Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati! Ini 10 Bahaya Makan Mi dan Nasi Bersamaan!

Bahaya makan mi dan nasi ini tak boleh kamu sepelaken. Yuk cari tahu di sini!

Bahaya makan mi dan nasi ini seringkali disepelekan banyak orang. Kebiasaan makan mi insan bersamaan dengan nasi ini banyak dilakukan masayarakat salah satunya karena alasan agar porsinya cukup mengenyangkan. Pasalnya banyak orang mengaku jika porsi satu bungkus mi instan itu tidak cukup mengenyangkan sehingga mi instan seolah menjadi lauk nasi agar makan menjadi kenyang. Sayangnya banyak orang juga yang tidak mengetahui bahaya makan mi dan nasi bersamaan ini.

Bahaya makan mi dan nasi ini faktanya akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan manusia. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui nasi merupakan salah satu panganan yang biasa kita konsumsi dan menyumbang glukosa dalam jumlah banyak. Terdapat beragam bentuk karbohidrat yang bisa kita konsumsi seperti nasi dan juga terigu. Mi adalah salah satu jenis panganan yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu.


Baca Juga: Penyelamat Anak Kostan, Ini Dia 7 Fakta Momofuku Ando, Penemu Mie Instan


Oleh karena itu bisa dibilang saat kamu mengonsumsi mi dan nasi maka kamu sedang mengonsumsi dua jenis karbohidrat dengan porsi besar bersamaan. Alih-alih memberikan rasa kenyang berkepanjangan, kebiasaan buruk ini juga memberikan bahaya makan mi dan nasi secara berkepanjangan pula dari segi kesehatan. Salah satu bahaya makan mi dan nasi yang umum terjadi adalah meningkatkan risiko penyakit diabetes. Berikut adalah bahaya makan mi dan nasi di antaranya.

1. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Gizi tak Terpenuhi

Bahaya makan mi dan nasi yang pertama adalah tak terpenuhinya kebutuhan gizi tubuh harian yang kemudian akan membuat tubuh kamu lemas dan mudah sakit. Bahaya makan mi dan nasi ini mungkin tidak akan kamu rasakan dalam jangka pendek, namun jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut maka tubuh kamu akan sangat mudah terserang penyakit.

2. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Meningkatkan Hormon Insulin

Bahaya mengonsumsi mi dan nasi berikutnya adalah meningkatkan produksi hormon insulin. Seperti yang kamu ketahui baik mi dan nasi keduanya mengandung kadar karbohidrat yang tinggi. Selain karbohidrat, kedua jenis panganan ini pun  mengandung sekitar 750 kalori jika dimakan bersamaan. Saat angka karbohidrat yang dikonsumsi berlebihan maka zat gula pada karbohidrat ini akan berubah menjadi hormon insulin. Saat hormon insulin meningkat maka kamu akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

Diabetes (pixabay.com)

3. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Merusak Pankreas

Bahaya makan mi dan nasi selanjutnya adalah meningkatkan resiko kerusakan pada organ pankreas. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tingginya porsi karbohidrat membuat jumlah gula darah meningkat sehingga hormon insulin pun ikut mengalami lonjakan. Saat hormon insulin secara paksa mengalami peningkatan maka pankreas yang merupakan organ penghasil hormon insulin akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Hal inilah yang dikhawatirkan akan merusak pankreas.


Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama: Ini Perbedaan Indomie Di Luar Negeri Dengan Di Indonesia


4. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Risiko Diabetes Melitus

Saat pankreas mengalami kerusakan maka tubuh tak bisa memfilter gula dan darah dengan maksimal. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh kamu berisko terserang penyakit diabetes melitus. Konsumsi karbohidrat yang meningkat akan meningkatkan gula darah, dan hormon insulin. Hormon insulin yang berlebih ini kemudian membuat tubuh jadi memproduksi glukosa berlebihan.

5. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Melebarkan Volume Perut

Kamu mungkin sering mendengar salah satu jenis diet yang mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat atau yang menghentikan konsumsi nasi juga terigu. Faktanya diet semacam ini mampu mengurangi jumlah kalori secara efektif karena  karbohidrat hanya akan menambah lebar volume perut. Saat kebiasaan mengonsumsi mi dan nasi ini dibiarkan berlarut-larut maka volume perut akan sulit untuk dikendalikan. Pada kasus yang buruk, kebiasaan ini akan mengarah pada obesitas.

6. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Kandungan Mi Instan Tidak Baik

Apakah mi insatan memiliki kandungan gizi? Faktanya sebungkus mi instan pada umumnya memiliki kandungan gizi yang sangat buruk karena di dalamnya tidak ada kandungan vitamin, protein, maupun serat. Sebungkus mi instan hanya mengandung tiga jenis kandungan utama yaitu karbohidrat, lemak, juga garam yang tinggi pada bumbunya. Oleh karena itu mengonsumsi mi instan tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.


Baca Juga: 10 Menu Makan Anak Kos Selain Mie!


7. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Batu Ginjal

Bahaya kebiasaan buruk ini juga dapat menimbulkan resiko bantu ginjal. Hal ini dapat terjadi karena mi instan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Tingginya kandungan garam karena jumlah mi instan yang kamu konsumsi kemudian akan semakin memicu pembentukan batu ginjal.

8. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Kanker

Tak banyak orang tahu jika kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan resiko kanker pada tubuh. Penyakit kanker ini bisa muncul pada tubuh salah satunya karena pertumbuhan sel kanker sangat dipengaruhi bahan kimia dan bahan pengawet dalam mie instan. Seperti yang kamu ketahui bahwa bahan kimia kebanyakan memiliki sifat karsinogenik.

9. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Ganggu Pencernaan

Bahaya makan mi dan nasi yang satu ini pun tak kalah berbahaya. Gangguan pencernaan merupakan salah satu bahaya yang bisa terjadi pada tubuh kamu saat kamu mengonsumsi mi dan nasi secara bersamaan. Gangguan pencernaan ini timbul karena kandungan serat, protein, dan nutrisi pada mi instan dan nasi sangatlah rendah. Oleh karena itu tak heran jika kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan perut mengalami sembelit yang terus berulang.

Bahaya Makan Mi dan Nasi

10. Bahaya Makan Mi dan Nasi: Merusak Otak

Tak hanya kanker, kebiasaan buruk mengonsumsi mi dan nasi ini juga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada otak. Sama halnya dengan kanker, otak pun dapat mengalami kerusakan ataupun penuruan fungsi yang dipengaruhi oleh zat kimia yang menumpuk dalam tubuh. Jika kebiasaan buruk ini selalu dilakukan maka akan terjadi penurunan transmisi sinyal otak yang dapat berakibat pada stroke atau kelumpuhan.

Cara Menghindari Bahaya Makan Mi dan Nasi

Tentunya kamu tidak menginginkan bahaya-bahaya yang baru saja Bob sebutkan terjadi pada tubuh kamu. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk segera memulai gaya hidup yang sehat. Boleh-boleh saja mengonsumi mi instan asalkan frekuensinya dibatasi dan tidak terlalu sering. Imbangi juga dengan mencukupi kebutuhan kamu mengonsumsi air putih dan juga olahraga. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur juga ya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like