Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Backpacking Ke Solo, Apa Yang Harus Disiapkan?

Mempersiapkan backpacking ke Solo sangat mudah. Apa saja yang sebaiknya dipersiapkan ya?

Siapa yang tidak suka liburan? Bob yakin semua orang pasti menyukai liburan, baik itu liburan akhir pekan yang singkat maupun liburan semester yang selalu ditunggu anak sekolah. Setiap orang pun memiliki gaya liburannya sendiri, ada yang menyukai liburan ala turis dan ada juga yang memilih liburan ala backpacker.

Nah, kali ini Bob akan membahas liburan ala backpacker dimana tujuannya salah satu kota yang paling legendaris di Indonesia, yaitu Kota Solo. Kenapa harus Solo? Karena Solo merupakan salah satu kota yang dikenal sebagai pusat budaya Jawa dan juga pusat kuliner yang super lezat.

Jika kamu sudah pernah pergi ke Jogja dan menyukai kekayaan budaya di sana, kamu juga harus pernah pergi ke Kota Solo. Budaya Jawa di Solo sangat kental. Sejarah Keraton Solo pun tidak kalah menarik dari sejarah Keraton di Jogja karena memang kedua keraton ini saling berhubungan.

Solo juga dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan kuliner yang tidak ada tandingannya. Mulai dari cemilan dan makanan ringan hingga menu utama semuanya unik dan lezat dan terutama hanya ada di Solo.

Bagaimana? Sudah mulai penasaran dengan Kota Solo? Kalau begitu, kali ini Bob akan memberikan tips-tips khusus bagi kamu yang mau backpacking ke Solo.

Pastikan Badanmu Fit Sebelum Backpacking ke Solo

backpacking ke solo

Tips ini sebetulnya berlaku untuk siapa aja yang memilih liburan ala backpacker. Begitu pula jika kamu memutuskan untuk backpacking ke Solo. Solo sendiri terkenal sebagai kota budaya dimana pusat kebudayaan satu dan lainnya letaknya sangat berdekatan.

Bagi backpacker, Kota Solo merupakan surga tersendiri karena jarak tempat wisata dan pusat budaya di kota ini bisa didatangi dengan berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda. Karena itu, kondisi badanmu harus selalu fit saat backpacking ke Solo untuk menikmati setiap sudut kota ini.

Selalu siapkan vitamin maupun suplemen selama backpacking ke Solo. Jangan lupa membawa tempat minum sendiri karena selain menjaga tubuhmu agar tidak dehidrasi, dengan membawa tempat minum sendiri, kamu akan cukup berkontribusi mengurangi penggunaan botol minum plastik sekali pakai.

Jadi, selama backpacking ke Solo, kamu tetap menjaga kebersihan dari setiap tempat yang kamu kunjungi. Selain minum air putih yang cukup, kamu juga harus selalu siapkan tenaga dengan makan yang cukup. Meskipun konsep backpacker adalah menikmati liburan secara maksimal dengan budget minimal, namun urusan kesehatan tidak boleh dinomorduakan.

Jangan sampai kamu malah sakit dan mengeluarkan biaya tambahan untuk berobat selama backpacking ke Solo.

Riset tentang Akomodasi dan Transportasi

Wajib hukumnya bagi para backpacker untuk melakukan riset terlebih dahulu semua hal tentang akomodasi dan trasnportasi menuju dan dari tempat tujuan liburan. Begitu pun jika kamu mau backpacking ke Solo.

Pertama yang harus kamu cari tahu adalah transportasi. Untuk para backpacker, kereta api dan bis menjadi pilihan favorit saat backpacking ke Solo karena harganya jelas jauh lebih murah daripada pesawat.

Selain transportasi, kamu juga harus mempersiapkan dimana kamu akan menginap selama backpacking ke Solo. Penginapan murah dan nyaman pasti menjadi incaran para backpacker.

Kamu juga harus hati-hati untuk tidak mencari penginapan yang hanya murah namun tidak aman maupun nyaman. Jadikan backpacking ke Solo menjadi semenyenangkan mungkin dengan memilih penginapan yang tepat.

Selanjutnya, kamu juga harus memperhitugkan kamu akan tiba jam berapa di Solo dan transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk sampai ke penginapan. Untungnya, Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan sistem transportasi umum terbaik. Jadi tidak perlu bingung mencari transportasi umum kalau kemalaman, ya.

