aplikasi anti stres

9 Aplikasi Anti Stres yang Harus Ada di Smartphone Kamu

Stres atau kecemasan adalah masalah yang bisa membuat hidup menjadi tidak produktif. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kekhawatiran berlebih hingga tekanan akibat pekerjaan. Jika didiamkan, hal ini bisa berbahaya. Untuk itu, kamu perlu segera menanganinya dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi anti stres.

Pergi ke terapis profesional bisa sangat membantu. Namun, tidak semua orang memiliki akses dan biaya untuk perawatan seperti itu. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan aplikasi anti stres yang bisa dinduh di telepon pintar kamu.

Calm – Meditate, Sleep, Relax

aplikasi anti stres

Photo by Matteo Di Iorio on Unsplash

Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan bermeditasi. Nah, melalui Calm, kamu bisa bermeditasi dengan panduan yang disediakan di dalam aplikasi anti stres ini.

Selain itu, Calm juga memiliki cerita tidur, panduan pernapasan, dan musik yang bisa membantu kamu bermeditasi dan meningkatkan kualitas tidur. Konten dari aplikasi anti stres ini sudah melalui persetujuan psikolog, terapis, dan ahli kesehatan mental. Jadi, jangan khawatir ya.

Colorfy: Art Coloring Game, aplikasi anti stres

aplikasi anti stres

Photo by Customerbox on Unsplash

Menurut sebuah penelitian, mewarnai dapat memberikan relaksasi yang sama saat bermeditasi. Ketika kamu melakukan aktivitas mewarnai, pusat stres dalam otak yaitu amigdala mengalami penurunan kadar stress.

Oleh karena itu, otak kamu bisa lebih tenang dan mindful saat mewarnai. Kegiatan ini bisa kamu lakukan di buku mewarnai atau aplikasi anti stres seperti Colorfy.

Colorfy adalah aplikasi anti stres mewarnai gratis yang dirancang untuk membantu kamu menenangkan pikiran dan bersenang-senang. Aplikasi ini mirip seperti buku mewarnai asli dan kamu bisa menemukan gambar-gambar seperti mandala, hewan, pola, dan bunga. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah gambar kamu sendiri lho.

BACA JUGA: Kenali Gaya Hidup Digital Minimalism Yang Dipercaya Dapat Mengurangi Tingkat Stres

Dare: Anxiety & Panic Attack Relief

aplikasi anti stres

Photo by Tonik on Unsplash

Dare adalah aplikasi anti stres yang dibuat berdasarkan buku Dare: The New Way to End Anxiety and Stop Panic Attacks karya Barry McDonagh. Aplikasi anti stres ini mendorong kamu untuk menghadapi penyebab stres kamu alih-alih hanya mengolahnya.

Konten yang ada di dalam aplikasi Dare adalah program pelatihan yang biasa digunakan untuk membantu orang mengatasi kecemasan, serangan panik, kekhawatiran, dan insomnia.

Aplikasi anti stres ini juga dirancang sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu yang dapat menyebabkan stres seperti menyetir, di pesawat terbang, atau saat berbicara di depan umum.

Nature Sounds Relax and Sleep, aplikasi anti stres

aplikasi anti stres

Photo by Vashishtha Jogi on Unsplash

Menurut penelitian, mendengarkan suara alam dapat secara signifikan mengurangi hormon stres dan meningkatkan pola pikir positif. Bahkan, organisasi National Trust menemukan bahwa mendengarkan suara hutan selama satu menit bisa membuat orang merasa 30% lebih rileks dan menurunkan tingkat kecemasan.

Oleh karena itu, aplikasi anti stres yang satu ini bisa sangat membantu. Kamu bisa menemukan beragam suara alam seperti kicau burung di hutan, bunyi aliran sungai yang damai, hingga suara perapian yang bikin tenang.

