan keselamatan dan keamanan yang menyeluruh.

Hal ini tentu tidak dibenarkan karena hal ini berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya. Jika barang tersebut jatuh, apalagi dalam jumlah besar, barang tersebut mungkin akan menghalangi jalan kendaraan di samping atau belakangnya. Yang terburuk, barang tersebut justru dapat menghantam mobil lainnya. Kedua hal tersebut tentunya akan membuat lalu lintas menadi kacau dan terganggu.

Menambah Tinggi Mobil

Meski sudah memasang roof box atau roof rack sekalipun, tidak serta kamu terlepas dari bahaya barang di atap mobil karena roof box atau roof rack sendiri hanyalah kompartmen tambahan saja. Bahaya barang di atap mobil bisa menimpa kamu jika barang yang kamu bawa memiliki bobot yang cukup berat.

Barang dengan bobot berat biasanya merupakan barang dengan jumlah besar dan tentunya akan menambah ketinggian mobil. Jika ketinggian mobil bertambah, hal tersebut akan berpengaruh pada stabilitas mobil tersebut.

Dalam hal ini, kestabilan mobil kamu bisa berkurang sehingga menyebabkan bertambahnya efek body roll (miring atau limbung saat berada di tikungan seolah terlempar ke arah sebaliknya). Hal ini akan semakin berbahaya jika mobil melaju dengan cepat di tikungan dan berakibat meningkatnya kemungkinan mobil limbung dan terguling.

Meletakan barang di atap sama dengan menambah ketinggian mobil. Dalam kondisi tersebut, otomatis akan membuat kestabilan mobil berkurang karena menambah efek body roll. Makin berbahaya lagi saat mobil melesat kencang di jalan tikungan yang membuat potensi mobil limbung dan terguling cukup besar.

Selain berpengaruh pada stabilitas, ketinggian juga akan membuat kamu repot karena mobil kamu bisa saja melebihi batas maksimal tinggi mobil di titik-titik tertentu seperti pintu tol atau parkir bawah tanah. Kamu bisa kerepotan karena tidak bisa mengatre di jalur khusus untuk mobil penumpang.

Bikin Boros

@vgstockstudio via Freepik

Bahaya barang di atap mobil juga berpengaruh pada kecepatan mobil tersebut. Karena bobotnya berlebih, aerodinamika (berkenaan dengan kecepatan mobil dan hambatan udara ketika melaju) mobil pun akan terdampak. Saat melaju dengan kecepatan tinggi, hambatan angin akan semakin terasa. Dengan kata lain, kamu melaju melawan angin dan hal tersebut berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Akibatnya, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih boros.

Merusak atap

Bahaya barang di atap mobil lainnya adalah adanya kerusakan pada atap itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi jika tidak menggunakan roof box. Jika kamu langsung menaruh barang kamu di atas atap, cat atap mobil mungkin tergores dan permukaan atap bisa saja melengkung karena kelebihan bobot.

Jika hendak berlibur, mudik dan sebagainya sebisa mungkin kamu tidak membawa barang berlebihan. Jika terpaksa, pastikan gunakan roof box atau roof rack dengan untuk barang bawaan kamu dan jangan sampai melebih kapasitas agar terhindar dari bahaya barang di atap mobil.

Setelah persoalan barang selesai, kini saatnya kamu memilih akomodasi untuk melepas lelah kamu setelah lama menyetir. Tidak usah pusing-pusing, ke Bobobox saja!

Penginapan berkonsep hotel kapsul yang terintegrasi dengan tekonologi canggih ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang akan membuat kamu merasa nyaman, aman dan betah berlama-lama di sana. Ada keyless access, contactless check-in dan check-out, Bluetooth speaker, moodlamp, dan masih banyak lagi. Yuk segera unduh aplikasinya untuk merasakan keseruan tersebut!

You might also like