bahaya makan makanan pedas

Ini Dia Bahaya Makan Makanan Pedas Berlebihan. Pencinta Makanan Pedas Wajib Tahu!

Bobobox.co.id — Banyak orang yang meyukai makanan pedas. Walaupun cabai memberikan manfaat bagi tubuh, bahaya makan makanan pedas akan muncul jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahaya dari konsumsi makanan pedas secara berlebihan mungkin tak worth it dengan sensasi yang kamu rasakan. Untuk itu, demi menghindarinya, mulailah untuk mengontrol asupan jenis makanan ini.

Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai bahaya makan makanan pedas secara berlebihan. Pencinta makanan pedas wajib tahu, ya!

Daftar Bahaya Makan Makanan Pedas

1. Menyebabkan Insomnia

Bahaya makan makanan pedas pertama adalah dapat menyebabkan insomnia. Banyak orang yang seringkali tak mengetahui bahwa insomnia yang mereka rasakan berasal dari makanan pedas.

Pasalnya, kebanyakan orang akan menyalahkan minuman berkafein seperti teh dan kopi saat mengalami insomnia. Bisa saja, kesulitan tidur yang mereka alami justru akibat makan makanan pedas berlebihan.

Seperti yang kamu ketahui, makanan pedas dapat menyebabkan mulas yang semakin parah saat berbaring. Saat berbaring ini, asam di perut membuat rasa tidak nyaman yang membuat seseorang sulit tidur.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk berdiri dan sedikit berjalan-jalan setelah makan pedas. Tak hanya itu, untuk menghindari bahaya makan makanan pedas ini, jangan lakukan pada malam hari.

Insomnia sebagai bahaya makan makanan pedas
Insomnia via Getty Images

2. Mengurangi Sensitivitas Lidah

Lidah adalah indera pengecap yang terdiri dari sejumlah bagian dan memiliki berbagai macam fungsi. Guna menjaga kesehatan indera satu ini, ada baiknya mulai mengurangi mengonsumsi makana pedas.

Pasalnya, bahaya makan makanan pedas lainnya adalah mengurangi sensitivitas lidah. Hal tersebut terjadi karena mengonsumsi makanan pedas justru menyebabkan penebalan pada lidah.

Pada awalnya, lidah akan terasa seperti terbakar. Namun, lama kelamaan, indera pengacapmu tersebut justru akan mati rasa. Hal ini membuatmu tak bisa merasakan rasa manis, asin, atau pedas setelahnya.

Bahaya makan makanan pedas ini berada pada level yang berbeda jika pada intensitas tinggi. Kamu bisa saja merasakan efek dari berkurangnya sensitivitas lidah tersebut kurang dari 24 jam.

bahaya makan makanan pedas mengurangi sensitivitas lidah
Sensitivitas lidah via pexels.com/@oleg-magni

Baca Juga: Hati-Hati! Kamu Bisa Mengalami Masalah Kesehatan Yang Serius Dari Bahaya Makan Terlalu Cepat


3. Memicu Gastritis

Gastritis adalah penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Seseorang yang terkena gastritis biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, dan merasa penuh di perut bagian atas.

Mengonsumsi makanan pedas berlebih adalah salah satu penyebab gastritis. Oleh karena itu, untuk mengurangi bahaya makan makanan pedas ini, ada baiknya mulai kontrol dari sekarang.

Terlalu banyak menyantap jenis makanan satu ini justru memicu lapisat perut yang meradang. Tak pelak, mengontrol asupan pedas sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit tersebut datang tiba-tiba.

Tak hanya mengonsumsi makanan pedas saja. Mengonsumsi makanan sehat, menghindari alkohol, dan mengontrol tingkat stres adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan demi menghindari gastritis.

Gastritis sebagai bahaya makan makanan pedas
Gastritis via pexels.com/@olly

4. Menyebabkan Perut Mulas

Mungkin di antara kamu pernah merasa mulas setelah menyantap makanan pedas? Hal tersebut bisa terjadi karena mengonsumsi makanan pedas justru dapat mempercepat gerakan pada usus.

