Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ngeri! Ini Dia 5 Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa

Jangan digunakan! Berikut adalah bahaya make up yang sudah kadaluarsa.

Bahaya make up yang sudah kadaluarsa berikut ini menjadi edukasi penting yang harus diketahui tak hanya wanita tapi juga pria yang kerap kali menggunakan make up dalam keseharian dan pekerjaannya. Tak dipungkiri, make up memang telah menjadi pelengkap bagi sebagian besar orang dan dapat menunjang beragam aktivitas dan juga pekerjaan. Make up memegang peran penting untuk mengubah, melengkapi, dan menonjolkan karakter, ekspresi, juga kecantikan wajah seseorang.

Namun bagaimana jadinya jika make up yang seharusnya digunakan untuk mempercantik tampilan wajah kamu malah membuat kulit wajah kamu iritasi dan rusak? Hal ini sangat mungkin terjadi salah satunya karena bahaya make up yang sudah kadaluarsa. Langsung saja kita simak informasi mengenai bahaya make up yang sudah kadaluarsa berikut ini!

1. Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa: Maskara dan Eyeliner

Bahaya make up yang sudah kadaluarsa yang pertama adalah membuat mata iritasi karena penggunaan maskara dan eyeliner yang sudah digunakan 2-3 bulan atau bahkan lebih. Maskara dan eyeliner yang kamu miliki sebaiknya harus segera dibuang jika sudah memasuki usia 3 bulan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi pada mata kamu. Jika maskara yang kamu miliki konsistensinya sudah berubah dari cair menjadi mengeras, menggumpal, atau berbau aneh sebaiknya segera buang.

Usia penggunaan maskara dan eyeliner ini memang tidak begitu lama sehingga kamu harus merelakan untuk membuang maskara kamu jika sudah kadaluarsa demi kesehatan mata kamu. Bahaya make up yang sudah kadaluarsa ini terjadi karena proses buka dan tutup maskara juga eyeliner. Proses ini menjadi celah sarang tempat bakteri berkumpul seiring berjalannya waktu. Jika kamu sering mengalami keluhan mata gatal dan memerah atau bahkan sampai bintitan mungkin hal ini adalah penyebabnya.

2. Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa: Foundation, Concealer, Blush On Cair

Bahaya make up yang sudah kadaluarsa selanjutnya adalah kulit yang berjerawat karena penggunaan foundation, concealer, dan blush on cair kadaluarsa. Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya umur pemakaian make up seperti foundation, concealer, dan blush on cair adalah 6-12 bulan sejak produk dibuka. Namun jika komponen cairan pada foundation, blush on cair, dan concealer menjadi terpisah maka kamu harus waspada.

Sama halnya jika warna memudar sebelum masa kadaluarsa maka sebaiknya segera buang make up kamu tersebut. Hal ini menjadi beberapa pertanda bahwa make up yang kamu miliki sudah mengalami penurunan kualitas dan perubahan kimia di dalamnya yang mungkin saja berbahaya bagi kulit wajah kamu. Untuk menghindari bahaya make up yang sudah kadaluarsa sebaiknya simpan make up cair kamu di suhu ruangan yang kering.

3. Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa: Lipstik dan Lipgloss

Bahaya make up yang sudah kadaluarsa berikutnya adalah membuat bibir kamu iritasi karena penggunaan lipstik maupun lipgloss kadaluarsa. Siapa bilang iritasi karena bahaya make up yang sudah kadaluarsa hanya bisa terjadi pada kulit wajah dan mata saja? Faktanya bahaya make up yang sudah kadaluarsa ini bisa juga terjadi karena lipstik dan lipgloss yang sudah memasuki usia 1-2 tahun penggunaan.

Meskipun usia pemakaiannya terbilang cukup lama kamu tetap harus waspada salah satunya dengan menjaga kebersihan make up kamu. Lipstik dan lipgloss yang sering kali digunakan oleh beberapa orang tentunya akan memberi celah bagi bakteri untuk berpindah dari bibir ke bibir melalui perantara lipstik. Untuk menghindari hal ini terjadi kamu bisa menggunakan kuas lipstik yang sering kamu bersihkan untuk mengurangi kontaminasi bakteri ini.

4. Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa: Bedak, Eyeshadow Padat, Blush on Padat

Tak kalah berbahaya dengan bahaya make up yang sudah kadaluarsa di atas, bahaya make up yang sudah kadaluarsa berikut ini pun sebaiknya tidak kamu sepelekan. Meke up dengan tekstur padat memang dikenal memiliki usia pakai yang cenderung lebih panjang dibandingkan make up dengan tekstur cair. Namun hal ini bukan berarti bahaya make up yang sudah kadaluarsa terbilang enteng karena make up ini justru dapat menjadi sasaran empuk bagi bakteri untuk berkembang biak.

Jika bedak, eyeshadow, dan blush on padat milik kamu dirawat dengan baik dan senantiasa dalam keadaan kering maka bakteri tidak dapat berkembang biak. Untuk menghindari bahaya make up yang kadaluarsa pada make up ini disarankan untuk sering mengikis lapisan keras pada permukaan make up. Lapisan keras ini timbul karena adanya percampuran antara make up dengan air atau minyak yang tentunya dapat menjadi sarang bakteri.

Namun jika bedak, eyshadow, dan blush on padat milik kamu dirawat dengan baik, usia pemakaiannya bahkan bisa mencapai tiga hingga empat tahun. Pastikan bedak, eyshadow, dan blush on padat milik kamu selalu dalam kondisi kering dan menunjukkan bentuk yang baik dan masih menunjukkan performa yang baik di kulit wajah kamu. Untuk mencegah bahaya make up yang sudah kadaluarsa adalah dengan mengganti make up kamu setidaknya setiap satu tahun sekali.

bahaya make up yang sudah kadaluarsa

5. Bahaya Make Up yang Sudah Kadaluarsa: Aplikasi Make Up

Bahaya make up yang sudah kadaluarsa yang terakhir adalah alat pengaplikasian make up. Alat ini diantaranya adalah sponge dan juga beauty blender. Seperti yang kamu ketahui sponge dan beauty blender merupakan beberapa contoh alat aplikasi make up yang memiliki sifat menyerap cairan. Hal inilah yang membuat sponge dan beauty blender sangat pas untuk digunakan dalam pengaplikasian make up.

Kondisnya yang sering kali harus dalam kondisi lembab saat pengaplikasian make up. Hal inilah yang membuat sponge dan beauty blender rentan menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu para pengguna sponge dan beauty blender sangat disarankan untuk rajin mencuci sponge dan beauty blender setelah pemakaian.

Selain itu untuk menghindari tumbuhnya bakteri karena usia pemakaian sponge dan beauty blender yang terlalu lama. Sebaiknya ganti sponge dan beauty blender setidaknya 2-3 bulan sekali. Jika kamu merupakan pengguna kuas atau brush pastikan untuk sering mencucinya dan gantilah jika bulu kuasnya sudah mulai rontok dan rusak. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Staycation Asyik di Bobobox, Yuk!

Menghindari kesalahan umum makeup tak sesusah itu kok. Sama seperti mencari tempat staycation yang seru, instagrammable, serta dilengkapi dengan fasilitas yang unik. Staycation saja di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Enggak ada alasan untuk takut menginap di Bobobox, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan demi keamanan dan kenyamananmu. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di sini sekarang, yuk!

Bobobox Pods Pancoran

You might also like