Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bahan Makanan yang Bisa Diolah Jadi Apa Saja dan Wajib Ada di Dapur

Bingung ingin menyimpan bahan makanan apa di dapur? Coba cek 7 bahan-bahan ini!

Menyimpan bahan makanan di dapur dalam waktu yang lama seringkali berujung tidak terpakai. Sudah banyak-banyak beli tapi bingung mau dibuat apa.

Nah, daripada kebanyakan menyimpan bahan makanan yang mudah basi dan hanya bisa dipakai di satu masakan, imbangi stok kulkas kamu dengan bahan makanan berikut ini. Selain tahan lama, bahan-bahan ini juga bisa kamu olah menjadi apa saja.

Telur

bahan makanan
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Sebagai bahan makanan yang serbaguna, telur sering ditemukan di dapur banyak orang. Disimpan dalam waktu yang lama dan dipakai saat dperlukan. Tentu saja karena bahan makanan yang satu ini awet dan praktis. Kamu bisa mengolah telur hampir jadi makanan apa saja.

Jadi makanan pendamping nasi? Bisa. Jadi makanan penutup? Kamu bisa coba buat camilan khas Prancis, meringue, dengan modal telur dan gula saja. Pokoknya, bahan makanan yang satu ini bisa diolah jadi apa saja.

Kentang

bahan makanan
Photo by Lars Blankers on Unsplash

Bahan makanan lainnya yang bisa kamu olah apa saja datang dari keluarga umbi-umbian. Meskipun cukup jarang disimpan di dapur cukup lama, kentang ternyata bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam makanan. Kamu pasti sering menemukan olahan kentang hampir di mana-mana.

Dari kafe hingga warteg, semuanya memiliki olahan bahan makanan yang satu ini. Kentang goreng mungkin sudah biasa. Tapi kalau kamu ingin berkreasi dengan bahan yang satu ini, kamu bisa coba membuat loaded potatoes, yaitu kentang panggang yang diisi dengan daging asap dan keju.

Selain itu, kentang juga bisa dibikin kue lho seperti pukis, kue lumpur, atau donat kentang. Jadi, jangan ragu untuk menyimpan stok bahan makanan yang satu ini ya.

9 Resep Masakan Yang Bisa Kamu Buat Di Rice Cooker

Tomat

bahan makanan
Photo by Alex Ghizila on Unsplash

Bahan makanan yang satu ini cukup sering ditemukan di berbagai olahan makanan. Tentu saja. Soalnya, tomat mudah untuk diolah. Jangan anggap tomat sebagai bahan makanan tambahan saja. Kamu juga bisa membuat kreasi makanan dari tomat sebagai bintang utamanya.

Rasa tomat yang asam dan manis bisa kamu olah menjadi roasted tomato soup. Sup tomat ini mudah sekali untuk dibuat. Kamu hanya perlu memanggang tomatnya di oven sebelum dihancurkan dan dibuat sup.

Selain itu, tomat juga sangat bisa diolah menjadi berbagai macam saus. Di Indonesia sendiri kamu pasti sudah tidak asing lagi dong dengan sambal tomat. Jangan lupa sedia tomat di dapur kamu ya.

Bahan makanan oat

bahan makanan
Photo by Melissa Di Rocco on Unsplash

Selain bisa dimakan dengan diseduh dengan air begitu saja, oat juga ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lho. Bahan makanan yang satu ini bisa dibawa ke arah makanan manis ataupun gurih. Salah satu makanan olahan oat yang cukup populer adalah kue kukis oat.

Tekstur oat yang mirip kacang-kacangan memberikan rasa unik dari kue kukis. Rasanya yang cenderung tawar juga menjadi penyeimbang dari manisnya kukis. Selain itu, kamu juga bisa membuat bubur ayam dari bahan makanan yang satu ini lho.

Makanan yang sering dimakan saat sarapan tersebut bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Jadi, jangan khawatir untuk menyimpan oat di rumah. Saat darurat, bahan makanan yang serbaguna ini bisa menjadi penyelamat.

Tepung

bahan makanan
Photo by Vlad Kutepov on Unsplash

Kayaknya nggak terhitung berapa olahan makanan yang menggunakan tepung sebagai campurannya. Atau sebagai bahan utamanya. Tepung adalah bahan makanan yang serbaguna.

Kamu bisa membuat hampir apa saja dari tepung, tergantung tepung apa yang kamu gunakan. Ada tepung terigu, tepung beras, tepung jagung, tepung kentang, dan masih banyak lagi. Dari bahan makanan yang satu ini kamu bisa membuat roti, kue, bakwan, panekuk, dan lain-lain.

Makanan khas Korea Selatan tteokbokki juga dibuat menggunakan tepung. Kalau kamu ingin menyantap gurih dan pedasnya makanan Negeri Ginseng tersebut, kamu bisa dengan mudah membuatnya di rumah.

Roti

bahan makanan
Photo by Jude Infantini on Unsplash

Biasanya gimana cara kamu menyantap roti tawar? Dioles dengan selai? Atau dimakan begitu saja? Bahan makanan yang satu ini bisa kamu olah menjadi apa saja sesuai kreativitas kamu. Misalnya, kamu memiliki roti yang sudah hampir kadaluarsa. Tenang, jangan dulu dibuang.

Kamu bisa memotongnya menjadi ukuran kecil, olesi mentega, taburi gula, lalu masukkan ke dalam oven. Roti panggang yang renyah dan manis pun siap menemani soremu bersama secangkir kopi.

Selain itu, kamu juga bisa membuat puding roti. Kamu hanya perlu telur dan susu untuk membuat puding ini. Mudah dan simpel. Ada segudang olahan makanan yang bisa kamu buat dari bahan makanan yang satu ini.

Mengenal Lebih Jauh 10 Jenis Jenis Teh Yang Ada Di Dunia

Beras

bahan makanan
Photo by Matthew Lakeland on Unsplash

Orang Indonesia biasanya bilang “belum makan kalau belum ada nasi”. Karenanya, berasa adalah salah satu bahan-bahan yang paling ditemukan di rumah-rumah. Bahan makanan pokok orang Indonesia ini pada umumnya hanya dimasak begitu saja lalu dimakan bersama lauk pendamping.

Akan tetapi, beras bisa diolah menjadi makanan lain yang menggugah selera. Salah satunya kamu pasti sudah tahu dong dengan makanan tradisonal Betawi. Yap, kerak telur. Makanan yang satu ini menggunakan beras yang diaduk bersama telur lalu dimasak di atas wajan. Setelah itu, disajikan bersama dengan serundeng. Lezat deh pokoknya.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam beras kalau kamu bosan dengan nasi putih. Bawang-bawangan misalnya supaya nasi kamu jadi lebih gurih. Atau, kamu juga bisa membuat makanan khas Italia yang bernama risotto.

Mau bikin olahan nasi dari negara lain? Bisa banget. Pokoknya, beras adalah bahan sangat fleksibel dan bisa diolah menjadi apa saja.

Tetap bahagia dengan staycation di Bobobox

7 Bahaya Yang Mengintaimu Dari Minuman Boba

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget deh untuk melepas stres.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like