Shine

aplikasi anti stres

Photo by Shashi Chaturvedula on Unsplash

Setiap orang memiliki sumber stres yang berbeda. Hal ini bisa disebabkan oleh lingkungan, budaya, dan bahkan ras. Shine adalah aplikasi anti stres yang dirancang khusus untuk orang-orang yang merasa dirinya terpinggirkan.

Penemu aplikasi anti stres ini mengatakan bahwa tidak semua program dan aplikasi wellness mainstream diperuntukan untuk semua orang. Oleh karena itu, mereka membuat aplikasi yang bisa disesuaikan dan mencakup minoritas.

Melalui Shine, kamu bisa mendapatkan panduan meditasi harian, artikel, dan bahkan konsultasi langsung jika kamu memilih untuk berlangganan.

Breathwrk, aplikasi anti stres

aplikasi anti stres

Photo by Eli DeFaria on Unsplash

Melatih pernapasan adalah cara yang sederhana namun efektif untuk meredakan kecemasan dan stress. Kegiatan tersebut bisa kamu lakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi anti stres Breathwrk.

Di aplikasi ini, kamu tidak hanya dipandu untuk melatih pernapasan. Breathwrk juga memiliki program latihan pernapasan yang bisa disesuaikan dengan tujuan kamu apakkah untuk tidur, realaksasi, menambah semangat, atau mengurangi stres.

AntiStress Anxiety Relief Game

aplikasi anti stres

Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Biasanya, permainan online mengharuskan kamu untuk berpikir keras. Untungnya, ada aplikasi AntiStress Anxiety Relief Game. Aplikasi ini berisi banyak permainan yang bisa memenangkan.

Ada permainan memecahkan bubble wrap, fidget spinners, memencet pulpen, mengukir sabun, dan masih banyak lagi. Aplikasi anti stres ini bagus jika kamu ingin sekadar mengalihkan perhatian dari sumber stres.

BACA JUGA: Hindari Penyebab Stres Di Pagi Hari Berikut Agar Kamu Bahagia

Anxiety Relief Hypnosis, aplikasi anti stres

aplikasi anti stres

Photo by Siddharth Bhogra on Unsplash

Mungkin tidak semua orang percaya akan hipnosis. Meskipun begitu, Anxiety Relief Hypnosis adalah aplikasi anti stres yang layak kamu coba. Hipnosis atau hipnoterapi dilakukan untuk membantu kamu mencapai keadaan seperti setengah sadar agar kamu tenang dan santai.

Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan gambaran mental. Nah, dengan aplikasi ini, kamu bisa mereplikasi keadaan tersebut dengan mendengarkan pembacaan dan rekaman suara yang dirancang untuk membantu menghilangkan stres, kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), dan gejala terkait seperti kemarahan dan OCD yang mungkin diperburuk oleh kecemasan.

Hipnosis juga dapat digunakan untuk membantu mengendalikan perilaku yang tidak diinginkan atau mengatasi kecemasan dan rasa sakit dengan lebih baik.

Moodnotes

aplikasi anti stres

Photo by lilartsy on Unsplash

Moodnotes adalah aplikasi anti stres yang berfungsi sebagai wadah untuk menulis jurnal. Menurut penelitian, menulis jurnal dapat mengurangi stres dengan berfungsi sebagai pelarian atau pelepasan emosional dari pikiran dan perasaan negatif.

Melalui Moodnotes kamu bisa mendokumentasikan seluruh pengalaman yang membuat kamu stres dan cemas. Dibangun di atas teknik terapi perilaku kognitif dan psikologi positif, aplikasi ini memungkinkan Anda memahami dan mengelola seluruh pengalaman kecemasan.

Moodnotes menyediakan berbagai teknik untuk membantu kamu mengelola kecemasan. Kamu bisa mengambil gambar wajah untuk memvisualisasikan suasana hati, menuliskan pikiran saat mulai merasa cemas, atau membaca artikel yang membantu kamu keluar dari siklus “perangkap berpikir”.

Redakan stres kamu dengan staycation di Bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles