Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Throwback Ke Masa Kecilmu Bareng Bob dengan Bacaan-Bacaan Populer Tahun 90an Berikut Ini!

Majalah hingga komik yang menemani hari-hari anak 90an

Membaca menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang terutama bagi anak 90an mengingat kala itu anak-anak belum dimanjakan dengan kehadiran gadget. Sama halnya seperti film kartun dan permainan, ada berbagai macam bacaan populer yang menjadi favorit anak 90an. Apa saja bacaan populer anak 90an itu? Yuk throwback ke masa kecil kamu bareng Bob!

Majalah Bobo

via gembulnita.blogspot.com

Kamu pasti setuju nih kalau majalah Bobo termasuk salah satu bacaan populer anak 90an. Sudah terbit sejak tahun 1973, majalah Bobo merupakan bacaan yang diperuntukkan bagi anak SD dan biasanya terbit setiap hari Kamis.

Majalah ini sendiri identik dengan cerita dongeng dan bergambar, puisi, cerpen, artikel dan teka-teki yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Buat kamu yang sedikit lupa, majalah Bobo biasanya mengeluarkan cerita tentang si kelinci nakal bernama Bobo beserta teman-teman dan keluarganya, Bona si gajah kecil berwarna merah muda dan Rong Rong si kucing Siam berwarna cokelat putih, si kurcaci hijau Oki dan peri cantik Nirmala, Deni Manusia Ikan, dan lainnya.

Baca Juga: Permainan-Permainan Tradisional Yang Hits Di Tahun 90an

Donal Bebek

via tentik.com

Selain Bobo, majalah Donal Bebek juga menjadi teman setia anak-anak di era 90an. Kamu yang sempat menjadi penggemar setianya tentu sudah tidak asing dengan karakter Donal Bebek, Kwik, Kwek, Kwak, Paman Gober, Lang Ling Lung, Untung Angsa, Nenek Bebek, Madam Mikma, Mimi Hitam dan Pak Pakjian. Majalah Donal Bebek sendiri merupakan produk milik The Walt Disnet Company yang pertama kali terbit pada tahun 1976 dan selalu dinantikan kehadirannya.

Bacaan populer anak 90an ini merupakan bacaan ringan yang sarat akan nilai edukasi. Di dalamnya, kamu disuguhkan dengan berbagai kisah menarik tentang Donal Bebek serta tokoh-tokoh Disney lainnya.

Majalah Gadis

via Pinterest

Majalah Gadis menjadi salah satu bacaan populer anak 90an terutama di kalarangan remaja cewek yang pertama kali terbit pada tahun 1973. Berbagai informasi menarik seputar ulasan selebriti, tips make-up, tips hubungan, rubrik pengetahuan sejarah dunia, hingga kemajuan iptek menjadi bahasan umum di dalam majalah tersebut.

Majalah satu ini juga kerap menjadi perantara bagi para gadis muda yang ingin memasuki dunia hiburan. Setiap tahunnya, Majalah Gadis menyelenggarakan ajang pemilihan gadis cantik berbakat yang kemudian mendapat sebutan Gadis Sampul. Para Gadis Sampul tersebut umumnya memiliki karir cemerlang di dunia hiburan. Ambil saja contoh Dian Sastro, Astrid Tiar, Revalina S. Temat dan Intan Nuraini.

Novel Lima Sekawan

via ennymamito.com

Novel Lima Sekawan adalah bacaan populer anak 90an lainnnya yang menjadi favorit anak-anak hingga remaja. Novel satu ini merupakan terjemahan dari seri novel “The Famous Five” karya Enid Blyton. Di Inggris, novel ini terbit dalam rentang tahun 1942-1963 dengann jumlah total 21 buku yang masing-masing berisi satu petualangan, mulai dari Di Pulau Harta hingga Sirkus Misterius.

Lima Sekawan sendiri bercerita tentang petualangan empat detektif cilik berusia 9-12 tahun dan seekor anjing. Mereka terdiri dari Julian, Dick, George, Anne dan Timmy (sang anjing). Kelimanya terlibat dalam petualngan seru untuk memecahkan berbagai misteri saat menikmati masa libur dari sekolah asrama masing-masing.

Lupus

via ennymamito.com

Selain Lima Sekawan, tahun 90an juga sempat diramaikan dengan kehadiran novel berjudul Lupus. Bacaan populer anak 90an karya Hilman Hariwijaya ini disajikan dalam rangkaian kata ringan dan penuh humor. Novel ini sendiri berfokus pada kehidupan remaja Lupus beserta dua temannya yang konyol, Boim dan Gusur. Selain itu, ada juga Lulu (adik Lupus yang lugu dan imut) dan Maminya yang tak kalah kocak dan humoris.

