Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan, Dapat Picu Penyakit Mematikan!

Tak hanya berbahaya bagi perokok aktif!

Bobobox.co.id — Asap rokok diduga menjadi bagian paling berbahaya dari rokok. Oleh karena itu, ada baiknya jika dihindari dari sekarang karena berbagai bahaya asap rokok bagi kesehatan.

Tak hanya berbahaya bagi orang dewasa, bahaya asap rokok juga mengintai anak-anak dan ibu hamil. Risiko semakin meningkat saat lingkungan sekitarnya dihuni oleh banyak perokok.

Kira-kira apa sajakah bahaya asap rokok yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

Bahaya Asap Rokok Merusak Kesehatan Tubuh

1. Risiko Kanker

Bahaya asap rokok bagi kesehatan pertama adalah meningkatkan risiko kemunculan kanker paru-paru. Bahkan, lebih dari dua per tiga kematian karena penyakit ini merenggut sekitar 1,2 juta nyawa per tahun.

Perokok memang memiliki kemungkinan 22 kali untuk mengalami kanker paru-paru dibanding bukan perokok. Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus diam saja untuk menjadi perokok pasif.

Mereka yang bukan perokok dan kerap terpapar asap rokok sebagai perokok pasif juga memiliki risiko yang sama besarnya. Untuk itu, mulai jauhi para perokok ya jika memungkinkan.

bahaya asap rokok tingkatkan risiko kanker
sumber: pexels.com/@padrinan

2. Penyakit Jantung

Tak hanya kanker, bahaya asap rokok bagi kesehatan adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Walaupun kamu hanya perokok pasif, kamu berisiko mengalaminya hingga 25-30 persen.

Dilansir my.clevelandclinic.org, perokok pasif dapat mengalami beberapa masalah jantung berdasarkan lama paparannya. Berikut ini adalah beberapa masalah yang mungkin dihadirkan.

  • Pembuluh aorta mengencang setelah terpapar asap rokok selama 5 menit.
  • Pembekuan darah berlebih dan peningkatan penumpukan lemak di pembuluh darah setelah terpapar asap rokok selama 20 hingga 30 menit.
  • Peningkatkan kemungkinan detak jantung yang tidak teratur dan memicu serangan jantung setelah terpapar asap rokok selama hingga 2 jam.
bahaya asap rokok untuk jantung
sumber: pexels.com/@olly

3. Membahayakan Kehamilan

Ibu hamil wajib menghindari asap rokok sebaik mungkin. Pasalnya, terlalu sering menghirup asapnya selama wanita hamil bakal membahayakan tak hanya ibunya tetapi juga janin yang dikandungnya.

Terpapar rokok menjadi salah satu faktor risiko terjadi hamil anggur atau kehamilan ektopik pada wanita. Kehamilan ini dapat berbahaya bagi si ibu jika tidak segera terdeteksi dan diobati.

Kelahiran prematur adalah salah satu yang bisa disebabkan oleh asap rokok. Bahaya asap rokok ini bisa disebabkan oleh kondisi terlepas sebagian atau sepenuhnya dari uterus sebelum melahirkan.

bahaya asap rokok untuk wanita hamil
sumber: pexels.com/@freestocks

Baca Juga: Coba 7 Tips Ampuh Berikut Untuk Berhenti Merokok


4. Asma

Hindarkanlah anak-anak usia sekolah terlalu sering terpapar dari asap rokok. Pasalnya, bahaya asap rokok pada anak lainnya adalah berisiko mengalami munculnya asam yang terus memburuk.

Mempunyai riwayat asma dan menjadi perokok pasif adalah kombinasi yang buruk. Bahkan, anak-anak perokok pasif pengidap asma justru lebih mudah kambuh dibandingkan yang bukan.

Di samping itu, anak-anak berisiko untuk menggunakan obat asma dalam jangka waktu yang lebih lama. Oleh karenanya, ada baiknya jika kamu jauhkanlah anak-anak dari para perokok di sekitarnya.

wanita kambuh asmanya
sumber: brisbanebulkbillingdoctor.com.au

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah bahaya asap rokok bagi kesehatan lainnya. Faktanya, satu dari lima perokok mengalami penyakit PPOK terutama jika sudah merokok dari remaja.

Perokok aktif akan memiliki risiko 3 hingga 4 kali lebih tinggi daripada yang bukan perokok. Namun, orang dewasa yang terpapar asap rokok saat masih anak-anak juga berisiko hal serupa.

