Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Area-Area Di Rumah Yang Wajib Dibersihkan Dan Didisinfeksi

Di tengah suasana pandemi, rumahmu harus lebih sering dibersihkan dan didisinfeksi. Kira-kira bagian rumah mana saja yang harus dibersihkan? Simak tips dari Bob berikut ini yuk.

Wabah virus corona yang tersebar di hampir seluruh negara di dunia memang membuat banyak orang harus mengubah kebiasaan mereka sehari-hari. Salah satu kebiasaan yang pasti berubah adalah kebiasaan dalam membersihkan rumah.

Virus corona adalah virus yang termasuk sangat cepat menular dari satu manusia ke manusia lain, bahkan bisa menempel di benda mati selama berhari-hari. Hal ini membuat hampir semua orang semakin fokus menjaga kebersihan.

Lingkungan rumah pun semakin rajin dibersihkan dan didisinfeksi. Ya, selain dibersihkan, masyarakat pun sudah mulai sadar pentingnya mendisinfeksi rumah mereka agar terhindar dari penularan virus corona.

Nah dari sekian banyak ruangan di dalam rumah, bagian mana sih yang harus paling sering dibersihkan dan didisinfeksi? Kalau masih bingung, simak tips dan trik dari Bob tentang bagian-bagian rumah yang wajib dibersihkan saat wabah corona.

Pagar

dibersihkan dan didisinfeksi

Pagar bisa dibilang merupakan garda terdepan dari bagian rumah. Yap, sebelum masuk ke dalam rumah, kamu pasti menyentuh bagian-bagian dari pagar, seperti grendel pagar maupun gembok. Pagar merupakan bagian pertama di rumah yang akan disentuh setelah orang-orang datang setelah berpergian.

Maka dari itu, pagar juga harus rajin dibersihkan dan didisinfeksi. Bagaimana sih caranya? Saat pagar dibersihkan dan didisinfeksi, kamu harus selalu memakai sarung tangan ya. Ada baiknya menggunakan sarung tangan yang sekali pakai. Jika pagarmu kotor, kamu harus membersihkannya dulu dengan air dan sabun sebelum didisinfeksi.

Untuk meracik cairan disinfektan, kamu sudah bisa mencari banyak referensi di internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan cairan pemutih atau alkohol. Tapi campurannya harus benar loh ya. Jangan sampai cairan disinfektan malah merusak bagian-bagian di rumahmu.

Ruang Tamu

Ruang tamu adalah garda kedua yang harus selalu dibersihkan dan didisinfeksi, Saat masuk ke dalam rumah, kamu pasti akan masuk ke ruang tamu terlebih dahulu. Karena itu, kamu wajib memperhatikan kebersihan ruang tamumu dan memperhatikan detail-detail yang sering terlewatkan saat membersihkan ruangan yang satu ini.

Permukaan-permukaan yang sering disentuh seperti pegangan pintu wajib untuk selalu dibersihkan dan didisinfeksi, apalagi virus corona bisa bertahan cukup lama di permukaan logam. Selain itu, saklar lampu juga jangan sampai luput untuk dibersihkan dan didisinfeksi.

Meja tamu dan kursi tamu pun tidak boleh luput dibersihkan dan didisinfeksi. Kamu bisa menggunakan cairan disinfektan yang sama untuk membersihkan pagar saat membersihkan permukaan lain di ruang tamu seperti pegangan pintu, saklar lampu, meja dan kursi.

Kamar Tidur

dibersihkan dan didisinfeksi

Bagi kamu yang masih sering keluar rumah atau diharuskan untuk keluar rumah, kamu pasti membawa barang-barang seperti tas, dompet atau telepon pintar. Setelah sampai rumah, barang-barang tersebut harus disimpan di tempat terpisah sebelum dibersihkan dan didisinfeksi.

Kalau kamu terlanjur membawa masuk barang-barang tersebut ke dalam kamar, maka kamarmu wajib dibersihkan dan didisinfeksi. Kamu juga sebaiknya lebih rajin lagi mengganti sarung bantal dan seprei.

Barang-barang yang sering disentuh seperti saklar lampu, pegangan pintu kamar, meja rias, dan pegangan pintu lemari juga harus dibersihkan dan didisinfeksi.

Dapur

Sebagai tempat penyimpanan makanan dan pusat segala aktivitas yang berhubungan dengan makanan, maka bagian rumahmu yang satu ini harus lebih rajin lagi dibersihkan dan didisinfeksi. Selalu ingat untuk selalu mencuci bahan-bahan makanan yang sudah kamu beli.