Lupus ini digambarkan sebagai tokoh anak SMA yang tidak pernah lepas dari permen karet dengan gaya rambut berjambul khas band 90an, Duran-duran. Saking hits-nya, gaya Lupus pun menjadi tren di masanya. Sang penulis novel juga menjadikan novel ini ke dalam 29 seri dan semuanya laku keras di pasaran. Selain serial utama, Lupus juga diterbitkan dalam edisi Lupus Kecil, Lupus Milenia dan Lupus ABG. Kamu punya koleksinya gak nih?

Harry Potter

via celebrity.fm

Harry Potter merupakan bacaan populer anak 90an yang tak hanya digilai anak Indonesia namun juga masyarakat dunia. Novel karangan J.K Rowling ini pertama kali terbit pada tahun 1997 dengan fokus cerita pada seorang anak lelaki yatim piatu keturunan penyihir.

Statusnya tersebut menjadi sasaran empuk keluarga sang bibi untuk terus menyiksanya. Hingga suatu hari datanglah surat undangan untuk bersekolah di sekolah sihir yang mati-matian dihilangkan oleh sanag paman. Namun, usahanya sia-sia belaka hingga akhirnya dimulailah petualangan menakjubkan Harry Potter bersama kedua sahabatnya Ron Weasley dan Hermione Granger.

Goosebumps

via popbela.com

Serial novel horor Goosebumps juga sempat menjadi primadona di tahun 90an. Novel remaja karya R.L. Stine ini diterbitkan sejak tahun 1992 hingga 1997 dengan total 62 volume. Volume satu diberi judul Welcome to Dead House sementara volume terakhirnya bertajuk Monster Blood IV.

Goosebumps sendiri menyajikan kisah-kisah menarik dengan tokoh utama anak-anak yang terlibat dalam situasi mencekam dan menakutkan. Sebut saja bertemu monster, hantu serta kekuatan supernatural lainnya. Yang unik dari bacaan populer anak 90an ini adalah suguhan ending yang tidak terduga alias twist ending.

Detektif Conan

via chicheapchicag.wordpress.com

Selain kartun dan anime, tahun 90an juga diramaikan dengan kehadiran manga atau komik Jepang. Salah satu yang cukup populer adalah Detektif Conan. Bacaan populer anak 90an ini bercerita tentang seorang detektif SMA berusia 18 tahun bernama Shinichi Kudo yang harus kembali menjadi anak SD. Racun yang seharusnya membuat Shinichi meninggal justru memiliki efek samping sehingga tubuhnya menyusut menjadi setinggi anak usia tujuh tahun.

Untuk menyembunyikan identitasnya, ia mengubah namanya menjadi Conan Edogawa. Bersama dengan teman-teman ciliknya, petualngan Conan seru dan mendebarkan yang penuh misteri pun dimulai. Di setiap perjalanannya, ada saja kejahatan yang terungkap karena kecerdikan detektif cilik tersebut.

Baca Juga: Nostalgia Dengan 14 Judul Anime Shoujo Berikut Ini

Komik Tatang S.

via boombastis.com

Era 90an sempat diramaikan dengan kehadiran komik legendaris karya Tatang Suherna. Bacaan populer anak 90an ini juga sangat khas karena menggunakan tokoh Punokawan dalam pewayangan seperti Gareng, Petruk dan Bagong.

Tak hanya itu, komik Tatang S. juga mengangkat tema urban legend terutama cerita horor dan budaya yang populer di masa itu. Karenanya, kamu mungkin akan cukup relate dengan suguhan cerita dalam komik tersebut yang dikemas dengan gaya humor yang cerdas. Hantu Pohon Sawo, Setan Emosi, Ririwa, Babi Siluman, dan Hantu Tukang Ojek adalah segelintir judul komik Tatang S. yang menjadi incaran anak-anak SD kala menyambangi penjual di pasar adatu depan sekolah.

Perlu tempat yang tenang untuk membaca sekalian me time? Gak usah pusing-pusing mencari tempat, langsung saja ke Bobobox! Suasananya yang tenang dan hening dijamin membuat kamu nyaman berleha-leha sambil melahap bacaan populer anak 90an atau bacaan lainnya.

Hadir dengan gaya futuristik dan minimalis, Bobobox memang dirancang demi kenyamanan pengunjung dengan memaksimalkan fungsi ruang sehingga tidak banyak makan tempat untuk aksesori dan fasilitas yang tidak perlu.

Ngga Cuma itu, Bobobox juga didukung dengan teknologi Internet of Things (IoT). Untuk memesan kamar, kamu cukup reservasi lewat aplikasi Bobobox. Aplikasi satu ini juga nantinya dapat kamu gunakan untuk check-in dan check-out, sebagai kunci kamar dengan memindai QR code, serta pengaturan untuk fitur Bluetooth speaker dan moodlamp yang tersedia di dalam kamar. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox dan rasakan keseruan serta kemudahannya!

You might also like