Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Foodies Wajib Tahu! Ini Dia Asal Usul Nama Makanan Populer Di Dunia

Kayaknya French fries di luar dugaan kamu deh

Kamu punya hobi kuliner? Kemungkinan kamu pasti sudah pernah mencoba makanan-makanan terkenal berikut ini. Ternyata, ada cerita yang menarik lho di balik asal usul nama makanan ini. Nah, daripada penasaran, langsung aja simak yuk penjelasan asal usul nama makanan di bawah ini.

Beef stroganoff

asal usul nama makanan
Photo by Pittaya Sroilong via Wikimedia Commons

Beef Stroganoff adalah makanan asal Rusia yang sudah ada sejak abad ke-17. Asal usul nama makanan ini datang dari Count Pavel Alexandrovich Stroganov, seorang diplomat dari keluarga Stroganov Rusia.

Count meminta juru masaknya di Prancis untuk menambahkan beberapa bahan makanan khas Rusia. Sang koki pun menambahkan beberapa krim asam Rusia ke dalam saus dasar mustard Prancis. Setelah itu, sausnya dituangkan di atas beberapa daging sapi. Sejak saat itu, beef stroganoff menjadi makanan favorit banyak orang.

Asal usul nama makanan Caesar salad

asal usul nama makanan
Photo by Chris A. Tweten on Unsplash

Dari namanya, kamu pasti menduga asal asal usul nama makanan ini ada kaitannya dengan Julius Caesar. Akan tetapi, salad ini sebenarnya dibuat di Tijuana, Meksiko, pada tahun 1924 oleh pemilik restoran Italia-Amerika Caesar Cardini.

Asal usul nama makanan ini tidak sengaja dibuat. Awalnya, Cardini kekurangan bahan makanan di restorannya. Oleh karena itu, Cardini harus membuat makanan dari apa yang ada.

Ia pun membuat salad yang terdiri dari selada romaine, telur, minyak zaitun, crouton, dan saus Worcestershire. Hingga sekarang, Caesar salad masih digemari banyak orang dan menjadi makanan legendaris.

BACA JUGA: Ingin Makan Sehat Tapi Tetap Nikmat? Coba 5 Resep Makanan Sehat Enak Berikut Ini!

Asal usul nama makanan donat/doughnut

asal usul nama makanan
Photo by ELISA KERSCHBAUMER on Unsplash

Sebenarnya asal usul nama makanan yang satu ini cukup jelas. Kamu bisa melihat dari namanya. Di Indonesia kata ‘donat’ diambil dari bahasa Inggris yaitu ‘doughnut’ yang secara harfiah artinya adonan mur.

Nama ini diambil karena donat memiliki bentuk bulat dengan lubang di tengahnya, persis seperti mur, tempat memasukkan baut. Hanson Gregory adalah orang pertama yang membuat lubang di tengah kue tersebut.

Asal usul nama makanan eggs benedict

asal usul nama makanan
Photo by amirali mirhashemian on Unsplash

Eggs benedict adalah salah satu makanan brunch paling populer di Amerika. Diperkirakan asal usul nama makanan ini datang dari seorang bernama Lemuel Benedict. Suatu saat ia datang ke Waldorf-Astoria Hotel dan memesan sarapan dengan menu yang unik.

Ia memesan dua telur rebus di atas roti panggang mentega, bacon renyah, dan dua telur rebus ditambah saus hollandaise. Oscar Tschirky, kepala koki saat itu menyukainya meskipun pada awalnya asal usul nama makanan tersebut tidak ada di menu.

Eggs benedict pun kemudian ditambahkan ke menu sarapan dan makan siang, tetapi dengan sedikit perubahan. Ia mengganti bacon dan roti panggang dengan bacon Kanada dan muffin Inggris panggang.

French fries

asal usul nama makanan
Photo by Joyce Panda on Unsplash

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau asal usul nama makanan ini berasal dari Prancis. Eh, tapi tunggu dulu. Ternyata, menurut National Geographic kentang goreng pertama justru berasal dari Belgia.

