Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Mengalami Perut Kembung? Hindari 7 Bahan Makanan Menyebabkan Kembung Ini Ya!

Sulit dicerna oleh tubuh!

Bobobox.co.id — Perut kembung menjadi salah satu problematika yang mungkin banyak orang pernah alami sebelumnya. Bahkan, beberapa di antaranya terlalu sering mengalami masalah kesehatan ini.

Penyebab perut kembung sebenarnya cukup beragam. Salah satu penyebabnya bisa jadi kamu terlalu sering mengonsumsi bahan makanan menyebabkan kembung tanpa kamu sadari sebelumnya.

Bahan makanan menyebabkan kembung ini sendiri kebanyakan sulit dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan efek di mana perutmu akan kembung jika mengonsumsi bahan makanan ini secara berlebihan.

Nah, untuk itu, Bob sudah merangkum 7 bahan makanan menyebabkan kembung yang wajib kamu hindari untuk dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa di antaranya mungkin cukup sering dikonsumsi kebanyakan orang.

Gandum

Bahan makanan menyebabkan kembung pertama adalah gandum. Gandum sendiri merupakan bahan makanan yang mudah kamu temukan di berbagai makanan di sekitarmu seperti dalam roti ataupun pasta.

Soal kandungannya, gandum mengandung karbohidrat rantai pendek yang di mana kandungannya dibutuhkan oleh tubuh. Selain karbohidrat rantai pendek, ada berbagai kandungan lainnya yang terdapat pada gandum.

Salah satunya adalah serat. Gandum terkenal akan kandungan serat yang begitu tinggi. Nah, serat inilah yang justru membuat bahakan makanan menyebabkan kembung ini menjadi sukar untuk dicerna.

Pasalnya, serat yang terdapat dalam gandum termasuk serat tak larut. Walaupun sukar dicerna, serat tak larut ini mampu memberikan banyak manfaat untuk tinja dan menjadi makanan untuk bakteri sehat usus.

@mariana-kurnyk-844465 via pexels.com

Aneka Produk Susu

Bahakan makanan menyebabkan kembung berikutnya adalah produk susu. Susu termasuk salah satu bahan makanan menyehatkan untuk banyak orang namun tak semua orang mampu mengonsumsinya.

Beberapa orang memiliki toleransi terhadap laktosa yang masuk ke dalam tubuh. Orang-orang dengan tolerasi ini akan menderita beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan dan kembung.

Nah, nyatanya, kamu yang tidak mempunyai toleransi tertentu terhadap produk susu pun bisa saja mengalami kembung akibat susu. Hal tersebut akan terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi produk susu.

Produk susu yang termasuk bahan makanan menyebabkan kembung ini tak hanya berpatok pada susu cair saja. Aneka produk olahan susu lainnya. Yoghurt, keju, dan es krim termasuk yang wajib dihindari secara berlebihan.

@jagodakondratiuk via unsplash.com

Jagung

Jagung menjadi salah satu bahan makanan menyebabkan kembung yang wajib dihindari jika kamu sering mengalami perut kembung. Pasalnya, jagung termasuk salah satu makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Kandungan selulosa yang terdapat pada lapisan luar kernel jagung termasuk tinggi untuk jumlahnya. Selulosa adalah serat yang dapat diuraikan oleh perut manusia. Hal inilah yang menjadikan jagung sulit dicerna tubuh.

Oleh karenanya, tak heran jika terkadang jagung akan berbentuk utuh saat kamu buang air besar. Tubuh tak memiliki enzim yang dibutuhkan guna memecah jagung secara sepurna saat proses pencernaan.

Saat kamu makan terlalu banyak jagung, hal yang terjadi justru perutmu akan kembung. Dengan demikian, kamu pun wajib untuk membatasi konsumsi jagung setiap harinya jika tidak ingin perut kembung.

Bahan Makanan menyebabkan kembung jagung
@virgilcayasa via unsplash.com

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi sumber protein dan serat yang baik. Namun dibalik manfaatnya, kacang-kacangan termasuk bahan makanan menyebabkan kembung, lho!

Kacang-kacangan mengandung asam fitat. Asam fitat inilah yang justru membuatmu kembung jika dikonsumsi berlebihan. Asam fitat akan memperlambat penyerapan mineral alami pada tubuh seperti zat besi.

Kacang-kacangan yang termasuk bahan makanan menyebabkan kembung pun termasuk kacang polong dan kacang merah. Keduanya memiliki kandungan yang sulit dicerna oleh tubuh saat proses pencernaan.

Untuk itu, usahakanlah untuk tidak mengonsumsi kacang-kacangan yang sudah disebutkan secara berlebihan. Hal ini demi menghindarkanmu dari perut kembung yang bisa kapan saja terjadi kepadamu.

@shattha-pilabut-38930 via pexels.com

Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang bombay terkenal sebagai bahan untuk menambah cita rasa. Namun, kamu perlu khawatir jika kamu berencana untuk memakan kedua bahan untuk memasak ini dalam kondisi mentah.

Pasalnya, bawang putih dan bawang bombay mengandung serat yang dikenal sebagai fruktan. Fruktan inilah yang tidak dapat dicerna secara sempurna oleh usus kecilmu saat proses pencernaan.

Hal lain yang bisa terjadi adalah peningkatan produksi gas dalam tubuhmu. Peningkatan produksi gas ini akan menyebabkan perut kembung yang relatif serius.

Untuk menghindarkanmu dari kejadian tersebut, sebaiknya masak terlebih dahulu bawang putih dan bawang bombay yang ingin dikonsumsi. Hal tersebut demi mendapatkan manfaat dari kedua bawang ini.

@voyas via unsplash.com

Pemanis Buatan

Pemanis buatan merupakan bahan makanan menyebabkan kembung yang perlu kamu hindari. Pemanis buatan ini terdapat pada makanan seperti cokelat batang dan permen karet.

Cokelat mengandung banyak lemak dan kafein. Kedua kandungan tersebut sendiri yang akan membuat ususmu akan mengalami kesulitan pada saat proses pencernaan berlangsung.

Selain itu, permen karet pun akan membuatmu kembung. Senyawa bernama sorbitol dalam produk permen karet yang menjadi penyebab saat kamu sering kentut saat mengonsumsi banyak permen karet.

Senyawa tersebut pun menjadi alasan mengapa kamu dilarang untuk menelan perman karet. Larangan tersebut bukan karena permen karet akan menempel di tubuh namun permen karet tersebut akan sulit dicerna oleh tubuh.

@kaboompics via pexels.com

Sayuran Berdaun Hijau

Bahan makanan menyebabkan kembung terakhir adalah sayuran berdaun hijau. Hal ini cukup mengherankan bagi sebagian orang mengingat manfaat yang didapat dari sayuran berdaun hijau.

Sayuran kucifer seperti brokoli dan kembang kol terkenal akan kandungan vitamin dan serat yang tinggi. Namun. tubuh tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk memecah rafinosa, gula kompleks pada sayuran tersebut.

Untuk mencerna bahan makanan menyebabkan kembung ini, tubuh akan memfermentasikan kedua bersama bakteri di usus. Proses ini akan menghasilkan gas yang dapat menyebabkan perut kembung.

@louishansel via unsplash.com

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

You might also like