Berburu Kuliner

backpacking ke solo

Kota Solo memang salah satu kota yang memiliki keragaman kuliner yang melegenda. Nah, beruhubung kamu sedang backpacking ke Solo, jangan sampai menyesal karena tidak sempat mencoba kuliner-kuliner Solo yang legendaris.

Bob sarankan untuk membuat daftar kuliner apa saja yang harus kamu coba selama kamu backpacking ke Solo. Apakah mungkin semuanya bsa dicoba dalam masa liburanmu yang singkat? Bagaimana dengan budgetmu yang terbatas?

Untuk masalah budget, kamu tidak perlu khawatir karena harga kuliner-kuliner khas Solo sangat ramah di kantong. Tidak sampai Rp30.000 satu menu, kamu sudah bisa mencoba mencicipi kelezatan kuliner selama backpacking ke Solo.

Perhatikan Barang Bawaanmu

Backpacker selalu identik dengan anak-anak muda yang berjalan sambil menggendong tas ransel dengan ukuran bermacam-macam. Tas ransel dikenal praktis dan efisien saat mobilitasmu tinggi selama liburan.

Begitu pun saat backpacking ke Solo. Bawalah barang-barang bawaan sesimpel mungkin supaya tidak menyusahkanmu selama perjalanan. Mungkin sebelumnya kamu harus membuat daftar barang-barang apa saja yang harus dibawa selama backpacking ke Solo.

Bawalah barang-barang yang kamu butuhkan saja. Selalu perhitungkan barang bawaan dengan total hari kamu liburan supaya kamu tidak membawa barang-barang yang tidak perlu. Cukup membawa pakaian secukupnya selama backpacking ke Solo.

Selain membawa barang seminimal mungkin, kamu juga harus memperhatikan letak atau posisi barang-barang yang kamu bawa. Selalu simpan barang-barang penting di tempat yang tersembunyi atau sulit dijangkau. Untuk barang-barang yang sering kamu gunakan, kamu harus pisahkan dengan barang-barang lain supaya lebih praktis.

Bagaimana? Sudah siap backpacking ke Solo?

Tetap Waspada

backpacking ke Solo

Solo memang merupakan salah satu kota yang cukup aman di Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan hal-hal buruk bisa terjadi jika kamu kurang waspada. Mungkin hal-hal buruk tersebut tidak terjadi karena orang lain tapi karena kecerobohanmu sendiri.

Maka dari itu, saat backpacking ke Solo atau backpacking kemana pun, kamu harus terus waspada. Jika kamu membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup banyak, kamu bisa menyimpannya di tempat yang terpisah-pisah. Kamu bisa menyimpan uangmu sebagian di saku jaketmu, dompetmu, dan di tasmu,

Backpacking ke Solo memang seru dan menantang. Harga-harga murah, transportasi umum yang yang selalu tersedia serta kekayaan budaya dan kuliner yang berlimpah membuat Kota Solo menjadi surganya para backpacker.

Namun, tetap saja, selalu waspada, jangan lengah, dan cari tahu kontak-kontak dan alamat penting selama backpacking ke Solo supaya kamu selalu siap sedia jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana.

Penginapan Ramah Backpacker? Bobobox Juaranya

backpacking ke Solo

Prinsip liburan serba hemat ala backpacker sah-sah saja, tapi jangan sampai kamu memilih penginapan asal-asalan hanya karena harganya murah. Padahal dari segi kenyamanan dan keamanan sama sekali tidak terjamin.

Nah, untuk urusan penginapan, kamu tidak perlu pusing lagi karena sekarang sudah ada Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul unik bergaya futuristik yang akan membuat liburanmu semakin seru. Pods Bobobox juga terkenal super nyaman, cocok untuk kamu melepas lelah setelah jalan-jalan seharian.

Bobobox juga merupakan hotel kapsul yang sudah terintegrasi IoT dimana kamu hanya bisa mengakses podsmu dari telepon genggammu saja. Sistem ini membuat Bobobox menjadi salah satu penginapan yang paling aman.

Sudah penasaran dengan Bobobox? Cari tahu kelebihan-kelebihan Bobobox lainnya dengan cek terus info tentang Bobobox di sini.