Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Terkena. Ini Dia 7 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Mulai untuk aktif bergerak saat duduk terlalu lama

Bobobox.co.id — Bagi pekerja kantoran, duduk terlalu lama adalah sebuah kebiasaan yang hampir setiap hari dilakukan. Namun, seperti yang kamu ketahui, ada bahaya duduk terlalu lama yang mengintaimu.

Setelah berjam-jam duduk menatap layar monitor, kamu pun pulang dengan duduk di kendaraan pribadi ataupun umum. Hal tersebut ditambah dengan duduk selama menonton serial televisi atau film favorit.

Risiko yang timbul adalah otot justru akan lemah karena kurang aktif bergerak. Di samping itu, bahaya duduk terlalu lama pun bisa berakibat fatal jika kamu membiarkan kebiasaan buruk ini terus menerus.

Nah, berikut ini adalah tujuh bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan. Jangan sampai kamu terkena masalah-masalah kesehatan akibat kebiasaan buruk satu ini, ya!

Berikut adalah Bahaya Duduk Terlalu Lama

1. Masalah Otot

Bahaya duduk terlalu lama pertama adalah masalah otot yang mengintai. Hal tersebut terjadi karena otot kaki dan bokong terus menerus relaks dan terlatih yang membuat otot akhirnya mengalami pelemahan.

Kondisi tersebut jika didiamkan begitu saja justru bakal semakin berbahaya. Jika dibiarkan, otot kaki dan bokong bisa mengalami atrofi otot. Kondisi tersebut yang akan membuat rentan mengalami cedera.

Di sisi lain, bahaya duduk terlalu lama pun tak baik untuk otot lain seperti otot punggung, bahu, dan pinggul. Otot-otot tersebut bekerja lebih banyak yang justru menjadi kaku, pegal, dan kaku.

Oleh karenanya, ada baiknya untuk memastikan kembali postur duduk dengan benar. Di samping itu, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan duduk terlalu lama dan diselingi oleh aktif bergerak.

Nyeri Otot bahaya duduk terlalu lama
Nyeri otot via pexels.com/@karolina-grabowska

2. Tingkatkan Risiko Obesitas

Selama bergerak, otot akan melepaskan molekul lipoprotein lipase. Molekul tersebut berfungsi untuk membantu tubuh dalam membakar lemak dan gula agar tidak menumpuk dalam tubuh.

Oleh karena itu, bahaya duduk terlalu lama adalah meningkatnya risiko bertambahnya berat badan. Bahkan, worst case yang bisa dialami oleh banyak orang adalah kemungkinan kelebihan berat badan.

Obesitas ini sendiri dipicu tak hanya karena kamu tak bergerak aktif. Pemicu lain yang memungkinkan risiko obesitas ini meningkatkan drastis adalah mengonsumsi makanan tak sehat dan banyak mengandung gula.

Saat duduk terlalu lama dan pola hidup tak sehat ‘bergabung’, lemak pun akan menumpuk dalam tubuh. Lama-lama dibiarkan, hal tersebut justru bakal menyebabkan kegemukan hingga obesitas.

Tingkatkan risiko obesitas bahaya duduk terlalu lama
Tingkatkan risiko obesitas via pexels.com/@andres-ayrton

Baca Juga: Kamu Menderita GERD? Hindari Aktivitas Pantangan GERD Ini Agar Kamu Lebih Sehat


3. Risiko Penyakit Diabetes dan Jantung

Penyakit jantung dan diabetes adalah dua penyakit mematikan yang wajib dihindari. Dari sekian banyak penyebab kedua penyakit tersebut, kebiasaan duduk terlalu lama menjadi salah satu penyebabnya.

Bahaya duduk terlalu lama ini terjadi akibat menurunnya sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Penyerapan gula darah ke dalam sel proses pembentukan gula menjadi energi justru akan terganggu sebagai akibatnya.

Tak hanya itu, duduk terlalu lama pun mampu meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan lemak tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit mematikan seperti diabetes dan jantung pun akan meningkatkan.

Bahaya duduk terlalu lama pun dipercaya mampu meningkatkan risiko kanker. Namun, untuk penyakit satu ini, masih perlu didalami lebih lanjut soal riset terkait bahaya satu ini untuk bisa dipastikan lebih lanjut.