Penyakit tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Merokok tembakau akan secara signifikan membuat terjadinya memperlambat pertumbuhan dan perkembangan dari paru-paru.

bahaya asap rokok untuk paru-paru
sumber: unsplash.com/@cdc

6. Tuberkulosis

Tak hanya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), berbagai penyakit berbahaya mengintai perokok aktif dan pasif. Satu di antaranya bagi yang sering terpapar asap rokok adalah terkena penyakit tuberkulosis.

Kurang lebih seperempat penduduk dunia mengidap tuberkulosis laten yang membuat mereka berisiko mengalami penyakit aktif. Merokok justru dapat melipatgandakan risiko terkena penyakit ini.

Orang yang terpapar ini juga bisa meningkatkan risikonya terkena tuberkulosis. Penyakit ini berbahaya karena merusak paru-paru, menurunkan fungsi paru, dan kematian karena gagal bernapas.

Tanda penyakit tuberkolosis
sumber: unsplash.com/@cdc

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Ngorok Yang Mudah Diaplikasikan


7. Infeksi Telinga

Lagi-lagi, inilah alasan utama mengapa kamu wajib menjauhkan anak-anak dari paparan asap rokok. Pasalnya, bahaya asap rokok bagi kesehatan lainnya adalah membuat anak berisiko terkena infeksi telinga.

Infeksi telinga tengah atau otitis media adalah kondisi saat tabung eustachius tersumbat dan bengkak. Dilansir The Cancer Council Victoria, anak-anak yang terpapar berisiko 35 lebih tinggi.

Risiko penyakit telinga tersebut akan bertambah jika sang ibu adalah seorang perokok. Jika si buah hati mengalaminya sejak dini, risiko mengalami gangguan pendengaran nantinya akan meningkat.

Anak sedang diperiksa telinganya oleh dokter
sumber: okadoc.com

8. Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Bahaya asap rokok selanjutnya adalah munculnya sindrom kematian bayi mendadak. Kematian mendadak yang tidak terduga pada bayi ini biasanya terjadi saat bayi menjadi perokok pasif.

Kondisi naas ini biasanya terjadi saat bayi sedang tidur nyenyak tanpa sedang sakit apa pun. Bahkan, bayinya bisa meninggal secara tiba-tiba saat sedang berada dalam buaian sang ibu.

Sindrom ini cenderung menyerang bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Risiko bayi yang tinggal dengan orang yang merokok lebih berisiko terkena penyakit satu ini seperti dilansir Mayo Clinic.

bayi meninggal
sumber: bbc.com

9. Penurunan Fungsi Paru

Penurunan fungsi paru adalah bahaya asap rokok lainnya bagi kesehatan. Kemunculan penyakit pernapasan lain ini kemungkinan besar dialami oleh anak-anak yang terus-terusan terpapar asap rokok.

Paru-paru sendiri akan terus bertumbuh pada usia anak-anak hingga 4 tahun. Ketika terpapar oleh asap rokok di usia ini, fungsi paru-paru akan menurun dan rentan terhadap kerusakan paru lainnya.

Bahkan, anak tersebut jadi lebih rentang mengalami masalah paru karena polusi udara atau hal lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika menjauhkan anak-anak dari para perokok di sekelilingnya.

pria dengan masalah pernapasan
sumber: Wavebreakmedia/Shutterstock

Baca Juga: Kamu Menderita GERD? Hindari Aktivitas Pantangan GERD Ini Agar Kamu Lebih Sehat


10. Gangguan Kognitif

Paparan asap rokok membuat seseorang bisa menjadi seorang perokok pasif. Nah, bagi anak-anak, menjadi perokok pasif bisa merusak kemampuan anak untuk belajar.

Masalah ini tentu membawa bahaya jangka panjang bagi masa depannya. Lebih dari 20 juta anak berisiko mengalami keterlambatan dalam membaca akibat terlalu sering terpapar asap rokok.

Tingginya paparan asap rokok yang dihisap juga berkaitan dengan keterlambatan dalam menalar pelajaran matematika. Tak terelakkan jika hal ini akan mengganggu perkembangan anak di sekolah.

dapat permasalahan kognitif
sumber: unsplash.com/@averey

***

Itulah tadi 10 bahaya asap rokok bagi kesehatan jika terus-terusan tak sengaja kamu hisap.

Semoga artikel soal kesehatan dari Bob ini bermanfaat.

Cek juga artikel-artikel kesehatan menarik lainnya dari Bob, ya!

Kamu bisa membaca dengan mengakses linknya di sini.

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Walhasil, pikiran yang kembali segar dapat membantumu dalam menghadapi berbagai pekerjaan yang akan kamu hadapi. Kamu juga bisa menampilkan performa terbaik saat pikiranmu sudah fresh.

Oleh karena itu, tak usah ragu lagi untuk kabur sebentar untuk dapatkan ketenangan di Bobocabin.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like