Cepatnya gerakan usus tersebut mempermudah terjadi diare. Bahkan, jika makanan pedas sudah sampai di usus besar, efek iritasi yang kamu rasakan justru bisa langsung terasa begitu saja.

Akibatnya, bahaya makan makanan pedas ini membuat tubuh mengirimkan lebih banyak air ke usus. Dengan begitu, memudahkan feses keluar dari usus besar yang di mana terjadinya diare.

Walaupun kelihatnya enteng, bahaya satu ini jangan dianggap remeh. Pasalnya, jika terus menerus dibiarkan begitu saja, penyakit tersebut bisa menjadi penyakit yang cukup serius, lho!

Perut mulas sebagai bahaya makan makanan pedas
Perut mulas via pexels.com/@olly

Baca Juga: 7 Tren Kesehatan Viral Berbahaya Yang Tak Boleh Dilakukan Di Rumah


5. Refluks Asam

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, berhati-hatilah. Pasalnya, makanan pedas bukanlah pilihan tepat untuk makana yang kamu konsumsi karena memungkinkan munculnya refluks asam.

Refluks asam sendiri adalah kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Kondisi tersebut yang justru menjadi penyebab rasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkrongan.

Jika sudah mencapai kerongkongan, hal tersebut lebih berbahaya. Pasalnya, bahaya makan makanan pedas lainnya ini justru akan merusak kondisi kerongkongan jika terjadi berulang-ulang.

Bahkan, tak hanya itu saja, bahaya satu ini pun dapat memicu penyakit lebih serius lainnya. Sindrom GERD, kanker mulut, kanker nasofaring, dan atypical syndrom adalah beberapa di antaranya.

Refluks asam sebagai bahaya makan makanan pedas
Refluks asam via yesdok.com

6. Naiknya Asam Lambung

Jika kamu memiliki penyakit mag dan termasuk pencinta makanan pedas, ada baiknya mulai kontrol dirimu. Pasalnya, menyantap makanan pedas justru dapat memicu naiknya asam lambung.

Hal tersebut bisa terjadi karena konsumsi cabai terlalu banyak dapat membuat dinding lambung iritas. Kondisi inilah yang memicu naiknya asam lambung secara cepat setelah konsumsi makanan pedas.

Jika beberapa gejala seperti sakit perut dan diare muncul, ada baiknya mulai berhenti menyantap makanan pedas untuk sementara. Jika tidak, ada bahaya makan makanan pedas yang mengintai.

Misalkan saja, organ pencernaan akan mengalami iritasi. Bahkan, hal yang lebih parah lagi adalah mengakibatkan gastritis atau bahkan usus buntu. Untuk itu, mulai hati-hati, ya!

Asam lambung naik via shutterstock

Baca Juga: Diam-Diam Membahayakan, Ini Dia 7 Bahaya Sering Makan Mi Mengintaimu Setiap Saat


7. Memicu Jerawat dan Eksim

Bahaya makan makanan pedas terakhir adalah memicu jerawat dan eksim. Tak banyak orang yang tahu jika rasa pedas yang menjadi cita rasa utama hampir seluruh kuliner di Indonesia ini jadi pemicu jerawat.

Makanan serta bahan-bahan pedas dapat menyebabkan iritasi kulit yang serius. Tak hanya itu, bahaya yang mungkin saja terjadi adalah peradangan pada kondisi kulit yang mungkin saja kamu alami.

Setelah mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuhmu akan naik dan menghasilkan keringat. Keluarnya keringat tersebut justru yang dapat memicu pelepasan minyak pada kulitmu.

Alhasil, kotoran dan bakteri akan terperangkap oleh minyak tersebut. Tak mengherankan jika kondisi tersebut justru yang bakal memperburuk kondisi kulit seperti munculnya jerawat dan juga eksim.

Jerawat via istockphoto

***

Itulah tadi bahaya makan makanan pedas secara berlebihan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Tidur Nyenyak di Hotel Kapsul? Tentu Saja Bisa!

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul.

Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

Dengan begitu, kamu pun bisa tidur nyenyak selama menginap. Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengklik link ini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles