Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan

Ada bahaya dibalik kesegaran minuman bersoda

Bobobox.co.id — Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi menjadi pilihan saat cuaca sedang panas-panasnya. Sensasi menyegarkan bisa langsung dirasakan setelah mengonsumsi minuman ini.

Dibalik kesegaran yang diberikan, terdapat bahaya yang mengintai jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahaya minuman bersoda ini sendiri benar-benar tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Pasalnya, bahan yang digunakan untuk minuman berkarbonasi ini adalah bahan pemanis, pengawet, dan pewarna yang memang tidak baik untuk tubuh.

Nah, berikut merupakan 10 bahaya minuman bersoda jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Jika terlanjur mengonsumsi secara berlebihan, coba untuk menguranginya mulai dari sekarang, ya!

Berikut adalah Bahaya Minuman Bersoda

1. Menambah Berat Badan

Bahaya minuman bersoda pertama adalah menambah berat badan. Bahkan, tak sekadar bertambahnya berat badan, kemungkinan untuk obesitas pun semakin tinggi saat berlebihan mengonsumsinya.

Kalori dalam minuman bersoda sendiri memang sama dengan kalori dalam makanan berat. Namun, kandungan kalori pada minuman bersoda tidak membuat kenyang bahkan meningkatkan nafsu makan.

Naiknya berat badan tidak akan terhindarkan saat kamu mengonsumsi minuman bersoda dan makanan tinggi kalori secara bersamaan. Lemak di perut pun akan semakin menumpuk.

Menambah berat badan bahaya minuman bersoda
Menambah berat badan via pexels.com/@pixabay

2. Merusak Gigi

Bahaya minuman bersoda untuk kesehatan adalah merusak gigi. Kandungan kadar gula tinggi dan sirup fruktosa dalam minuman bersoda menjadi biang keladi dalam kerusakan gigi yang dialami.

Tak hanya itu, ada kandungan lain pada minuman bersoda yang menyebabkan kerusakan gigi. Kandungan asam fosfat dan asam karbonat pada sebagian minuman bersoda menjadi penyebab terkikisnya enamel gigi.

Hal tersebut terjadi karena sifat asamnya yang tinggi. Jika gigi mengalami serangan terus menerus dari kandungan-kandungan tersebut, risiko kerusakan gigi pun akan semakin meningkat.

Merusak gigi bahaya minuman bersoda
Merusak gigi via pexels.com/@shiny-diamond

3. Kecemasan

Dalam setiap kaleng minuman bersoda, kamu akan mengonsumsi jumlah kafein yang sama dengan secangkir kopi. Hal ini pulalah yang membuat konsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan insomnia.

Saat insomnia berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dampat yang bisa dirasakan adalah kecemasan. Kecemasan yang dirasakan akibat minuman bersoda bisa mengarah pada serangan panik.

Untuk itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda. Tak hanya itu, untuk mendapatkan kafein, ada baiknya jika kamu memilih salah satu minuman berkafein.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
Cemas via pexels.com/@punttim

Baca Juga: Ternyata Ibu Benar! Ini Dia 7 Bahaya Tidur Di Lantai Wajib Kamu Ketahui


4. Meningkatnya Risiko Penyakit Jantung

Tak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, bahaya minuman bersoda lainnya adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena kandungan gula tinggi pada minuman bersoda.

Tak hanya dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung saja. Minuman bersoda sendiri dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, dan tekanan darah tinggi.

Bahkan, risiko ini pun sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan serangan jantungan dan juga stroke.

Meningkatnya risiko penyakit jantung bahaya minuman bersoda
Meningkatnya risiko penyakit jantung via pexels.com/@freestocks

5. Risiko Kanker

Meningkatnya risiko kanker menjadi bahaya minuman bersoda lainnya. Alasannya sendiri cukup sederhana. Bahan kimia pada minuman bersoda yang menjadi biang utama penyebab kanker pada tubuh.

Salah satunya adalah benzena. Bagi kamu yang tak familiar dengan zat satu ini, benzena merupakan campuran dari benzoat, asam askorbat, dan logam yang juga menjadi zat pemicu kanker.

Dengan fakta tersebut, konsumsi minuman ini secara berlebihan dapat meningkatkan risiko mengidap kanker. Kanker pankreas menjadi salah satu penyakit kanker yang meningkat risikonya.

Risiko kanker bahaya minuman bersoda
Risiko kanker via pexels.com/@padrinan

6. Diabetes

Penyakit berbahaya benar-benar mengintai bagi kamu yang terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. Di samping yang sudah disebutkan, diabetes menjadi bahaya lain yang mengintai.

