Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selamat Hari Paskah! Simak Fakta Asal Usul Telur Paskah Berikut Ini!

Mengapa paskah identik dengan telur paskah? Ini asal usul telur paskah berikut!

Asal usul telur paskah berikut ini akan membahas bagimana telur paskah menjadi salah satu bagian penting dalam tradisi perayaan hari paskah. Seperti yang kita ketahui bersama, hari paskah merupakan salah satu hari raya yang diperingati oleh umat kristiani. Hari raya paskah menjadi momen penting kebangkitan Tuhan Yesus bagi umat Kristiani. Dalam perayaannya, hari raya paskah ini sangat sering dikaitkan dengan beberapa simbol salah satunya telur.

Umumnya, telur-telur paskah ini akan dihias dan dicat warna-warni kemudian dibagikan kepada anak-anak. Hal ini yang membuat telur Paskah telah menjadi bagian dari tradisi tahunan sejak dahulu hingga saat ini. Dalam tradisi tersebut, telur paskah yang dicari oleh anak-anak ini berupa telur rebus yang sudah dihias dan disembunyikan. Siapa yang berhasil mengumpulkan telur paskah paling banyak merupakan pemenangnya.

Asal Usul Telur Paskah

Asal Usul Telur Paskah
@MusaNews

Apakah telur paskah menjadi salah satu simbol penting dalam peryaan paskah? Berdasarkan penjelasan dari situs History, telur paskah memiliki arti penting dan menjadi sebuah simbol kehidupan baru. Jika dilihat dari perspektif Kristen, telur paskah ini dikatakan sebagai kebangkitan Yesus dari kubur. Selain itu cangkang telur yang keras melambangkan dinding batu makam Tuhan Yesus.

Selain itu asal usul simbol telur Paskah juga berkaitan dengan tradisi Pagan. Berdasarkan penjelasan dari laman History, telur dalam festival Pagan identik dengan simbol kuno kesuburan dan kehidupan baru. Selain itu berdasarkan penjelasan dari laman Country Living, kaum Pagan merayakan awal musim semi atau festival Eostre dengan kelinci atau telur. Hal inilah yang membuat kedua simbol tersebut digunakan karena kelinci beranak sangat banyak pada awal musim semi.

Baca Juga: Sambut Paskah dengan 7 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Dunia Berikut Ini, Meriah Loh!

Oleh karena itu tak mengherankan jika pada akhirnya hewan seperti kelinci dan juga telur kemudian digunakan untuk melambangkan paskah. Setelah itu telur paskah mulai dijadikan dekorasi pada abad ke-13 yang kemudian dicat dengan warna merah sebagai lambang darah Yesus yang rela mengorbankan diri di kayu salib. Saat ini telur paskah mulai dihias dengan berbagai warna tak hanya warna merah saja

Asal Usul Telur Paskah: Tradisi Makan dan Menghias Telur

Asal Usul Telur Paskah
@Suara.com

Tak hanya menghias telur paskah dan beburu telur paskah, hari paskah juga dimeriahkan dengan tradisi memakan telur rebus. Tradisi memakan dan menghias telur rebus ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu di Timur Tengah. Fakta ini  didasari temuan telur burung unta berhias di Afrika yang telah berumur 60 ribu tahun.

Setelah dari Timur Tengah, tradisi telur paskah kemudian semakin meluas ke Eropa Timur yang kemudian diadopsi oleh Gereja Ortodoks. Setelah itu pada tahun 1870-an, masyarakat Eropa memulai tradisi menghias cokelat berbentuk telur ayam. Lalu pada abad ke-19, cokelat berbentuk telur Paskah mulai muncul di Prancis dan Jerman.

Asal Usul Telur Paskah: Makna Telur Paskah

Lalu apa makna dari telur paskah pada perayaan hari kebangkuitan Yesus ini? Masyarakat zaman dahulu meyakini bahwa telur Paskah merupakan simbol kelahiran kembali. Memakan telur rebus pada hari paskah juga menjadi simbol untuk merayakan kedatangan musim semi. Hal ini yang dikarenakan mereka meyakini bahwa musim semi adalah waktu di mana Dewa Matahari telah kembali usai musim dingin.

Baca Juga: Selamat Merayakan Jumat Agung! Simak 10 Tradisi Unik Perayaan Jumat Agung di Dunia Berikut Ini Yuk!

Dalam hal warna pada telur paskah, warna merah dilambangkan sebagai darah Kristus dan cangkang telur melambangkan makamnya. Oleh karena itu pada perayaan hari paskah ada juga kegiatan memecah cangkang. Kegiatan memecah cangkang telur ini bagi umat Kristiani adalah simbol pengingat kebangkitan Kristus dari kematian. Selain itu ada juga tradisi menggulung telur Paskah yang merupakan lambang dari penggulingan batu di luar kuburan Kristus di Yerusalem.

Asal Usul Telur Paskah: Cara Menghias Telur Paskah

Lalu apakah ada cara atau aturan khusus dalam menghias telur paskah? Menghias telur paskah merupakan sebuah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak-anak dan dapat mengasah kreativitas. Salah satu corak telur paskah yang digemari adalah motif telur paskah polkadot. Motif telur paskah polkadot bisa dibilang merupakan motif yang sederhana, namun dapat memberikan kesan ceria.

Untuk membuatnya kamu hanya perlu melukis seluruh permukaan telur dengan satu warna seperti merah, kuning, dan hijau. Setelah cat kering kamu dapat menggambar titik-titik berwarna putih di permukaan telur. Bahan-bahan yang kamu perlu siapkan dalam membuat telu paskah ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kuas dan cat air.

Fakta Menarik Telur Paskah

Terakhir Bob merangkum beberapa fakta menarik mengenai telur paskah, seperti misalnya:

  • Perburuan telur Paskah adalah kegiatan populer untuk Minggu Paskah. Telur kecil dibungkus dengan foil berwarna-warni, kemudian disembunyikan di kebun dan taman untuk ditemukan oleh anak-anak.
  • Telur Paskah cokelat modern pertama kali dibuat oleh Cadbury pada tahun 1875, dua tahun setelah telur cokelat pertama diimukan oleh J.S. Fry & Sons of England.
  • Chocolate dan telur dekoratif populer di Skandinavia saat Paskah. Telur digunakan untuk menghias meja untuk makan siang.
  • Telur hias juga digunakan untuk menghias cabang pohon dan sebagai hiasan di dalam ruangan, ini merupakan tradisi yang populer di Jerman.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like