Waktu itu nelayan di dekat Sungai Meuse mulai menggoreng kentang selama musim dingin ketika tidak ada cukup ikan untuk digoreng. Kemudian, tentara Amerika mengetahui tentang hidangan tersebut selama Perang Dunia I melalui tentara Belgia yang berbahasa Prancis. Nah, itulah sebabnya asal usul nama makanan tersebut memiliki kata ‘French’.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi museum Frietmuseum di Bruges, Belgia. Museum ini didedikasikan hanya untuk sejarah French fries yang kini mendunia.


BACA JUGA: Jika Ke Medan Jangan Lupa Mencicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!


Asal usul nama makanan ayam kung pao

asal usul nama makanan
Photo by Steven G. Johnson via Wikimedia Commons

Ayam kung pao adalah makanan yang terbuat dari ayam potong dadu, cabai, daun bawang, dan kacang tanah. Hidangan ini sangat populer di Amerika Serikat dan Inggris, tetapi disebut sebagai asal usul nama makanan yang tidak autentik di Provinsi Sichuan, Cina.

Hal ini karena asal usul nama makanan ini ternyata merupakan serapan dari ‘gong bao ji ding, nama asli ayam kung pao’ ‘Gong bao artinya adalah gubernur dan ding adalah Ding Baozhen, seorang gubernur Dinasti Qing yang diduga merupakan penggemar terbesar hidangan tersebut.

Margherita pizza

asal usul nama makanan
Photo by Aurélien Lemasson-Théobald on Unsplash

Salah satu jenis pizza yang paling terkenal adalah pizza Margherita. Asal usul nama makanan ini diambil dari nama mantan Ratu Italia yaitu Margherita dari Savoy.

Pada tahun 1889, saat ia berkunjung ke Naples, dia dan suaminya, Raja Umberto I, mengunjungi Pizzeria Brandi.

Koki restoran tersebut, Raffaele Esposito, dan istrinya menyuguhi mereka dengan pizza dengan tiga bahan yang masing-masing mewakili warna bendera Italia yang berbeda: saus merah, keju mozzarella putih, dan daun basil hijau segar.

Asal usul nama makanan nachos

asal usul nama makanan
Photo by Visual Stories || Micheile on Unsplash

Nachos adalah makanan yang pertama kali muncul pada tahun 1943 di sebuah kota kecil bernama Piedras Negras, Meksiko. Kota tersebut berada di sebelah selatan pangkalan militer Amerika Serikat di Fort Duncan, Texas.

Dikabarkan bahwa sekelompok istri militer datang ke Piedras Negras untuk berbelanja, dan menemukan bahwa semua restoran tutup. Ketika mereka menuju ke satu tempat di kota bernama Victory Club.

Manajer tempat tersebut bernama Ignacio “Nacho” Anaya mengasihani para wanita tersebut dan membuatkan mereka makanan dari bahan-bahan yang ada di dapurnya.

Ketika dia melihat betapa para wanita menikmati hidangan itu, dia menambahkannya ke menu dengan nama panggilannya sendiri, Nacho. Sekarang, jelas sudah asal usul nama makanan ini.

Sandwich

asal usul nama makanan
Photo by amirali mirhashemian on Unsplash

Sandwich adalah makanan yang mudah ditemukan dan dinikmati banyak orang. Namun, tahukah kamu kalau asal usul nama makanan ini ternyata berasal dari bangsawan abad ke-18 John Montagu yang sangat menyukai makan irisan daging di antara dua potong roti.

Salah satu sandwich paling otentik adalah Original 1762, sandwich yang terdiri dari daging sapi panggang, keju cheddar, dan saus lobak krim yang disajikan di atas roti hangat.


BACA JUGA: Hati-Hati Memilih Makanan! Ini Dia Jenis-Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Kulitmu


Mau liburan singkat? Staycaiton di Bobobox aja

kamar bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like