Bahaya minuman bersoda ini terjadi karena minuman soda mampu mengubah cara kerja metabolisme tubuh. Berubahnya cara metabolisme ini berpotensi meningkatkan risikomu terserang diabetes tipe 2.

Pasalnya, 10 hingga 15 sendok gula terdapat pada minuman soda. Kandungan tersebut setara dengan kebutuhan gula sehari bahkan lebih. Hal ini yang menyebabkan risiko diabetes tipe 2 meningkat.

Diabetes bahaya minuman bersoda
Diabetes via pexels.com/@wdnet

Baca Juga: Diam-Diam Membahayakan, Ini Dia 7 Bahaya Sering Makan Mi Mengintaimu Setiap Saat


7. Terganggunya Fungsi Otak

Seperti yang sudah kamu ketahui, minuman soda mengandung pemanis buatan seperti aspartame. Kandungan tersebut mengandung fenilanin yang menjadi salah satu bahan pada minuman soda.

Mja, jika dikonsumsi secara berlebihan, zat tersebut berisiko menyebabkan kerusakan pada otak. Tak hanya itu, risiko lain seperti kejang dan gangguan genetik fenilketonuria lainnya.

Terkait kerusakan pada otak, minuman soda memungkan adanya penghambatan kinerja ratusan protein dalam otak. Bahkan, para ahli percaya bahwa konsumsi berlebih bisa menyebabkan hiperaktif.

Terganggunya fungsi otak bahaya minuman bersoda
Terganggunya fungsi otak via pexels.com/@mart-production

8. Rusaknya Organ Hati

Fruktosa merupakan zat kimia yang wajib dihindari untuk dikonsumsi secara berlebih. Pasalnya, fruktosa akan berbahaya bagi kesehatan jika masuk secara berlebihan dalam tubuh.

Fruktosa sendiri hanya dapat dimetabolisme oleh hati saja. Untuk itu, saat zat tersebut masuk dalam tubuh, hati pun akan mengubah kandungan fruktosa berlebih menjadi lemak.

Lemak yang tidak keluar sebagai trigliserida darah akan tetap mengendap di hati. Jika terus menerus terjadi, hal inilah yang menjadikan rusaknya organ hati yang menjadi bahaya minuman bersoda.

Rusaknya organ hati bahaya minuman bersoda
Rusaknya organ hati via proactiveinvestors.co.uk

9. Menurunkan Kualitas Tulang

Seperti yang disinggung sebelumnya, minuman bersoda mengandung beberapa kandungan berbahaya untuk tubuh. Salah satunya adalah asam folfat yang dapat menguras kalsium yang masuk.

Tak hanya itu, minuman bersoda pun dapat memengaruhi penyerap vitamin D dari makanan ataupun minuman yang kamu konsumsi. Hal ini akan berdampak besar jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, minuman berkarbonasi ini akan menyebabkan menurunnya kualitas tulang. Di samping itu, pertumbuhan tulang pun bisa teranggu bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Menurunkan kualitas tulang bahaya minuman bersoda
Menurunkan kualitas tulang via chicagohealthonline.com

Baca Juga: Sering Mengalami Perut Kembung? Hindari 7 Bahan Makanan Menyebabkan Kembung Ini Ya!


10. Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Bahaya minuman bersoda terakhir adalah mampu menghalangi tubuh dalam proses melawan bakteri. Hal tersebut terjadi karena kandungan gula yang sangat tinggi yang terkandung dalam minuman berkarbonasi ini.

Seperti yang sudah Bob singgung, minuman bersoda mengandung kurang lebih 10 hingga 12 sendok gula. Tingginya kandungan ini mampu melemahkan kemampuan sel darah putih.

Melemahnya fungsi sel darah untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat pun akan mempengaruhi daya tahan tubuh. Dengan begitu, kamu pun bisa saja rentan terkena berbagai penyakit.

Melemahkan daya tahan tubuh bahaya minuman bersoda
Melemahkan daya tahan tubuh via pexels.com/@olly

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Sedang gelisah dalam mencari akomodasi penginapan yang nyaman untuk diinapi selama mewabahnya virus corona di Indonesia? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengunjungi Bobobox.

Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini setiap harinya melakukan penyeterilan terhadap fasilitas-fasilitas. Hal ini demi menjaga kenyamanan selama menginap di Bobobox.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan pod, ya!

You might also like