Permukaan-permukaan luar di dapurmu juga harus lebih giat lagi dibersihkan dan didisinfeksi seperti permukaan meja dapur, permukaan kompor dan microwave, serta permukaan lemari es. Lemari dapur pun tidak boleh luput dari kegiatan pembersihan.

Semua peralatan makan, seperti piring, gelas, sendok, dan garpu harus selalu dibersihkan dan didisinfeksi. Nah, satu lagi yang sering terlupa adalah wastafel. Kamu pasti mencuci semua bahan-bahan makanan dan peralatan memasak di wastafel dapur, tapi apakah kamu membersihkan wastafelnya juga?

Jangan lupa wastafel juga dibersihkan dan didisinfeksi ya. Terutama permukaan wastafel dan keran wastafel yang paling sering kamu sentuh. Cara membersihkan bagian-bagian dapur juga mudah. Sama seperti bagian-bagian lain di rumah, setiap permukaan cukup disemprot dan dilap oleh cairan disinfeksi saja.

Untuk kamu yang meletakkan tempat sampah di sekitar dapur, selama masa pandemi ini, ada baiknya jika tempat sampahmu disimpan di ruangan terpisah. Terutama jika di rumahmu ada anggota keluarga yang kesehatannya sedang di bawah pengawasan, maka tempat sampahnya pun harus terpisah dan ditutup rapat oleh kantong plastik,

Kamar Mandi

dibersihkan dan didisinfeksi

Kamar mandi sebagai tempatmu membersihkan diri juga tidak boleh kalah bersih dari kamu. Apalagi, kamar mandi yang tidak kering kerap jadi sarang bakteri dan kuman penyakit. Yang perlu kamu lakukan hanya selalu memastikan bahwa toiletmu sudah dibersihkan dan didisinfeksi.

Permukaan dudukan toilet, tombol flush, dan flush handle yang sering bersentuhan langsung dengan tubuh kita, harus rajin dibersihkan dan didisinfeksi. Begitu pula deng pegangan jetshower dan kerannya pun tidak boleh ketinggalan untuk dibersihkan dan didisinfeksi.

Kalau kamar mandimu menggunakan bak mandi, berarti kamu harus lebih sering lagi menguras bak mandimu. Tuangkan juga antiseptik sesuai dengan takaran yang sesuai dengan yang dianjuran untuk dicampur dengan air di dalam bak mandi.

Kaca dan wastafel di dalam bak mandi pun harus rajin dibersihkan dan didisinfeksi, dan satu lagi, pegangan pintu serta gantungan handuk kamar mandimu juga dibersihkan ya. Kalau kamar mandimu sudah bersih, membersihkan diri akan menjadi lebih nyaman lagi.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga atau ruang kumpul bersama di rumah menjadi pusat segala interaksi anggota keluarga. Karena sifatnya ruang bersama, makan hampir semua benda di ruang keluarga pun dipakai bersama. Maka dari itu, membersihkan ruang keluarga menjadi wajib hukumnya dalam masa pandemi virus corona.

Barang-barang elektronik yang dipakai bersama di rumah seperti remote televisi, remote ac, telepon rumah, ataupun joystick untuk bermain games tidak boleh luput untuk dibersihkan dan didisinfeksi.

Cara untuk membersihkan alat-alat elektronik di rumah pun mudah. Cukup  disemprot dengan cairan disinfektan lalu dilap maka alat-alat elektronik di rumah pun sudah bersih kembali. Namun cara membersihkan alat elektronik tersebut ada tata caranya sendiri. Kamu bisa mencari sumber di internet bagaiman membersihkan alat elektronik dengan benar.

Semua Ruangan di Bobobox Selalu Dibersihkan dan Didisinfeksi

dibersihkan dan didisinfeksi

Kalau kamu mau mencari suasana baru saat masa karantina atau PSBB, kamu bisa coba untuk menginap di Bobobox, hotel kapsul pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan IoT. Jika kamu menghabiskan masa karantina di Bobobox, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan standar kebersihan hotel kapsul ini.

Bobobox yang sudah terkenal akan kebersihannya, semakin meningkatkan standar kebersihan kami dengan mengikuti standar kebersihan rumah sakit. Akan selalu ada cleaner-cleaner terbaik kami yang akan membersihkan dan mendisinfeksi setiap sudut Bobobox.

Kamu pun tinggal beristirahat, bekerja, dan menghabiskan waktumu dengan tenang dan nyaman di Bobobox. Bobobox pun telah mengikuti standar pencegahan penyebaran virus corona dengan mengetes suhu setiap tamu yang akan datang menginap disini.

Jadi kamu tidak perlu khawatir menginap di Bobobox. tunggu apalagi, yuk download aplikasi Bobobox disini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.