Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Bahan Alami untuk Melembutkan Tangan Kering

Bahan alaminya yang sering ada di rumah kok!

Bobobox.co.id — Tangan kering bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, mencuci tangan menjadi hal yang sering dilakukan.

Sehingga, saat terlalu sering mencuci tangan, tanganmu bisa menjadi kering. Walaupun begitu, ada berbagai faktor lainnya yang memengaruhi mengapa tangan seseorang menjadi kering.

Mulai dari lingkungan, cuaca, kondisi kesehatan, dan iritiasi menjadi beberapa faktor tersebut. Untuk mengatasi tangan kering, kamu bisa mencoba beberapa bahan alami yang biasa ada di rumah.

Berikut ini merupakan 10 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembutkan tangan kering. Bahan alami ini pastinya cocok dengan keadaan sekarang ini yang tidak diperbolehkan berada di luar rumah terlalu lama.

Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk melembutkan tangan kering adalah lidah buaya. Lidah buaya sendiri sudah dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk kecantikan.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti vitamin C, vitamin E, dan polisakarida yang berperan penting dalam melembabkan, memperlembut, hingga meremajakan kulitmu.

Cara penggunaan bahan alami ini adalah memisahkan daging dari kulitnya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, blender hingga halus. Oleskan pada telapak tanggan hingga merata dan tunggu hingga 10 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya.

https://elements.envato.com/aloe-spa-treatment-PULJPHR

Madu

Sama seperti halnya lidah budaya, madu terkenal akan manfaatnya yang baik untuk tubuh dan kulit. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi secara langsung, madu pun bisa digunakan sebagai bahan alami pelembut tangan kering.

Sifat emolien yang dimiliki madu dapat menghaluskan tangamu. Tidak ketinggalan kandungan lainnya seperti vitamin, antioksidan, dan potasium untuk menjaga kelembaban kulit.

Cara penggunaan bahan alami ini adalah dengan mengaplikasikan madu ke telapak tanganmu. Kemudian, pijat secara perlahan telapak tanganmu tersebut kurang lebih selama lima menit. Lakukan secara berkala.

https://elements.envato.com/honey-P37B2C9

Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk merawat kulit. Sifat emolien pada minyak kelapa membantu dalam menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit.

Selain sifat emoliennya, sifat antibakteri dan antijamur yang terkandung pada minyak kelapa membuat minyak kelapa menjadi bahan alami yang pas untuk digunakan dalam merawat kulit.

Cara melembutkan tangan kering dengan minyak kelapa adalah dengan memijat secara halus pada telapak tangan yang kering tersebut. Durasi yang dianjurkan untuk pijatan telapak tangannya adalah lima menit saja.

https://elements.envato.com/coconut-oil-and-milk-YUQDSU9

Minyak Zaitun

Jika kamu mencari alternatif selain lidah buaya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk melembutkan tangan kering. Pasalnya, kandungan keduanya pun hampir mirip.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti vitamin C dan vitamin D, ada pada minyak zaitun. Bahkan, minyak zaitun pun mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk menghaluskan tangan adalah dengan menghangatkan terlebih dahulu minyak zaitunnya. Kemudian, barulah dioleskan pada bagian tangan yang kering. Lakukan hal ini tiga kali seminggu.

https://elements.envato.com/olives-and-olive-oil-RGWH49Z

Ampas Kopi

Selain dikenal untuk menjadi penahan kantuk, ampas kopi pun memiliki manfaat lain bagi tubuh khususnya kesehatan kulit. Manfaat dari bahan alami ini adalah dapat melembutkan tangan yang kering.

Kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tingginya anti oksidan ini mampu mencegah bakteri dan kuman yang akan masuk ke kulit. Kopi pun mengandung zat yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara melembutkan tangan dengan ampas kopi adalah dengan ambil ampas kopi dari sisa kopi. Kemudian, ratakan ampas kopi tersebut pada telapak tangan selama 15 menit. Terakhir, bilaslah menggunakan air dingin.

https://elements.envato.com/coffee-beans-and-grounds-283PF4R

Kentang

Bahan alami selanjutnya untuk melembutkan tangan yang kering adalah kentang. Biasanya, kentang dijadikan sebagai masker alami untuk wajah. Nah, kentang pun bisa digunakan di telapak tangan juga.

Kandungan antioksidan yang tinggi yang terkandung dalam kentang mampu membantu dalam mengangkat sel kulit yang mati yang menjadi penyebab kulit tangan kasar dan kusam.

Cara untuk menggunakannya pada tangan kering adalah parut terlebih dahulu kentang. Kemudian, oleskan secara merata pada telapak tangan. Tunggu hingga mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

https://elements.envato.com/peeling-potatoes-PCHB775

Jeruk Nipis

Vitamin C termasuk vitamin yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sehingga, wajar saja jika Bob merekomendasikan jeruk nipis atau lemon untuk menjadi bahan alami pelembut tangan kering.

Keduanya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain dapat mencerahkan kulit, jeruk nipis pun bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit mati agar kulit tampak lebih segar.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghaluskan tangan kering adalah dengan menggoosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan yang kering selama lima menit. Kemudian, cucilah menggunakan air dingin.

https://elements.envato.com/limes-PMGVTNP

Teh

Sama seperti halnya ampas kopi, kamu biasanya akan membuang kantong teh sehabis menyeduh teh. Jika tanganmu kering, janganlah buang kantong teh tersebut karena kamu bisa menggunakan untuk melembutkan tanganmu.

Teh dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal tersebut tentunya membantu dalam meremajakan kulit hingga membuat kulitmu tampak lebih halus dan bersih.

Cara menghaluskan tangan dengan teh adalah rendamlah telapak tanganmu menggunakan rendaman teh hasil dari kantong teh bekas tadi selama 10 menit. Kemudian lap hingga kering. Usahakan untuk melakukannya tiga kali seminggu.

bahan alami teh

Susu

Tidak hanya memiliki khasiat yang amat banyak untuk kesehatan, susu cair pun bisa kamu gunakan sebagai bahan alami untuk membereskan masalah tangan kering.

Susu cair mengandung vitamin dan mineral yang dapat merawat kulitmu dengan baik. Kandungan lainnya seperti toner alami bisa menjadikan telapak tangan menjadi lebih cerah dan bersih.

Cara penggunaannya adalah dengan mencelupkan telapak tangan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan susu cair. Rendam tanganmu selama lima menit untuk kemudian bilas dengan air dingin.

https://elements.envato.com/glass-of-milk-PD2THRG

Garam

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tangan keringmu adalah garam. Selain digunakan sebagai penghilang racun dalam tubuh, garam pun bisa menghilangkan racun pada kulit.

Dengan hilangnya racun pada kulit tangan, maka tangan keringmu akan kembali sehat dan halus seperti sediakala. Bahkan, garam bisa membuatnya terhindar dari kekusaman.

Cara melembutkan tangan dengan garam adalah dengan melarutkan garam ke dalam air hangat. Kemudian, rendamlah telapak tanganmu ke air hangat tersebut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

https://elements.envato.com/sea-salt-on-wooden-background-P82HUDN

Menginap dengan Rasa Aman? Ya di Bobobox

Kehilangan barang berharga saat menginap di suatu akomodasi penginapan memang menyebalkan. Semua orang pastinya tidak ingin hal tersebut terjadi. Untuk itu, memilih penginapan yang memberi rasa aman adalah suatu kewajiban.

Bobobox menjadi penginapan yang siap memberikan rasa aman tersebut. Pasalnya, tiap podnya dilengkapi dengan QR Code yang hanya kamu yang bisa membuka pod yang kamu inapi.

Informasi pemesanan bisa langsung kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.