Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Lembur Bagi Kesehatanmu

Jangan sampai bahaya lembur ini menimpa kesehatan kamu. Stay healthy!

Bahaya lembur berikut ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kamu. Bekerja sampai lembur bagi beberapa orang merupakan salah satu rutinitas dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Tuntutan pekerjaan yang tinggi dan juga suasana kompetitif dalam dunia kerja membuat banyak orang harus merelakan sebagain waktu istirahatnya untuk bekerja.

Selain itu terbatasnya waktu untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan juga membuat para pekerja membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas mereka. Oleh karena itu keputusan bekerja lembur menjadi solusi paling realistis. Bagi kamu yang sering lembur dan kurang tidur, simak terlebih dahulu risiko kesehatan yang mungkin mengintai kamu seperti berikut ini.

1. Bahaya Lembur: Konsentrasi Berkurang

Bahaya lembur yang pertama adalah membuat konsentrasi kamu berkurang. Bukan hanya konsentrasi bekerja yang berkurang tetapi juga konsentrasi dalam melakukan aktivitas lain di luar pekerjaan. Penurunan konsentrasi ini dapat terjadi salah satunya karena kondisi otak yang kelelahan dan kurang istirahat.

Kondisi otak yang tegang ini pada akhirnya membuat fungsi otak menjadi tidak optimal dan berakibat pada tingkat konsentrasi dan fokus yang kian menurun. Penurunan tingkat konsentrasi ini lambat laun akan membuat fungsi otak mengalami penurunan pula. Banyak orang yang tidak tahu dan tidak mewaspadai risiko bahwa bahaya kerja lembur bisa mempercepat penurunan fungsi otak.

2. Bahaya Lembur: Meningkatkan Risiko Sakit Ginjal

Bahaya lembur selanjutnya adalah peningkatan risiko terkena penyakit ginjal. Kebiasaan duduk dalam waktu yang relatif lama faktanya dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan ginjal kamu. Jika kamu adalah seornag pekerja yang memiliki karakteristik bekerja dalam waktu yang lama dengan posisi duduk maka kamu harus mewaspadai adanya risiko ini.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk memerhatikan konsumsi air harian kamu dan sempatkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan demi meminimalkan risiko terserang penyakit ginjal.

3. Bahaya Lembur: Risiko Terkena Penyakit Diabetes

Bahaya lembur selanjutnya adalah peningkatan risiko terkena penyakit diabetes. Kabiasaan bekerja lembur merupakan pintu tercepat yang bisa dilalui untuk bisa terkena penyakit diabetes. Pola istirahat yang berantakan dan pola makan yang tidak sehat membuat orang yang sering bekerja lembur memiliki risiko yang tinggi terkena penyakit diabetes.

Hal ini juga didorong dengan kecenderungan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak karena aktivitas otak saat bekerja. Peningkatan berat badan karena bekerja lembur juga patut diwaspadai karena bisa berkembang menjadi penyakit diabetes.

4. Bahaya Lembur: Kesehatan Mata Berkurang

Selain beberapa risiko kesehatan di atas, bekerja lembur juga dapat memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan mata kamu. Bila kamu terlalu lama bekerja di depan komputer atau ­­gadget, hal ini hanya aka membuat mata kamu mudah lelah dan menjadi berair. Hal ini sangat wajar terjadi karena mata kamu dipaksa untuk terus bekerja dalam jangkat waktu lama tanpa istirahat. Selain itu serta paparan radiasi dari gadget pun berkontribusi terharap penurunan fungsi mata.

5. Bahaya Lembur: Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit Jantung

Saat kamu sering bekerja lembur kamu memiliki risiko terjadinya peningkatan tekanan darah. Risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung ini dapat terjadi saat kesehatan sistem kardiovaskular kamu terganggu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang sering kerja lembur memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja dalam waktu ideal. Oleh karena itu cobalah untuk menyusun agenda bekerja kamu dengan baik tanpa memaksakan diri agar kamu bisa beristirahat dengan cukup.

6. Bahaya Lembur: Stres dan Depresi

Bahaya Lembur
@jofreepik via Freepik

Tak kalah berbahaya dengan bahaya lembur di atas, bahaya lembur yang satu ini juga perlu kamu waspadai. Saat bekerja lembur sampai larut malam kamu tentunya harus merelakan waktu istirahat kamu berkurang. Berkurangnya waktu istirahat dan bersantai kamu faktanya dapat memberikan bahaya lembur berupa peningkatan stres.

Bahaya lembur ini kemudian dapat  memperbesar risiko timbulnya depresi akibat tidak mendapat waktu relaksasi atau pengenduran yang memadai. Tentunya bahaya lembur ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena tidak baik bagi stabilitas emosi kamu.

7. Bahaya Lembur: Makan Terlalu Banyak dan Kurang Olahraga

Bahaya lembur yang terakhir adalah adanya tendensi bagi kamu untuk makan terlalu banyak karena stres dan membuat kamu semakin kurang berolahraga. Saat kamu bekerja lembur sampai larut malam, kamu mungkin merasa menjadi sedikit gemuk karena frekuensi ataupun volume makan kamu meningkat.

Hal ini bisa terjadi salah satunya karena tingkat stres yang kamu alami sehingga salah satu jalan untuk melepaskan stres kamu adalah dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang nikmat. Saat kebiasaan makan dan minum ini terus berlanjut seiring lembur kerja masih kamu lakukan kamu akan tersadar bahwa berat badan kamu meningkat.

Namun kamu pun kemudian merasa bingung untuk menurunkan berat badan karena kamu juga tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga karena adanya jam lembur. Alih-alih meluangkan waktu untuk berolahraga, kamu mungkin kesulitan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat.

Jika sudah begini maka bahaya lembur akan membuat kesehatan fisik kamu berangsur-angsur akan memburuk yang kemudian disusul dengan penurunan kesehatan mental. Selain itu sebuah penelitian medis menunjukkan bahwa orang yang bekerja terlalu lama biasanya memiliki pola makan yang cenderung kurang sehat.

Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur

Setelah membaca penjelasan mengenai bahaya lembur di atas, kamu tentunya harus lebih menjaga kesehatan kamu lebih baik lagi. Gangguan kesehatan fisik dan mental di atas bisa kamu hindari dengan menjalani serangkaian gaya hidup yang sehat. Dalam beberapa kesempatan kamu mungkin tidak bisa menghindari bekerja lembur. Jika demikian cobalah beberapa tips berikut ini:

  • Makan teratur dan hindari makan berlebihan.
  • Hindari makanan dan minuman instan dan mengandung banyak gula.
  • Lakukan olahraga ringan di sela-sela pekerjaan seperti berjalan kaki ke tempat makan, naik tangga, atau mencari udara segar keluar ruangan.
  • Sempatkan untuk berdiri dari kursi jika kamu sudah duduk dalam waktu yang lama.

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Usir rasa kesepian dan hibur dirimu dengan menginap di hotel yang nyaman dan seru. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Interior Bobocabin

 

You might also like