Penyakit jantung bahaya duduk terlalu lama
Penyakit jantung via pexels.com/@freestocks

4. Melemahkan Kekuatan Otak

Bahaya duduk terlalu lama berikutnya adalah melemahnya kekuatan otak. Bahaya ini bisa terjadi karena tubuh yang terbilang pasif karena tak melakukan gerakan aktif selama duduk untuk bekerja.

Walaupun terbilang aktif digunakan, otak nyatanya bisa melemah karena terlalu banyak duduk. Pasalnya, saat bergerak aktif dan melakukan kegiatan, darah dan oksigen akan terus menerus dimpompa ke otak.

Hal tersebut yang akhirnya memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Nah, dengan melakukan kegiatan aktif, otak justru diasah untuk bekerja efektif yang membuatmu bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Namun, fungsi otak akan lebih lambat jika kamu duduk terlalu lama. Penyebabnya adalah tak lain dan tak bukan karena peredaran darah dan oksigen ke otak yang berjalan lebih lambat dibanding biasanya.

Melemahkan kekuatan otak bahaya duduk terlalu lama
Melemahkan kekuatan otak via pexels.com/@mart-production

Baca Juga: Menyegarkan Dan Menyehatkan, Simak 10 Manfaat Yakult Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang


5. Rentan Varises

Rentan terhadap varises adalah bahaya duduk terlalu lama lainnya. Walaupun terbilang bukan masalah kesehatan yang berbahaya, bahaya satu ini wajib dihindari karena beberapa alasan.

Alasan pertama adalah pembuluh darah yang bengkak dan kentara. Bagi beberapa orang, terlihatnya varises pada bagian kaki khususnya justru dapat menghilangkan kepercayaan diri karena menggaanggu penampilan.

Di samping itu, varises sendiri bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Pasalnya, jika dibiarkan terus-terusan, varises bisa menimbulkan rasa nyeri bagi para penderitanya.

Satu masalah serius yang mungkin bisa terjadi jika masalah varises tak diurus adalah pembekuan darah. Bahaya duduk terlalu lama tersebut akan Bob bahas pada poin berikutnya secara mendetil.

Varises bahaya duduk terlalu lama
Varises via veinandcosmetics.com

6. Memicu Pembekuan Darah

Seperti yang sudah Bob singgung, duduk terlalu lama memicu pembekuan darah. Dalam istilah medis, penggumpalan darah pada pembuluh darah vena bagian dalam disebut deep vein thrombosis (DVT).

Bahaya duduk terlalu lama tersebut dapat menyebabkan bengkak dan nyeri pada kaki. Jika dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu lama, DVT justru bisa berdampak serius bagi para penderitanya.

Jika gumpalan darah tersebut pecah, alirah darah ke bagian lain dari tubuh seperti paru-paru akan terputus. Hal tersebut bisa menyebabkan emboli paru di mana rentan memicu komplikasi.

Untuk itu, demi mencegah terjadinya pembekuan darah, ada baiknya untuk mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini. Hal tersebut agar kamu bisa tetap sehat dan fit serta terhindar dari penyakit DVT.

Pembekuan darah atau DVT bahaya duduk terlalu lama
Pembekuan darah atau DVT via diabetes.co.uk

Baca Juga: Simak 10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Paling Efektif Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah


7. Cemas hingga Depresi

Bahaya duduk terlalu lama terakhir adalah munculnya rasa cemas bahkan hingga depresi. Jadi, bahaya yang ditimbulkan akibat kebiasaan buruk tersebut tak hanya menyerang fisik tetapi juga kesehatan mental.

Orang yang terlalu lama duduk terbukti lebih rentan terkena depresi dan gangguan kecemasan. Kendati begitu, penelitian masih mencari hubungan antara duduk terlalu lama dan gangguan tersebut.

Untuk menghindarkanmu dari masalah kesehatan mental tersebut, sangat direkomendasikan untuk beranjak dari tempat duduk setiap 30 menit sekali. Aktivitas yang dilakukan bisa apa saja saat beranjak.

Kamu bisa memanfaatkan momen beranjak tersebut untuk mengambil air minum atau sekadar buang air kecil. Di samping itum selingi juga dengan melakukan peregangan atau aktivitas fisik yang menggerakan tubuh.

Depresi bahaya duduk terlalu lama
Depresi via pexels.com/@olly

Yuk Coba Workcation from Bobobox!

Penat dan bosan dengan suasana yang itu-itu saja saat wfh? Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan segala fasilitas mumpuni untuk menunjang segala keperluan bekerjamu.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like